Cara Ngeblog Efektif Bagi Para Pelajar Sekolah

Cara ngeblog efektif bagi para pelajar sekolah menurut saya penting dilakukan agar kegiatan ngeblog yang dilakukan tidaklah mengganggu studi pendidikan yang sedang mereka tempuh karena seperti kita ketahui yang namanya ngeblog itu terkadang kita harus fokus dan memerlukan waktu yang tidak sedikit terutama ketika awal – awal mulai ngeblog. Apalagi jika para pelajar ini ngeblog karena termotivasi oleh uang atau mendambakan penghasilan dari blognya, tentu ngeblog adalah sesuatu hal yang harus dibatasi dan dikontrol agar tidak mengganggu aktifitas belajar si pelajar tersebut karena sebagai seorang pelajar, kewajiban utamanya adalah belajar menuntut ilmu.

Jika di Negara maju seperti Amerika atau eropa ngeblog atau blogging adalah kegiatan yang sudah menjadi budaya khususnya bagi kalangan pelajar, namun berbeda dengan Negara berkembang seperti Indonesia di mana sistem pendidikan masih termasuk hal yang terbatas di mana ngeblog masih tidak dianggap mendidik. Kecenderungan pelajar Negara berkembang seperti Indonesia adalah ,melakukan micro blogging melalui melalui Facebook atau Twitter yang sekarang sedang ngetrend di kalangan usia pelajar. Namun sayangnya, micro blogging ini justru tidak ada manfaatnya sama sekali selain membuang – buang waktu si pelajar bahkan bisa membuat lupa segalanya ketika sudah mencapai level Facebookholic atau Twitterholic dan pastinya sangat negatif bagi kegiatan belajar Anda sebagai seorang pelajar.

Nah…bagi para pelajar yang kebetulan baca postingan ini, saran saya sebaiknya Anda beralih dari aktifitas yang sia – sia seperti di atas dan cobalah beralih untuk melakukan blogging yang sebenarnya menggunakan sebuah blog seperti Blogspot atau WordPress.

Berikut adalah cara ngeblog efektif bagi para pelajar yang memang ingin terjun dan memasuki dunia blogging yang sebenarnya tanpa mengganggu aktifitasnya sebagai seorang pelajar namun justru akan lebih mendukung kegiatan pendidikan yang sedang Anda jalani agar keduanya mampu dilakukan secara berimbang.

  • Anda harus tahu bahwa blogging bisa memberikan ketenaran, branding dan penghasilan ekstra, namun Anda harus memahami bahwa gelar dan prestasi akademis jauh lebih penting untuk Anda saat ini karena tidak ada perusahaan atau BUMN yang menerima SDM dengan melihat pengalaman ngeblognya. Jadi tetap nomor satukan dan prioritaskan studi Anda.
  • Atur secara berimbang jadwal porsi aktifitas ngeblog dan belajar Anda sebagai seorang pelajar. Akan lebih berarti jika Anda mampu konsisten dan sukses untuk kedua aktifitas tersebut.
  • Sosialisasikan blog Anda pada teman – teman pelajar Anda dan berikan konten yang sesuai dan berhubungan dengan posisi Anda sebagai pelajar. Contohnya topik seperti pendidikan adalah langkah awal yang bagus untuk dimulai oleh seorang pelajar karena sangat relevan dengan keseharian seorang pelajar. Hindari mengambil topik bisnis atau cari uang dari blog.
  • Supaya rutinitas ngeblog Anda tetap eksis dan teratur tanpa mengganggu studi Anda, anggap ngeblog adalah pekerjaan sampingan Anda.
  • Berikan konten yang memecahkan suatu masalah atau memberikan sebuah solusi terutama yang berkaitan dengan problem dalam dunia pendidikan dan belajar mengajar karena selain Anda bisa membantu dan berbagi pengetahuan bagi rekan seprofesi Anda, juga bisa membantu pembelajaran Anda selama masih berkaitan dengan dunia pendidikan.
  • Luangkan waktu untuk belajar dari blog lain yang lebih senior sesuai dengan topik ngeblog Anda. Hal ini akan selalu mengembangkan kemampuan dan pengetahuan Anda.

Nah…bagi Anda para pelajar, sesungguhnya ngeblog atau blogging bisa membawa manfaat lebih jika Anda benar – benar mempelajari dan menjalankannya. Ini jauh lebih baik daripada sekedar cuap – cuap atau menggosip melalui situs jejaring sosial yang menurut saya hanya membuang waktu berharga Anda sebagai seorang pelajar.

Semoga bermanfaat. 🙂

3 pemikiran pada “Cara Ngeblog Efektif Bagi Para Pelajar Sekolah

  1. wah,, sebenernya td saya nyangkut kesini gara2 search di google ttg backlink,,, pas saya baca2 blog mas ini bacaannya ringan2 dan enak dibaca ya,,, salut..
    saya ga tau ini postingan keberapa yang saya baca,, hehe

  2. mantep postinganya, saya dulu mulai ngeblog saat masih kuliah, namun bertujuan untuk mencari uang, seiring berjalannya waktu, ternyata ngeblog itu mengasikkan, bisa berbagi pengalaman, ilmu, bisa punya banyak teman dan lain sebainya.

    salah kenal ya 😀

Tinggalkan komentar