Inilah Fakta Bahwa Ngeblog Bukan Cara Cepat Jadi Kaya

Cepat kaya dari ngeblogJika Anda terutama para newbie atau pemula berpikir dan berangan – angan bahwa ngeblog adalah cara menghasilkan pemasukan yang pasif dan santai serta jalan cepat untuk jadi kaya…maka saya bilang “Sebaiknya lupakan ngeblog” saja daripada Anda stress dan kecewa dengan fakta yang akan Anda alami nanti.

Memang aktifitas ngeblog bagi seorang blogger bisa menghasilkan penghasilan yang tidak sedikit dan ini bisa rutin setiap bulannya, namun tentu untuk mencapai ini butuh waktu dan waktu itu tidak sebentar alias butuh proses serta kesabaran dan keseriusan dalam menjalaninya. Jika sudah mencapai level pasif income, saya bilang “Ngeblog itu memang profitable dan menyenangkan”. 🙂

Jika Anda ingin sukses dalam ngeblog, maka lakukan dengan penuh konsisten dan kerja keras, karena tanpa itu maka sudah dipastikan akan terhenti di tengah jalan dan akhirnya terbengkalai atau terlupakan selamanya. Semua para blogger yang sukses dan memiliki penghasilan rutin dari blognya adalah berkat usaha, konsistensi dan kerja keras yang dilakukan bukan dalam hitungan hari namun bisa mencapai hitungan tahun. Saya sendiri setelah ngeblog selama satu tahun baru bisa mulai merasakan penghasilan dari ngeblog ini.

Nah…berikut ini adalah fakta awal seputar ngeblog yang akan Anda alami khususnya para newbie atau pemula sebelum memulai ngeblog dengan serius :

  • Anda tidak akan kaya dalam hitungan hari atau bulan. Sekeras apapun usaha Anda untuk menjadi cepat kaya dengan blog yang didukung oleh desain, seo, artikel maupun berpromosi yang bagus, Anda tidak akan langsung mendapatkan penghasilan tinggi dalam hitungan hari maupun bulan.
  • Anda harus berusaha keras membangun trafik. Tidak ada blog yang menghasilkan uang tanpa trafik! Anda harus konsisten dan sabar dalam proses membangun trafik yang membutuhkan waktu tidak sebentar. Anda harus melakukan link building, seo, blogwalking, promosi, menggunakan forum dan menulis di blog lainnya dan kesemuanya itu butuh waktu dan proses.
  • Anda harus berkorban waktu pada awal ngeblog. Pada awal ngeblog, Anda harus menyadari bahwa ini akan menyita waktu Anda setidaknya 2 – 3 jam perharinya paling sedikit. Semakin banyak waktu Anda untuk ngeblog, maka semakin cepat Anda menuju ke level yang lebih tinggi dan itu jelas akan menyita waktu Anda untuk hal – hal lain yang dulu biasa Anda lakukan sebelum mulai ngeblog.
  • Jangan terlalu berharap menjadi blogger yang sudah sukses. Jika Anda berpikir Anda akan menyamai blogger yang sudah sukses terlebih dahulu seperti Darren Rowse atau Yaro Starak, maka Anda justru akan gagal karena tidak menjadi diri Anda sendiri karena untuk sukses dan maju, Anda harus menjadi diri Anda sendiri. Nikmati prosesnya dan rasakan perkembangannya.
  • Anda harus menulis konten yang berkualitas. Menulis asal – asalan akan membuat blog Anda sia – sia dan tidak bermanfaat bagi orang lain. Untuk menulis konten yang berkualitas bagi blog adalah sebuah keharusan dan itu sangat menyita waktu terutama untuk riset dan mencari bahan sebagai pembelajaran terlebih dahulu sebelum mulai menulis konten yang berkualitas.
  • Anda atau keluarga Anda akan habis kesabaran. Anda harus menunjukkan paling tidak 6 bulan kedepan sudah bisa menghasilkan seuatu dari aktifitas ngeblog Anda atau Anda sendiri dan keluarga Anda terutama istri, anak atau orang tua bakal habis kesabarannya serta menganggap ngeblog yang Anda lakukan hanyalah buang – buang waktu. Untuk itu, pastikan tujuan dan target ngeblog Anda sudah tepat dan lakukan dengan penuh konsisten.

Apa yang saya bahas disini bukanlah untuk mencegah atau menakut – nakuti Anda untuk memulai ngeblog, namun sebagai motivasi dan penggambaran awal bagaimana rasanya menjalankan make money blogging terutama pada saat Anda merintisnya berdasarkan apa yang saya alami dulu.

Semoga ini bisa menjadi pencerahan bagi yang mau memulai ngeblog dengan serius serta menjadi pondasi awal agar proses ngeblog anda mampu membawa Anda menuju pada kondisi yang terbaik dan kesuksesan bisa diraih dengan sendirinya.

Bagaimana menurut Anda? apa Anda punya pengalaman lain sewaktu merintis sebuah blog dan apa fakta yang Anda hadapi saat itu?

11 pemikiran pada “Inilah Fakta Bahwa Ngeblog Bukan Cara Cepat Jadi Kaya

  1. pertamaxx apa yah???

    Saya sudah setahun mengenal blog, dan apa yang mas handoko tuliskan memang benar. Benar terjadi dalam proses saya belajar ngeblog ini. dari awalnya ingin cepat kaya dalam waktu singkat tanpa modal. Dan ternyata, tak semudah itu, bahkan sampai sekarang, rasanya masih banyak sekali hal yang harus dipelajari dari waktu ke waktu. Hampir saja langkah saya terhenti setelah mengetahui betapa sulitnya membangun sebuah blog yang menghasilkan. Ini sebuah pencerahan untuk seorang newbie seperti saya, Terima kasi mas handoko atas artikel yang sangat bermanfaat ini. (comment nya dah kepanjangan)..ehhee

  2. Bener mas. Saya nge-blog sangat menyita waktu dan pikiran. Tapi itu semua terobati dgn meningkatnya traffick. Walau belum signifikan tapi lumayan ada kemajuan.

    Apalagi hanya didukung hanya sebuah ponsel utk senjata utama blogging. Dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi, karena lemotnya koneksi inet.

    Tapi saya menikmati itu semua.

    I love blogging.

    Btw, jadi kan nulis di blog saya? Hehe. . .

    Suatu kehormatan bila mas jadi guest writter di blog saya.

    Salam . Thanks

Tinggalkan komentar