Bagaimana Cara Merubah Ide Menjadi Produk Informasi?

ide-produk-informasiApakah Anda tipe orang yang mempunyai banyak ide tapi Anda masih berusaha keras untuk mewujudkannya? Dalam artikel ini saya akan mencoba mendeskripsikan bagaimana cara Anda bisa merubah ide yang Anda miliki dan mempraktekannya untuk kemudian menghasilkan sebuah produk.

Saya yakin ada banyak orang di luaran sana yang mempunyai banyak ide tapi ada hal yang menghalangi mereka untuk mewujudkan ide-ide tersebut, alasannya adalah mereka tidak tahu harus berbuat apa. Mempunyai ide kadang-kadang menjadi pikiran yang berat bagi orang yang tidak tahu apa yang harus dilakukan – jadi Anda adalah orang yang beruntung jika dapat mewujudkan ide dengan mudah!

Jika Anda memiliki sebuah ide, hal paling utama yang harus Anda lakukan adalah yakin bahwa ide itu dapat diwujudkan/direalisasikan, dan yang pasti ide tersebut bisa menguntungkan bagi Anda. Anda boleh percaya bahwa ide Anda itu hebat tapi hal ini tidaklah terlalu penting. Anda butuh keyakinan bahwa orang lain akan berpikir bahwa ide Anda itu hebat.

Riset pasar merupakan sebuah hal yang penting jika Anda ingin memiliki sebuah bisnis yang menguntungkan dan Anda harus menegaskan dengan pasti jika ide yang Anda miliki akan menghasilkan sebuah produk.

Dalam artikel ini saya akan berbicara tentang produk informasi – produk yang berisi tentang penjelasan bagaimana cara melakukan sesuatu atau pentingya melakukan sesuatu untuk memberi tahu orang lain agar mereka dapat melihat hasil yang jelas dan mampu untuk mencapai sesuatu.

Oleh karena itu, saat Anda mempunyai sebuah ide dan Anda sadar orang lain juga akan menginginkan informasi tersebut yang harus Anda lakukan adalah menuliskan semua informasi yang Anda butuhkan di kertas sebagai kerangka atau draft yang akan Anda sertakan ketika Anda mengaplikasikannya menjadi sebuah produk.

Kerangka tersebut berdasarkan pada langkah-langkah yang mungkin harus dilakukan untuk mencapai sesuatu atau bisa jadi apa yang harus orang lain ketahui untuk mencapai sesuatu.

Akan jauh lebih mudah untuk membuat sebuah produk jika Anda mempunyai kerangka daripada hanya mencoba untuk membuatnya dari ide yang ada di kepala Anda.

Sekali lagi Anda harus mempunyai kerangka atau draft yang ditulis di atas kertas kemudian Anda dapat memulai dengan mengisinya, jadi Anda benar-benar membuat sebuah produk informasi.

Cara dan format penjualan seperti apa yang Anda gunakan untuk menjual produk itu seluruhnya terserah kepada Anda. Ingat bahwa format yang spesifik akan mempengaruhi harga yang lebih tinggi daripada yang lainnya. Sebagai contoh, harga produk informasi berbentuk video jelas lebih mahal dibanding berbentuk ebook. 🙂

Ini ada video dari sahabat saya Om Mame aka. Bang Slamet yang menjelaskan bagaimana mindset yang benar dalam menggali sebuah IDE menjadi profitable. Silahkan ditonton dulu 😀

Nah, kalau Anda ingin belajar lebih dalam tentang bagaimana menggali ide-ide ini untuk menciptakan profit khususnya ide seputar bisnis online atau internet marketing, saya ada 2 rekomendasi dimana Anda bisa belajar lebih dalam.

Berikut yang saya rekomendasikan:

Ingat, selalu ACTION dan FOKUS!

10 pemikiran pada “Bagaimana Cara Merubah Ide Menjadi Produk Informasi?

  1. Trims, ulasan awal yang bagus mas Handoko, namun saya sampai saat ini masih kesulitan. Ide banyak, menuangkan dalam kerangka dan master plan sudah. Ketika akan mewujudkan selalu terbentur biaya. Gimana nih mas. Tolong sarannya.

  2. Sebuah produk informasi sama tidak dengan sebuah produk fisik dalam hal risetnya? Maksud saya, bisa saja kita mempunyai banyak ide yang kemudian bisa dituangkan menjadi sebuah atau beberapa ebook, namun ide tersebut apakah yang sedang dicari oleh pasar? Btw. terima kasih sudah berbagi informasi

Tinggalkan komentar