Sesuatu Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Update Google Penguin

Update Google PenguinPada akhir bulan April 2012 yang lalu, Google melakukan update algoritma mesin pencarinya dengan nama yang baru yaitu “Penguin”. Untuk update terbaru ini memang saya menunggu hasil dari performa situs-situs saya dulu sebelum melakukan posting ini agar saya mengetahui dulu perubahan detail yang paling berefek pada Google Penguin ini.

Update Google Penguin merupakan bagian dari kelanjutan Google Panda dan ini merupakan update yang lebih mengoptimasi algoritma sebelumnya yang menargetkan situs-situs yang tidak sesuai dengan quality guideline Google dan menurut saya pada seri Penguin ini, Google lebih agresif dalam membinasakan situs-situs yang mereka anggap tidak kompeten seperti kualitas konten yang rendah serta manipulasi backlink yang cenderung bersifat tidak natural alias spamming.

Dari situs-situs milik saya yang saya amati setelah beberapa minggu terakhir update Google Penguin ini, muncul kesimpulan berikut ini dan jika anda melakukan salah satunya, mungkin anda perlu untuk melakukan renovasi ulang bagaimana anda membangun situs-situs anda berikutnya.

  • Penggunaan Exact Match Domain

Rata-rata situs-situs saya yang menggunakan domain dengan kata kunci serta konten yang menargetkan kata kunci utama mengalami drop pada trafik dan performanya namun ada beberapa yang memang tidak ada perubahan alias baik-baik saja namun sekitar 70% mengalami penurunan trafik. Situs dengan exact match domain milik saya rata-rata jenis micro niche jadi kalau anda memiliki situs micro niche dengan exact match domain, maka perlu waspada dan melakukan perombakan struktur konten karena kalau saat ini tidak terjadi efek negatif pada situs anda, bisa jadi pada update berikutnya akan kena.

  • Penggunaan Blog Network

Situs-situs micro niche yang terkena efek negatif yang saya sebutkan di atas tadi nyaris seluruhnya optimasi seo off pagenya menggunakan contextual backlink dari blog network seperti SeoLinkvine, ALN dan MyArticle Network. Ini cukup membuat saya yakin bahwa memang saat ini, situs-situs blog network sudah tidak memberikan efek positif lagi meskipun juga ada situs-situs saya yang menggunakannya dan sekarang masih aman-aman saja, namun bukan berarti akan aman selamanya karena bisa saja kedepannya jadi korban. 🙂

  • Penggunaan Exact Anchor Link

Dalam usaha saya mencapai rangking yang saya target, saya selalu menggunakan anchor text link yang sesuai dengan kata kunci utama dan ini saya berikan proporsi yang lebih besar dari kata kunci kedua atau LSI yang relevan. Setelah saya lakukan analisa, hampir semua situs saya yang kena efek negatif dari Google Penguin, menggunakan exact anchor text yang berlebihan tanpa ada variasi anchor text untuk backilnk yang saya bangun.

Kesimpulan saya adalah, progress update-update Google baik itu era Caffeine, Panda hingga Penguin ini menurut saya memang semakin jeli dan pintar untuk mendeteksi situs-situs yang memang direkayasa untuk tujuan tertentu khususnya target rangking pada suatu kata kunci dengan cara yang tidak natural. Penerapan seo yang dulu kala sangat efisien untuk mendapatkan rangking, mungkin masih bisa diterapkan saat ini namun semakin beranjak kedepan, bisa saja penerapan seo tersebut sudah tidak berefek lagi pada rangking dan mungkin malah menurunkan performa situs anda.

Akhirnya, sebenarnya menurut saya bukanlah Google yang menginginkan konten yang memang benar-benar berkualitas dan bermanfaat karena saya pikir Google hanyalah robot (kecuali para human reviewer dari webspam team) namun lebih kepada bagaimana kita memberikan konten berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung itu sendiri sehingga mereka pun merekomendasikan secara natural dengan melakukan link ke konten kita tanpa adanya manipulasi pada anchor text.

Analisa saya terhadap situs-situs saya ini mungkin saja berbeda dengan analisa terhadap situs-situs anda sehingga untuk mengetahui keakuratan dari update Google Penguin ini memang harus melalui riset dan analisa langsung terhadap sebuah situs khususnya milik anda sendiri.

Bagaimana pendapat anda mengenai Google Penguin ini? khususnya efek terhadap situs-situs anda?

35 pemikiran pada “Sesuatu Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Update Google Penguin

  1. Setelah kemarin Google Panda sekarang ada lagi Google Penguin..mana situs saya juga banyak mengincar Keyword dengan model Ancho Text..bisa kena gak ya?

