Cara Membangun List Email Subscriber Untuk Pondasi Bisnis Online

Cara List BuildingSalah satu bisnis online yang menurut saya paling mudah dijalankan khususnya pemula adalah affiliasi atau istilah kerennya affiliate marketing dan cara yang paling efektif adalah memberikan info tentang produk affiliasi melalui list email subscriber yang targeted yaitu list subscriber yang memiliki minat pada suatu niche seperti SEO, Affiliate marketing, Adsense, Software dan lain-lainnya.

Sebagai contoh bagi anda yang menjadi list subscriber saya pasti sering menerima email yang berisi informasi tentang produk terbaru dan produk ini ternyata yang anda butuhkan selama ini. Promo melalui cara ini bukanlah SPAM karena memang anda mengijinkan saya untuk memberikan update-update info yang bermanfaat dan seringkali anda minati. Ini adalah win-win solution dimana anda akan mendapatkan info yang bisa membantu bisnis online anda serta saya pun akan mendapatkan komisi penjualan jika anda membeli link dari saya. Jika anda merasa tidak bermanfaat, cukup diabaikan saja. Saya sendiri pun selalu selektif dalam memilih produk yang akan saya informasikan ke list subscriber saya. Jujur, saya lebih mengutamakan memiliki produk itu dulu sebelum memberikan review saya ke list subscriber dan jika setelah saya review ternyata tidak berkualitas atau biasa-biasa saja maka tidak akan saya promosikan.

Terus terang saya tidak menutupi apapun disini jika saya memang melakukan promo melalui email karena rejeki kita itu yang menentukan adalah Allah SWT meskipun ada beberapa subscriber terkadang membalasnya dengan respon yang tidak beretika bahkan dengan kata-kata kasar. 🙂

Nah…berbicara mengenai targeted email marketing, seperti sudah banyak yang tahu bahwa ini adalah salah satu pondasi untuk sukses dalam menjalankan bisnis online yaitu salah satunya adalah affiliasi. Dengan cara ini kita melakukan interaksi dengan pengunjung blog kita melalui email list building dan mereka mendapatkan update-update info terbaru dari kita. Namun untuk membangun list subscriber yang besar dan tertarget, kita harus mengetahui apa yang mereka inginkan dan memberikan penawaran sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Sebagai contoh, jika anda memiliki Blog Bisnis Online ini dimana saya posting artikel seputar bisnis internet yaitu affiliasi, Adsense, SEO dan bisnis lain yang berkaitan, untuk apa jika mendapatkan list subscriber yang tertarik pada game online atau resep masakan. Intinya email list subscriber yang tertarget adalah orang-orang yang tertarik pada konten anda serta bergelut atau menekuni bidang yang sama dengan blog anda dan untuk pembahasan ini adalah bisnis online.

Tips Membangun List Subscriber Untuk Mendapatkan Profit

Jika selama ini anda termakan oleh tips trik yang berkaitan dengan cara list building seperti buat list subscriber dalam jumlah besar atau penawaran ribuan email list yang dijual murah, sebaiknya anda berpikir dua kali sebelum memutuskan membeli dan menerapkannya karena bisa saja ujung-ujung tidak ada profit yang akan anda dapatkan pada akhirnya karena anda mengirimkan email penawaran kepada orang-orang yang tidak tepat karena tidak tertarik pada apa yang anda tawarkan. Membangun list email subscriber yang terbaik adalah bagaimana anda mendapatkan orang-orang tertarik dengan penawaran anda atau tertarik dan menjalankan bidang bisnis online seperti anda pun menjalankannya.

Berikut adalah langkah-langkah sederhana dalam membangun email list subscriber:

  • Autoresponder: Ini adalah alat email marketing yang barangkali banyak dari anda yang sudah mengetahuinya. Untuk membangun list subscriber, autoresponder wajib anda miliki. Saya sendiri menggunakan RapidResponseBot. Anda bisa menggunakan autoresponder lainnya seperti Aweber, Mailchimp maupun autoresponder gratis seperti yang pernah saya bahas di blog ini.
  • Special Offer: Ini adalah produk gratis yang akan anda berikan kepada pengunjung blog dengan syarat subscriber sebagai list email newsletter kita. Untuk produknya sendiri anda bisa membuat sendiri seperti ebook yang berkaitan dengan apa yang dibahas blog anda atau menggunakan produk orang lain yang memiliki hak distribusi ulang. Saya sendiri menggunakan produk orang lain yang memiliki hak distribusi ulang untuk membangun list subscriber saya.
  • Landing Page: Ini adalah halaman untuk memberikan produk special offer yang saya jelaskan di atas. Contohnya bisa anda lihat di halaman ini. Selain itu bisa juga anda menggunakan pop option plugin yang juga saya gunakan di blog ini.
  • Targeted Traffic: Ini yang paling krusial karena tanpa adanya traffic, sudah pasti list anda tidak akan pernah bertambah. Anda bisa menggunakan blog atau landing page kemudian gunakan teknik SEO, sosial media atau iklan berbayar untuk mendatangkan traffik yang targeted untuk membangun list subscriber anda.

Nah…jika anda ingin mempelajari teknik dan cara list building yang tepat dan efektif, anda bisa mendapatkan video tutorial cara list building milik sahabat saya Mohan Aksioma yang berdurasi kurang lebih 1,5 jam yang mengupas tuntas tips dan trik membangun list email yang tertarget. Saya sendiri sudah memilikinya dan mempelajarinya. Isinya memang sangat detail dan lengkap. Banyak tips trik list building yang dibahas dan saya sudah menerapkannya sejak dulu serta memberikan profit yang lumayan. Berikut screenshot hasil dari beberapa program affiliasi yang saya jalankan:

Komisi Affiliasi RMS

Komisi Affiliasi ZONASIN

Komisi Affiliasi RF

Untuk info lebih lengkap mengenai video tutorial cara list building ini, silahkan kunjungi websitenya Cara List Building.

 

19 pemikiran pada “Cara Membangun List Email Subscriber Untuk Pondasi Bisnis Online

  1. wah mantap juga keren hasilnya y gan saya juga baru belajar listbuilding mas…
    prospekny dh lebih dari seribu y gan… jadi terinspirasi n nambah semangat
    terima kash info nya

    • @Ayahnieda.
      Kalau tidak berani mencoba karena tidak pede, terus kapan mau berhasil seperti mas Handoko dan yang lainnya?
      Mulailah dari sekarang, dari yang terkecil, dan lakukan trial and error atau uji coba atas apapun yang dibaca dari blog ini atau dari yang lainnya, supaya ada peningkatan ke-pede-annya. 😉

Tinggalkan komentar