Strategi Seo Blog Bisnis Online

Maksud dari judul di atas adalah penerapan strategi seo yang saya gunakan untuk blog bisnis online ini, jadi bukan berarti strategi seo yang khusus untuk sebuah blog untuk bisnis online karena strategi ini sebenarnya wajib Anda gunakan untuk setiap blog yang Anda miliki khususnya yang menggunakan WordPress self hosting.

Seo merupakan hal wajib yang harus dikuasai para blogger untuk mendapatkan pengunjung organik dari mesin pencari dan meningkatkan tingkat kunjungan baru untuk blognya agar tidak hanya didominasi oleh pengunjung yang itu – itu saja alias pengunjung tetap yang termasuk dalam lingkaran komunitas blog tersebut.

Pada saat pertama kali dulu saya mulai ngeblog, hampir tidak pernah terpikirkan apa itu SEO dan bagaimana melakukannya. Namun kini saya tahu bahwa SEO itu adalah bagian penting dari sebuah blog. Hampir seluruh blogger yang Anda tanya mengenai penting atau tidaknya SEO sudah pasti akan menjawab penting dan itulah salah satu alasan mengapa banyak blogger menggunakan WordPress.org sebagai mesin blognya disamping mudah dioperasikan.

Inti Seo itu ada dua yaitu on page optimization dan off page optimization. Meskipun Anda menggunakan mesin blog WordPress yang memang sudah seo friendly dari strukturnya, tetap saja Anda harus menerapkan strategi seo untuk blog Anda agar meningkat satu level dari standar seonya terutama jika blog Anda digunakan sebagai salah satu senjata bisnis online tentu SEO sangat berarti dan signifikan efeknya karena trafik dari SEO ini biasanya adalah trafik yang tertarget dan potensial.

Berikut adalah strategi seo yang saya terapkan untuk blog bisnis online ini.

  • Optimasi title tag dan deskripsi setiap posting dengan menggunakan bantuan plugin All In One Seo Pack atau Platinum Seo. Jika Anda menggunakan tema Thesis seperti yang sekarang saya gunakan maka plugin tersebut tidak perlu digunakan karena tema ini sendiri sudah menyediakan fasilitas optimasi tersebut.
  • Optimasi gambar pada posting Anda dengan menambahan tag “Alt” dan isi dengan deskripsi gambar yang mengandung kata kunci posting Anda. Supaya lebih mudah, gunakan plugin Seo Friendly Image.
  • Gunakan fasilitas kategori pada blog WordPress Anda atau label jika Anda menggunakan blogspot dan usahakan untuk memasukkan setiap artikel yang Anda posting hanya pada satu kategori atau label saja. Jika Anda memberi lebih dari satu kategori untuk satu artikel maka artikel Anda akan terkena peluang duplikasi konten dalam blog Anda sendiri dan ini tidak bagus untuk seo.
  • Ganti permalink artikel Anda menjadi lebih seo friendly yang menampilkan judul artikel Anda di hasil pencarian. Gunakan format custom seperti “/%postname%.html” dan untuk ekstensi bisa Anda ganti sesuka Anda dengan .php atau .htm
  • Gunakan robots.txt untuk menghindari duplikat konten di blog Anda dan mencegah apa yang seharusnya di index atau tidak oleh crawler mesin pencari. Anda bisa cek robots.txt blog ini biar lebih jelas.
  • Buat backlink antar artikel Anda yang relevan antara satu dengan yang satunya baik backlink dari artikel yang baru ke yang lama ataupun sebaliknya. Anda bisa memanfaatkan plugin related post untuk hal ini karena selain memperkuat seo tiap artikel, hal ini juga akan meningkatkan pageview blog Anda.

Nah…bagaimana dengan strategi seo yang diterapkan buat blog Anda? Jangan sungkan untuk berbagi disini yah. 🙂

14 pemikiran pada “Strategi Seo Blog Bisnis Online

  1. memang wordpress adalah salah satu layanan penyedia blog yg terbaik di dunia dan sangat seo friendly, mungkin sekedar tembahan mas handoko, penggunaan sitemap juga sangat mempermudah search engine mengkrawel semua postingan blog kita bukan hanya homepage saja,,,,btw, nice post mas….kunjungan balik yah mas 😀

  2. Wah, saya suka terbiasa membuat 2 kategori untuk satu postingan. Kayaknya kurang baik juga ya dari sisi SEO. Saya baru tau soal itu mas. Makasih sudah sharing. Untuk keyword dengan tingkat persaingan yang agak tinggi, faktor backlink dan anchor teks pada backlink paling menentukan menurut pengalaman saya 🙂

  3. :pertamax wah boleh juga nich…. gimana bos mengoptimalkan fungsi robot itu sendiri apa ada cara lain….

    Lupa robot.txt itu dipasang dimana ya? terima kasih

  4. Satu lagi untuk memenangkan SEO, perbanyak kata kunci yang anda bidik. ini juga bisa meningkatkan posisi blog kita di google.

    Salam Kenal mas Handoko

Tinggalkan komentar