Autoresponder: Sahabat Klasik Para Internet Marketer Pemalas

Jujur, selaapa-itu-autoresponderin sebagai internet marketer, saya juga menyukai blogging tapi memang beberapa tahun terakhir memang jarang aktif ngeblog di sini karena memang banyak kesibukan lain jadinya sekarang tidak rutin lagi mengisi konten blog ini, tapi ya sekarang akan saya usahakan waktu untuk berbagi di blog ini melalui sebuah konten yang Anda tunggu-tunggu. 🙂

Ngeblog merupakan cara terbaik untuk membangun branding diri Anda dan kredibilitas Anda, kalau bahasa kerennya adalah Authority. Selain itu juga untuk berinteraksi dengan calon prospek dan follower Anda, membangun kepercayaan dan menjalin relasi serta mengeksiskan keberadaan diri Anda di Google tentunya.

Meskipun saya menyukai ngeblog, tapi memang mengurus blog itu layaknya mengurus bayi lho….tidak mudah buat menulis konten artikel blog kalau sedang tidak mood atau tidak ada inspirasi karena memang faktanya,  menulis artikel itu cukup menguras waktu karena Anda harus menulis konten yang bermutu kemudian mempromosikannya ( Jangan salah lho, konten blog juga perlu dipromosikan karena kalau tidak, siapa yang akan membacanya? ) seperti promosi melalui SEO misalnya….meskipun itu gratis tapi tetap perlu waktu untuk optimasinya bukan?

 

Apa Itu Autoresponder dan Mengapa Anda Membutuhkannya?

Autoresponder adalah sebuah aplikasi yang mengatur pengiriman email otomatis yang akan dikirim ke subscriber dalam urutan dan frekuensi yang sudah ditentukan.

Sebagai contoh, katakanlah Anda memiliki 7 email autoresponder yang berisi tutorial untuk calon customer Anda, dalam hal ini adalah subscriber kemudian mereka menemukan manfaat yang valuable dari email Anda itu dan ini tentunya adalah pondasi awal yang Anda berikan untuk menghasilkan penjualan nantinya.

Sebuah autoresponder akan memberikan pengalaman terbaik yaitu kepercayaan dan kredibilitas untuk subscriber pertama Anda dan bagaimana jika Anda memiliki 10.000 atau bahkan 100.000 subscriber? tentu ini akan menjadi aset Anda yang berharga bukan?

Enaknya lagi, autoresponder tidak mengenal waktu dan lelah, mau itu tengah malam, weekend atau hari libur pun tetap akan jalan seperti biasa mengirimkan konten Anda ke email para subscriber. Autoresponder juga tidak akan bosan dengan isi email marketing Anda 😀

Autoresponder inilah yang akan mengirimkan konten Anda dengan urutan dan frekuensi yang teratur kepada semua subscriber baru yang menemukan dan subscribe ke newsletter Anda. Selamanya.

Itulah mengapa saya mengatakan kalau Autoresponder adalah sahabat para internet marketer pemalas. Mau Anda sedang jalan-jalan liburan pun, Autoresponder Anda tetap bekerja menjalankan bisnis Anda.

Bagaimana Menggunakan Autoresponder Untuk Memberikan Manfaat Kepada Subscriber Anda?

Autoresponder email Anda harus berpihak kepada subscriber karena fungsi pentingnya sebenarnya adalah untuk menyaring subscriber yang peduli terhadap apa yang Anda katakan dan lakukan dan mengkonversi mereka menjadi follower sejati Anda.

Itu berarti dalam email autoresponder dibutuhkan konten email terbaik dari Anda. Sebuah konten email yang akan membuat subscriber Anda merasa senang saat mereka membuka email dari Anda.

Tidak harus mengandung humor, menarik, mengandung kata-kata intelek atau puitis namun yang terpenting adalah manfaatnya.

Konten ini harus mengandung sebuah solusi terhadap masalah yang dialami oleh subscriber Anda. Ini merupakan langkah awal untuk menjalin hubungan dengan membantu memberikan sebuah solusi terhadap apa yang mereka ingin capai yang pada akhirnya akan menunjukkan diri Anda kepada mereka bahwa Anda adalah yang suka berbagi, berjiwa sosial dan dapat dipercaya. Bukan hanya sekedar orang yang ahli tapi ahli yang bermanfaat bagi subscriber Anda. Itu lebih baik.

Anda bisa menggunakan autoresponder untuk apapun yang Anda perlukan untuk mengedukasi subscriber sebelum mereka mulai menjadi pembeli loyal Anda. Ini perlu khususnya jika Anda membangun list dari sebuah konten gratis.

