6 Prinsip Dalam Membuat Desain Website

Desain WebsiteJika Anda sering sekali berkecimpung dengan masalah website ataupun blog tentunya akan tidak asing lagi mendengar istilah desain website. Dalam hal ini mungkin bisa dibilang hanya beberapa orang saja yang mengerti benar tentang desain website karena itu masih merupakan hal yang belum bisa dikenal langsung oleh banyak kalangan khususnya dalam masyarakat Indonesia itu sendiri.

Namun sudah banyak orang yang bisa mengembangkan website-website tersebut kepasaran dunia, baik bahasa mengenai teknologi maupun bahasan lokal. Dalam mendesain web pasti akan ada beberapa prinsip yang digunakan, mari kita simak secara langsung berbagai macam prinsip-prinsip yang di gunakan dalam Desain website adalah sebagai berikut:

  • Pertama adalah Metaphore yaitu dimana merupakan suatu penerapa prinsip-prinsip lama yang akan digunakan untuk menghasilkan sebuah prinsip yang baru.
  • Kedua adalah Clarity yaitu dimana dalam mendesain suatu web harus ada sebuah tujuan tertentu ataupun bisa dibilang kalau harus mempunyai tujuan yang jelas.
  • Ketiga adalah Consistency yaitu konten yang di isi harus mempunyai tema yang konsisten dimana tidak berubah-ubah harus mempunyai satu acuan pokok.
  • Keempat adalah Alignment yaitu merupakan kerapian dari suatu desain web tersebut yang mana tentunya akan mempengaruhi si pembaca dalam menyimak website tersebut bisa dimulai dari bentuk paragraph ataupun tambahan-tambahn gambar yang terdapat di dalam web tersebut.
  • Kelima adalah Proximity yaitu persiapan serta kelengkapan dari suatu website dan juga bisa menyesuaikan dengan tema pembicaraan dengan mempunyai beberapa perangkat pendukung atau item-item yang benar-benar bisa membuat suasana menjadi lebih hidup.
  • Keenam adalah Contrast yaitu masalah tampilan yang harus memberikan kesan yang nyaman untuk pengguna atau pengunjung website tersebut.

Dengan melihat keenam prinsip diatas tentunya mempunyai tujuan yang sangat bagus jika melihat dari fungsi pembuatan website itu sendiri. Karena tak banyak orang yang menerapkan prinsip-prinsip tersebut hingga memberikan suatu kesan yang berantakan dan tidak tersusun dengan baik, kebanyakan webmaster masih mengesampingkan keenam prinsip tersebut. Tentunya kita harus prihatin akan hal itu, dimana etika dari pembuatan website menjadi sangat berkurang bahkan sudah hampir punah.

Jadi mulai sekarang terapkanlah prinsip-prinsip dalam membuat website, ibarat ada kata bijak mengatakan tak kenal maka tak saying. Kenali dahulu prinsip-prinsip website sebelum membuat website untuk mendapatkan hasil yang optimal serta bagus dan tidak menyala aturan etika dalam pembuatan website. Sebenarnya itu semua mudah kok kalau kita melihatnya dari sisi positif yang akan kita terima. Maka dari itu ada baiknya mengikuti peraturan yang ada untuk menghindari hal-hal yang tidak dikehendaki seperti penghapusan website ataupun dibanned karena mengandung konten yang tidak pantas dipasang disebuah website.

Ok itu saja beberapa prinsip-prinsip dari Desain website yang bisa Anda simak diatas, dari setiap macam-macam prinsip tersebut tentunya memberikan sebuah desain websiteer menjadi lebih teratur serta prinsip dalam membuat suatu website yang mana tentunya akan di publikasi secara umum di internet dan pastinya hasilnya pun akan lebih memuaskan jika menerapkan prinsip-prinsip desain website diatas yang mana bisa juga menjadi sebuah pegangan serta acuan dalam membuat suatu website yang nantinya akan bermanfaat untuk orang-orang yang melihatnya melalui internet. Semoga informasi yang diberikan menjadi sebuah tambahan pengetahuan bagi Anda semua para pencinta bisnis internet 🙂

5 pemikiran pada “6 Prinsip Dalam Membuat Desain Website

  1. hahaha… yang paling perlu diperhatikan itu nerapin yang Keempat, yaitu Alignment. Masalah kerapian. Kadang banyak Konten2/fitur2 yang tidak perlu untuk dibuat yang hanya membuat Tampilan Website kita berserak dan lambat, seperti Buat Widget Kalender atau jam di sidebar, betul ga mas??

  2. Benar sekali prinsipnya ini, kalau sampai web kita tidak rapi kebanyakan pengunjung pasti malas untuk membacanya..
    selain itu kalau webnya terlalu banyak isinya, pasti jadi lambat saat membukanya.. hhahahah

  3. info menarik gan… aku pengen banget bisa design web yg tidak menyalai aturan,,, pi aku masih nuwbie… mais perlu banyak belajar dari yg profesional… maksih nice info… pak handoko…

Tinggalkan komentar