Inilah Fakta Terbaru Tentang Backlink yang Harus Anda Ketahui

Fakta tentang backlinkBanyaknya pertanyaan dari pengunjung tentang hal yang berkaitan dengan backlink khususnya fakta dalam membangun backlink yang baik itu bagaimana? Untuk backlink sendiri tentu Anda sudah banyak tahu kan? Ya..Backlink adalah di mana suatu situs lain memberi link menuju ke situs milik Anda. Contohnya, jika saya memberi link kepada google.com dari blog saya ini, maka Google mendapatkan backlink dari handokotantra.com. Backlink adalah salah satu jalan untuk meningkatkan rangking situs Anda di mesin pencari saat on page seo situs Anda sudah optimal.

Nah..berikut ini adalah beberapa fakta yang saya ketahui dalam membangun backlink :

  • Backlink lebih bernilai jika menggunakan anchor text. Anchor text kata, frase atau kalimat yang relevan dengan kata kunci target yang bisa di klik untuk menuju ke link tersebut.
  • Menggunakan anchor text yang bervariasi lebih baik dari pada menggunakan satu anchor text yang sama dalam membangun backlink. Anda bisa menggunakan variasi kata seperti “Klik di sini” atau “di sini” dalam artikel Anda agar terlihat natural bagi Google. Sesuatu yang alami lebih baik daripada yang terlihat tidak alami bukan?
  • 10 backlink dari domain yang berbeda lebih baik daripada 10 backlink dari domain yang sama meskipun di halaman yang berbeda.
  • 10 backlink dari IP Address yang berbeda lebih baik dari 10 backlink dari IP Address yang sama. Misalnya Anda menggunakan server unlimited seperti Hostgator atau Justhost dan menghost banyak domain di salah satu server hosting tersebut, maka domain Anda berasal dari IP Address yang sama.
  • Satu backlink dari situs berpagerank 5 atau 6 lebih baik daripada ratusan backlink dari situs berpagerank 0 hingga 2.
  • Jika Anda memiliki backlink dari domain berpagerank 5, ini bukan berarti Anda mendapat backlink PR 5, namun juga harus diketahui letak backlink tersebut berada? Apakah di homepage atau di bagian halaman lain dari domain tersebut yang faktanya belum tentu berpagerank 5 seperti domain utamanya. Biasanya ini adalah backlink deep linking yang menuju ke bagian halaman dari domain tersebut.
  • Backlink dari situs yang tidak relevan topiknya tidak akan berpengaruh bagi suatu situs. Akan lebih baik jika backlink adalah berasal dari situs yang relevan atau setopik antara situs yang memberi dan diberi backlink. Contohnya, backlink dari situs tentang bisnis online lebih baik untuk blog saya ini karena topiknya juga tentang bisnis online daripada dari situs tentang gosip artis. 🙂
  • Saat ini, backlink dari pertukaran link atau tukar link kurang begitu bernilai bagi Google. One way backlink atau baclink satu arah lebih baik daripada dua arah seperti bertukar link.
  • Situs Anda tidak akan dibanned Google karena Anda membangun ratusan backlink selama menggunakan cara manual seperti bookmarking, article marketing atau menggunakan web 2.0 ( meskipun Anda menyewa freelance untuk membacklinking secara manual situs Anda ). Namun jika Anda menggunakan link berbayar yang tidak menyertakan tag “Nofollow” atau ikut dalam program auto backlink seperti viral backlink yang menghasilkan ribuan backlink dalam waktu singkat, situs Anda berpeluang untuk dibanned Google.

Fokuskan untuk membangun 5 sampai 10 backlink untuk situs Anda perminggunya dan rasakan efeknya bagi rangking situs Anda di mesin pencari.

Nah…Anda punya pendapat, masukkan, tambahan atau bahkan kritikan mengenai fakta seputar backlink ini? silahkan berkomentar…

29 pemikiran pada “Inilah Fakta Terbaru Tentang Backlink yang Harus Anda Ketahui

  1. […] komentarnya karena mayoritas para blogwalker selain berkomentar, juga sekaligus membangun backlink ke blog miliknya terutama sekali pada blog yang […]

  2. maap saya newbie mau tanya…sy pernah nyoba pasang backlink gratis, tapi knp malah sering muncul blog orang lain waktu log in ke blog kita.atau kalo nggak malah pasti muncul tips2 dr blog orang lain melayang di halaman blog kita.mohon sarannya…
    trims (saya tggu jwbnya lwt email)

  3. semakin banyak website yang memempatkan link menuju blog kita maka semakin bagus prnya, akan tetapi apabila jumlah backlink dari sebuah blog hampir sama besarnya dengan jumlah outbound link(link yang menuju ke blog orang lain tanpa di beri “nofollow”) maka harus berhati2x karena google akan menganggap blog tersebut link farm, mohon dibenarkan apabila saya salah

  4. kalo backlink dr situs2/subdomain di bravejournal, atau dr situs .i.ph.. seberapa besar pengaruhnya utk ningkatin SERP ya Mas Bro?
    sy liat bnyk blogger yg lg optimasi artikel utk kontes SEO yg nyepam disitu, padahal tema situs2 itu bnyk yg tdk relevan dgn blog2 yg nyepam.. hehehe..

    * ditunggu pencerahannya ya Mas Bro..

  5. saya mau tanya, untuk membangun backlink lebih bagus bangun backlink ke homepage dengan variasi anchor text, atau membangun backlink ke salah satu artikel dengan keyword yg dioptimasi ke artikel tersebut? terima kasih

  6. Baru tau nih info backlink seperti ini mas. Saya kira backlink blog kita sama nilainya dari mana datangnya walaupun blog beda tema. Oke makasih masukan bagus ini ya mas.

  7. FAEDAHJAYA : Siip dan Menarik gan infonya.. Benar baget tu ? Backlink memang memiliki peranan penting untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari. Setiap link Anda yang kembali atau berasal dari link lain akan menjadi prioritas mesin pencari untuk menentukan peringkat pada hasil pencarian, terutama pada Google. ( Search Engine )

    SALAM FAEDAHJAYA

    ***

  8. terima kasih … kadang saya masih salah memahami cara kerja backlink … yg dulu katanya saling bertukar itu lebih baik… ternyata sekarang berubah… trim’s atas pencerahannya…

  9. Posting diatas sangat bermanfaat buat pemilik website yang ingin membangun backlink untuk website yang dikelola. Sehingga tidak perlu capek-capek memburu banyak backlink dari ribuan website ber pagerank 0 seperti yang banyak dilakukan.

Tinggalkan komentar