  2. Sekalian tolong dianalisa gan yang terjadi di blog saya. Usia blog saya belum nyampe setahun, sy pergunakan blogspot tapi sudah redirect domain com sejak awal. Saya lakukan seo hanya sekedar blogwalking saja, itupun cuman 3 bulan diawal, setelah itu saya ga pernah lagi (6 bulan lalu). Selama ini saya hanya nulis posting saja dan itu selalu nongkrong di halaman pertama sesuai keyword dalam judul posting saya. Namun kejadian aneh muncul sekitar 1,5 bulan ini gan. Memang setiap saya posting tetap beraga di halaman 1 google, tapi begitu ada yang copy paste artikel saya, justru artiket hasil copas itu menempati tempat saya di google, sedang artikel saya hilang pada keywords tersebut, entah kemana walau masih muncul bila saya ketik “site:domain.com”. Bisa dijelaskan gan ? trims…

  3. google bisa saja terus berubah,
    tapi prinsip yang tetap berlaku adalah “buatlah konten untuk pembaca, bukan buat search engine”

    salam

    • Banyak yang bilang buatlah konten untuk pembaca, bukan buat untuk search engine. Terus bagaimana kalau kita rajin membuat artikel yang bagus, tetapi tidak bagus pada mesin pencari. Apa masih ada yang mengunjungi blog kita? apalagi mau membacanya?? Lha … posisi webnya ada di halaman sekian…

  4. Saya pikir juga begitu, google semakin mengharapkan konten yang benar-benar berkualitas, tidak hanya sekedar konten yang dibuat untuk tujuan tertentu..
    terima kasih infonya…

  5. wah..terjawab sudah kenapa beberapa blog saya yag biasanya nagkring di halaman pertama sekarang terlempar entah ke mana..hehe 🙂
    Ternyata ada google penguin..lucu namanya..
    Dulu cafein,trus panda, trus kafein..besok apalagi ya…? xixixi 🙂
    Makasih penjelasan dan info-nya mas handoko..
    salam kenal..

  6. ksimpulan saya soal pinguin ini ada di bagian ini mas handoko :
    “namun lebih kepada bagaimana kita memberikan konten berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung itu sendiri sehingga mereka pun merekomendasikan secara natural dengan melakukan link ke konten kita tanpa adanya manipulasi pada anchor text”

  7. semenjak diberlakukannya Google Penguin ada salah satu blog ane yg lgsg drop banget gan 🙁 sama pengen tanya, kalau optimasi menggunakan anchor text tp gak berlebihan msh bisa ga sih gan di aturan Penguin? makasi sebelumya gan untuk infonya

  8. Blog yang sangat menarik,penuh dengan info yang berguna.Google Penguin memang mengejutkan.Salah satu blog saya udah mental entah ke mana karena selain menggunakan BlogNetwork, anchor text nya hanya membidik keyword utama tapi masih beruntung tertolong oleh Yahoo dan Bing,konon katanya karena membuat anchor text keyword utama di awal paragraf pertama,tengah dan akhir paragraf dan nge-link ke artikel itu sendiri. Blog WP yang lain saya tambahkan anchor text bervariasi,seolah-olah memang berkaitan dengan artikel lain dan cara ini sepertinya disukai oleh Penguin tapi agak lambat.Ada saran untuk saya?Terima kasih

  9. Tak kenal maka tak sayang.

    Mari, semakin mengenali search engine, utamanya google, sehingga kita tau kebiasaan dan keinginan google dalam mengindex blog kita.

  10. Masbro, apakah era domain yang mengandung exact match keyword udah nggak worth lagi? Kalo masih worth di era penguin ini, apa saja trik maupun tahapan melakukan onpage dan offpage SEO ? Thanx

  11. Saya pasrah aja, sehingga ngeblog dengan tanpa beban,,,
    Mungkin kalau blognya dijadikan mesin uang,,,saya perlu belajar giat untuk bisa mengetahui apa itu padna dan pingun,,,anway,,,good artikel.

    salam,
    Umbul

  12. Saya pasrah aja, sehingga ngeblog dengan tanpa beban,,,
    Mungkin kalau blognya dijadikan mesin uang,,,saya perlu belajar giat untuk bisa mengetahui apa itu panda dan pingun,,,anway,,,good artikel.

    salam,
    Umbul

  13. Saya sepakat sekali, mas Han, terutama dengan poin pertama. Saat ini terutama setelah beberapa refresh penguin, exact match keyword pada domain semakin rendah value-nya. Ada perubahan drastis pada indeks dimana dulu exact match keywords dikuasai oleh domain-domain demikian. Dan bila link building dilakukan terus menerus dengan anchor yang selalu sama, ini bisa sangat berbahaya. Fokus yang sekarang adalah domain branding, artinya menguatkan domain sebagai branding website terlebih dahulu sebelum menguatkannya dengan keyword yang ditargetkan.

Tinggalkan komentar