Sistem Pencarian Baru Google Caffeine

Google CaffeineBeberapa waktu lalu, Google mengumumkan bahwa mereka akan memperbaiki sistem pencarian baru dan dalam waktu dekat akan di implementasikan yang disebut Google Caffeine. Kini sistem mekanisme pencarian Google Caffeine sudah resmi di terapkan untuk mesin pencari mereka.

Penerapan Google Caffeine ini banyak dibicarakan oleh para blogger karena ada perubahan yang signifikan terhadap rangking dan hasil pencarian mesin pencari Google. Saya jua merasakan penerapan Google Caffeine ini terhadap trafik yang datang dari Google dan hasil index dari blog – blog yang saya miliki kebanyakan mengalami drop indexing atau beberapa halaman yang dulu terindex kini hilang dari mesin pencari.

Menurut saya, hal ini karena sistem yang baru lebih mengutamakan konten yang berkualitas agar hasil pencarian lebih akurat dan benar – benar memuaskan para pencari informasi di internet. Perubahan ini adalah finishing pihak Google dalam penerapan Google Caffeine setelah sebelumnya ada perubahan pada tampilan mesin pencari dengan navigasi yang bersahabat bagi para pencari serta algoritma kecepatan loading blog yang menjadi fokus utama dari Google Caffeine.

Google menjelaskan juga mengapa mereka menerapkan sistem Caffeine ini dan perbedaannya dengan sistem indexing yang lama. Berikut ini penjelasan singkat mengenai Google Caffeine :

Our old index had several layers, some of which were refreshed at a faster rate than others; the main layer would update every couple of weeks. To refresh a layer of the old index, we would analyze the entire web, which meant there was a significant delay between when we found a page and made it available to you.

With Caffeine, we analyze the web in small portions and update our search index on a continuous basis, globally. As we find new pages, or new information on existing pages, we can add these straight to the index. That means you can find fresher information than ever before—no matter when or where it was published.

Tampaknya memang Google Caffeine ini banyak perubahannya dibanding dengan sistem pencarian yang sebelumnya dan tentunya hal ini akan terasa pada trafik saat ini dibanding dengan sebelumnya.

Nah…bagaimana dengan yang Anda rasakan atas perubahan mesin pencari Google Caffeine ini? Atau Anda lebih menyukai menggunakan mesin pencari lainnya seperti Yahoo atau Bing?

6 pemikiran pada “Sistem Pencarian Baru Google Caffeine

Tinggalkan komentar