Kenali masalah -masalah yang mereka hadapi dalam bisnis online saat ini. Gambarkan melalui kalimat dalam email autoresponder Anda bagaimana kehidupan mereka jika sebuah masalah terselesaikan. Bangun kepercayaan, jelaskan fitur dan benefit dan ciptakan keinginan ( desire ) dari apa yang Anda tawarkan untuk mereka.

Dan jika subscriber masih belum siap membeli untuk saat ini, konten email yang bermanfaat buat mereka akan menahan mereka dalam list Anda hingga mereka siap untuk membeli sesuatu dari Anda…mau itu memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun tidak ada masalah selama Anda bisa memberikan konten email yang rutin maka subscriber Anda akan tetap berinteraksi dan tertarik untuk menunggu dan membaca email dari Anda hingga waktunya tepat untuk mereka mulai membeli apa yang Anda tawarkan.

Bangun Dulu List Anda

Tidak ada trafik instant yang benar-benar gratis seperti dari subscriber hanya dengan mengirimkan sebuah email kecuali blog atau website Anda menjadi nomor satu di Google untuk kata kunci populer.

Anda harus membayar untuk mendatangkan trafik instant baik itu melalui periklanan atau dari para affiliate…atau dengan waktu dan kreatifitas Anda sendiri.

Ngeblog pada dasarnya membutuhkan waktu dan kreativitas tersebut, oleh karena itu Anda akan jarang menemui para internet marketer yang juga memiliki blog dan mengisinya dengan rutin…lha saya saja punya blog terkadang jarang sekali menulis konten artikelnya. 😀

Dengan menggunakan sebuah autoresponder seperti Getresponse atau jasa penyedia autoresponder lainnya dari pertama Anda membangun sebuah blog, Anda bisa mengkonversi pengunjung/pembaca blog Anda menjadi subscriber. Itulah jika Anda memulai membangun blog dalam suatu topik, saya sangat merekomendasikan untuk membangun autoresponder Anda dulu sebelum memulai ngeblog atau melakukan strategio marketing melalui social media seperti Facebook atau Twitter.

Dan jika Anda sudah memilik blog yang sudah berjalan, gunakan waktu Anda selanjutnya untuk membangun autoresponder mulai saat ini.

Bagaimana?

  • Sudahkan Anda memiliki autoresponder yang siap untuk membangun list subscriber?
  • Jika sudah, apakah Anda sudah menyiapkan konten email autoresponder untuk mengubah pembaca blog Anda menjadi follower Anda?
  • Apakah Anda puas dengan jumlah email autoresponder yang sudah disiapkan, atau mungkin Anda bisa menambahkan lagi dan memberikan konten dengan banyak manfaat lagi?

Jika jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas adalah TIDAK, silahkan beritahu di komentar kapankah Anda akan memulainya. Anda berhak menjadi internet marketer pemalas sesuka Anda setelah Anda memiliki jawaban YA atas pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas. 😀

12 pemikiran pada “Autoresponder: Sahabat Klasik Para Internet Marketer Pemalas

  1. Artikel yg menarik yg sebaiknya jangan cuman dijadikan bahan bacaan semata, tapi diaplikasikan khususnya bagi para pengunjung yg ingin terjun di arena internet marketing dan blogging. Sukses buat mas Handoko Tantra dan ditunggu artikel2 yg menarik selanjutnya 🙂

  2. Ya memang betul bahwa artikel yang di posting di blog perlu di promosikan biar ada orang yang datang membacanya. Seperti artikel ini yang saya ketahui setelah membuka inbox email saya. Ini karena saya terdaftar do list autoresponder mas handoko sebagai subscriber. Autoresponder adalah cara praktis untuk menjangkau prospek yang lebih banyak.

  3. Dan .. Kabar baiknya, jika kita sudah massif di autoresponden dan list subcriber, bisnis kita tidak akan ikut terancam jika sewaktu-waktu Google bubaran. karena lota sudah dapet aset calon pembeli.

  4. Menarik informasinya mas, tapi dengan blast email seperti ini, apakah ada cara untuk menghindari email kita dikatagorikan sebagai spam oleh mail server orang lain dan malahan menyebabkan mail server kita di blog? Tx.

  5. Jika ada satu 1 hal yang harus dipelajari di Internet Marketing adalah List Bulding dan Autoresponder adalah sarana yang harus dimiliki. Terima kasih mengingatkan di blog ini

  6. Saya ucapkan terimakasih kepada pembuat artikel ini, artikel ini berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk smeua pembaca khususnya saya sendiri. Saya tunggu lagi informasi-informasi lainnya yang tidak kalah menarik.
    Sukses selalu untuk anda

    kunjungi web kami untuk menambah ilmu
    http://www.168sdbet.com
    terima kasih

Tinggalkan komentar