5 Alasan Utama Mengapa Melakukan Maintenance Website Itu Perlu

Maintenance WebsiteApakah Anda sering melakukan maintain website? Ada banyak sekali alasan mengapa kita harus melakukan maintain website. Jika kita sebagai pemilik dari sebuah website tentunya banyak sekali alasan kita dalam melakukan maintain website. Karena mustahil sekali informasi yang kita sediakan di website kita sudah terbilang sempurna ataupun banyak peminatnya. Langsung saja deh kalo begitu mari kita lihat beberapa alas an mengapa orang melakukan maintain website antara lain sebagai berikut:

  • Untuk menjaga pengunjung dan juga pelanggan terupdate atau selalu mengikuti bisnis kita untuk mencapai ataupun membangun sebuah citra professional dalam sebuah website
  • Untuk tetap dapat selalu lanjut dalam mengupdate website kita untuk mempertahankan posisi di mesin pencari ataupun optimisasi SEO yang mana akan menarik banyak sekali pelanggan dari search engine. Bayangkan jika website kita menghilang dari posisi teratas di SEO, maka sebagian besar target pelanggan tidak akan dapat menemukan website tersebut dan hanya pembeli yang pernah mengetahui website tersebut yang akan dating kembali. Jadi sangatlah penting untuk menjaga posisi kita selalu berada di atas untuk mempertahankan website dalam waktu yang lama.
  • Untuk mengimprovisasikan desain dari website tersebut yang mana barangkali mungkin pada desain yang sebelumnya tidaklah bisa menarik perhatian dari para pengunjung ataupun pelanggan untuk tetap melakukan bisnis dengan kita. Jadi ada baiknya penampilan dari website tersebut selalu kita perhatikan dan siapa tahu dengan melakukan perubahan akan menjadi lebih baik. Per hari ini juga saya baru saja menyelesaikan proses maintain imporvisasi layout dan beberapa konten agar lebih bermanfaat bagi pengunjung. 🙂
  • Untuk memperluas jaringan bisnis ketika perdagangan bisnis online kita telah semakin bertumbuh pesat.
  • Dan yang terakhir adalah untuk menjaga website tetap aman dalam hal ini itu diperlukan untuk menghindar serangan dari para hacker yang bisa membuat website kita hancur ataupun jatuh ke tangan mereka. Dalam hal ini penting sekali jika kita melakukan back up data dan maintenance untuk tetap menjaga bisnis dan tetap hidup dalam pasar internet.

Itulah beberapa alasan mengapa kita harus melakukan maintain website, mungkin sebaiknya bagi para web master yang benar-benar ingin membuat websitenya tetap hidup dan terjaga dari para hacker, melakukan maintain website merupakan hal yang wajib karena kita semua tahu, semua hal yang berhubungan dunia maya bisa hilang dan datang begitu saja secara cepat. Oleh karena itu upaya pencegahan baik sekali untuk selalu diterapkan oleh setiap webmaster.

Namun bisa kita sekarang banyak sekali orang kurang peduli untuk melakukan maintenance untuk website mereka karena selain menyita waktu, hal itu juga termasuk merubah dari tampilan ataupun system keamanan yang sudah diterapkan sejak dulu bisa diubah dan yang pasti akan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengerjaannya serta adapun resiko kalau website kita tersebut bisa error karena kesalahan dalam melakukan maintenance yang mana tentunya akan merugikan kita sendiri.

Seperti pepatah mengatakan “Berani berbuat harus berani bertanggung jawab” mungkin itu memang terdengar suatu kata-kata ancaman tetapi kalau kita lihat untuk hasil pengerjaan serta tujuan dari melakukan maintain website itu sendiri pasti akan lebih menonjolkan hal yang positif dibandingkan dengan hal yang negatifnya.

Setelah Anda simak beberapa alasan diatas, apakah Anda merasa bahwa maintain website adalah suatu hal yang sangat penting bagi para penilik sebuah website? Jika memang Anda berpikir demikian maka sebaiknya Anda harus rajin-rajin lah dalam melakukan hal tersebut.

10 pemikiran pada “5 Alasan Utama Mengapa Melakukan Maintenance Website Itu Perlu

  1. Namanya ‘peremajaan’ sistem itu harus menjadi jadwal tetap. Agar sistem web tetap berjalan dengan baik. Apalagi website yang membidik SEO, tentu membuat sistem yang sesuai dengan alghoritma mesin pencari adalah syarat utama. Google, Facebook, bahkan kaskus selalu di-maintenance. kalau ingin menjadi situs besar, maintenance adalah keharusan.

  2. Owh gitu ya, padahal websiteku baru saja di ubrak abrik hacker, selain dibackup datanya, gmna ya mas biar Hacker ga bisa menghack website kita, ? di maintenance yg kayakmana maksudnya, Kalo dipasang plugin firewall masih tetap saja, apa pengaruh theme nya ya? soalnya baru2 ini punyaku sudah dua kali dihack, mohon masukannya ya mas… terimakasih

  3. Oo gitu ya, tp Setelah Backup data toh Para Hacker bisa balik lg kan mas setelah di hack seperti website ku baru2 ini sudah 2 kali dihack, gimana cara nya ya mas biar hacker ga bs masuk ke web kita? apa theme mempengaruhi jalan masuknya? kalo pake plugin firewall toh masih tetap bs ditembus… mohon masukannya dong mas 🙂

    • Sebenarnya ga ada website yang benar2 aman 100% dari hacker…makanya sangat penting melakukan back up sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan, maka kita bisa restore website kita…menurut saya itu yg paling penting. 🙂

Tinggalkan komentar