Apa Itu Domain: Semua Hal Mengenai Domain

Apa Itu DomainSebelum memasuki dunia bisnis online marketing, ada beberapa hal yang sebaiknya dipahami terlebih dahulu terutama mengenai persiapan sebelum maju dalam bisnis online yaitu domain. Apa itu domain? Domain adalah nama dari web yang memuat produk anda. Domain ibaratnya adalah sebuah toko tempat anda menawarkan produk. Domain ada yang gratis ada pula yang berbayar. Domain berbayar tentunya mempunyai banyak fitur dibandingkan dengan domain gratisan berbasis blog macam wordpress. Secara umum domain terdiri atas 2 bagian yaitu nama domain dan extension. Misalnya nama web anda adalah handokotantra.com. handokotantra merupakan nama domain anda, sedangkan .com merupakan extension.

Ada domain, ada pula subdomain. Subdomain adalah domain turunan dari domain yang sudah anda buat sebelumnya. Contohnya bisnis.handokotantra.com, bisnis merupakan subdomain sedangkanĀ handokotantra.com adalah domain utama. Subdomain berdiri sendiri menjadi alamat web yang berbeda dari domain utama meski menggunakan nama belakang yang sama. Namun masih banyak orang yang menganggap subdomain merupakan bagian yang sama dengan domain utama. Subdomain biasanya digunakan sebagai media lain untuk promosi selain halaman utama dari domain. Subdomain biasa digunakan untuk media lain menawarkankan produk yang terpisah dari domain utama.

Ada beberapa hal yang perlu dipahami mengenai domain. Domain bukan nama sembarangan. Domain ibaratnya merk dagang produk anda. Bila nama domain dibuat asal,maka anda juga akan kesulitan untuk memasarkannya. Pastikan nama domain anda belum digunakan orang lain. Saat anda membuat nama domain, pemakaian huruf kapital atau huruf kecil tidak akan berpengaruh. Jadi anda menulisĀ handokotantra.com dengan HANDOKOTANTRA.COM tetap menuju halaman web yang sama. Hindari penggunaan nama yang berlebihan seperti pemakaian angka yang rumit dan tanda minus karena akan menyulitkan calon konsumen mengingat alamat web anda. Gunakan juga nama domain yang merepresentasikan produk yang anda tawarkan. Gunakanlah extension yang simple agar mudah diingat misalnya .com/.net/.org. Itu yang umum digunakan untuk komersil selain ekstensi lokal berdasarkan negara domisili seperti .web.id/.co.id.

Bagaimana cara membeli domain?

Pada dasarnya ada banyak cara membeli domain, mulai dari hosting lokal hingga internasional. Jika ingin yang lebih simpel dalam membuat web atau blog, anda bisa menggunakan wordpress.com atau blogger.com. Namun sebaiknya anda menggunakan domain berbayar jika bisnis online yang anda kembangkan cukup besar. Tidak jarang ada penawaran khusus atau promo yang menawarkan domain dengan harga yang murah. Berikut ini adalah cara membuat domain melalui www.name.com.

Pertama-tama buka alamat www.name.com, kemudian masukkan nama domain yang anda inginkan pada mesin pencari. Jika berhasil, anda lalu dapat memilih extension. Extension dapat dibeli lebih dari satu. Selanjutnya klik checkout. Anda bisa menggunakan fitur whoisprivacy untuk menyembunyikan identitas asli anda, namun anda akan dikenai charge sebesar 3,99 dollar Amerika per tahun. Selanjutnya akan muncul halaman login. Bagi yang baru pertama kali menggunakan www.name.com anda diwajibkan registrasi dahulu atau login menggunakan akun facebook atau google. Bila sudah berhasil login, segeralah lengkapi data untuk pembelian anda dan klik complete order untuk melakukan pembayaran. Anda bisa menggunakan kartu kredit atau paypal untuk membayar biaya domain. Jika sudah selesai, akan muncul ucapan terima kasih serta notifikasi berupa email di email yang anda gunakan untuk membeli domain.

Bagaimana, tidak sulit bukan? Selain name.com anda juga bisa menggunakan penyedia jasa domain lainnya seperti namecheap.com. Banyak juga web lokal yang sudah menyediakan jasa domain. Pilihlah domain sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan lupa untuk mempromosikan web anda melalui media sosial atau forum-forum online. Dari domain yang anda buat inilah anda bisa membangun jaringan dengan mengumpulkan subscriber sehingga anda bisa menjalankan list building.

6 pemikiran pada “Apa Itu Domain: Semua Hal Mengenai Domain”

Tinggalkan komentar

13.200+ Pebisnis online
telah membacanya

Panduan Internet Marketing Newbie

Dapatkan Ebook ini cukup dengan masukkan Nama dan Email Anda agar saya bisa kirimkan ke email Anda.