ViSEO: Plugin WordPress Untuk Menampilkan Video Snippet Di Google dan Facebook

Plugin WordPress ViseoSeperti judulnya, kali ini saya mau membahas sebuah plugin WordPress bernama Viseo karya dari sahabat saya yaitu Syaiful Bahri yang berfungsi untuk menampilkan snippet atau thumbnail video di hasil pencarian Google maupun pada saat artikel blog yang memiliki konten video dishare di facebook.

Keuntungan dari menampilkan video thumbnail di hasil pencarian Google maupun pada saat dishare di Facebook adalah akan menambah tingkat klik dari pengunjung serta meningkatkan kepercayaan pengguna yang mencari konten relevan. Ini juga merupakan alasan kuat mengapa Youtube memiliki banyak pengunjung selain dari kunjungan langsung ke situs Youtube, namun juga dari hasil pencarian di Google.

Logikanya mudah kok, jika Anda sering melihat hasil pencarian dari situs Youtube, maka ada tampilan snippet atau thumbnail video Youtube tersebut disamping kiri dimana inilah kunci untuk menghasilkan CTR yang tinggi pada hasil rangking konten Anda di Google.

Berikut contohnya:

demo plugin viseo

Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, biasanya hanyalah situs-situs video sharing saja yang bisa menampilkan video thumbnail atau snippet video seperti gambar di atas yaitu: Youtube, Vimeo, dan lainnya. Namun disini ada sebuah toko online berbasis WordPress! Ya, website berbasis WP ini bisa menampilkan video thumbnail untuk artikel yang memiliki konten video. Situs tersebut bisa menampilkan video thumbnail pada hasil pencarian Google karena menggunakan plugin WordPress Viseo ini.

Berikut demo video plugin ViSEO:

Ok, sebelumnya…mari kita berkenalan dengan developernya yaitu Syaiful Bahri salah satu blogger professional yang juga sahabat saya. Beliau ini juga pernah berkontribusi di blog ini yaitu dengan menulis artikel Cara Memasukkan Twitter Card di Blog WordPress. Kalau Anda merupakan pembaca setia artikel-artikel blog saya dan tidak pernah melewatkan satu artikel pun, pasti pernah membaca tulisan beliau ini. Berikut interview saya dengan Syaiful Bahri:

  • Bisa diceritakan latar belakang dan bagaimana mas memulai bisnis make money online ini?

Saya telah memiliki background sebagai web developer di sebuah Toko Online yang berkantor di Surabaya sebelum memulai bisnis online. Saya bekerja di toko online tersebut sampai sekarang.
Sebelum itu, saya sudah blogging di blogspot tapi tidak ada pikiran memonetize blog tersebut. Sampai teman saya memberi tahu saya adanya Amazon affiliate. Meski pun diberitahu saya tidak langsung bermain Amazon, saat itu saya hanya suka menulis artikel dan kode buat toko online tempat saya bekerja.

Awal mulai saya geluti ketika saya ditantang teman saya untuk mendapatkan uang dari Amazon, karena gengsi saja saya mau terjun. Ketika saya bilang terjun, saat itu saya langsung memakai WordPress. Tidak ada kesulitan untuk belejar menggunakannya karena saya sudah terbiasa dengannya sebagai admin dan developer toko online tempat saya bekerja. Sekarang saya ketagihan membuat blog dan semua aktifitas tersebut.

  •  Apa yang mas geluti saat terjun ke bisnis online? apakah Adsense, Amazon, Product creation, list building, atau blogging?

Seperti yang saya bilang, saya memulai bisnis online dengan Amazon affiliate. Kemudian saya mengetahui adsense, dan mullai memasang Adsense di blog-blog yang juga saya monetize dengan amazon juga.

Ketika teman-teman di Adsense-id banyak yang mengatakan banned massal oleh Adsense tahun 2011-an karena adanya link affiliasi di konten, saya ganti strategi dengan membuat list. Kebetulan saya mengetahui email marketing dari membaca copyblogger.

Kemudian saya memakai Mailchimp untuk mulai membangun list. Jadi saya monetize semua blog saya dengan adsense, tapi tidak ada link affiliasi di blog-blog tersebut. Link affiliasi saya pindah dengan autoresponder. Pada autoresponder kedua saya, saya memberi subscriber saya catalog. Isi catalog itu hasil copy paste dari Amazon dan tentu saja semua link di catalog itu adalah link affiliasi saya. Karena kartu kredit saya bermasalah, maka saat ini saya ganti autoresponder ke autoresponder lokal: Profitsender.

Saya terus membaca copyblogger dan saya tertarik dengan course mereka yaitu Teach Sell dan Third Tribe. Pada saat Brian Clark dan Sonia Simone membukan lagi course itu, saya daftar dan belajar dengan mereka.

Jadi produk  creation ini, WP Viseo adalah penerapan apa yang saya pelajari di Teach Sell. Bisa dibilang saat ini saya masih menggeluti 3 jalur bisnis online di atas, yaitu Amazon, Adsense dan produk creation. List building hanyalah alat marketing saya untuk mempromosikan produk saya dan link affiliasi saya tetapi intinya tetap di 3 jalur itu.

  • Kenapa memilih bisnis yang mas sebutkan diatas tersebut mas?

Saya suka Amazon, lebih-lebih Amazon.com. Karena saya belum pernah daftar di Amazon yang lain. Amazon bagi saya lebih menguntungkan daripada Adsense, karena sekali dapet akan banyak. Apalagi di musim belanja mereka, itu masa panen bagi saya.

Adsense juga tidak buruk, banned Google mungkin menakutkan tetapi jika kita membaca TOS dan memantau akun kita, banned tidak akan terjadi. 8 bulan lalu saya dapat peringatan bahwa iklan yang saya tampilkan tidak seperti iklan. Ketika saya ubah pallete dan posisi adsense, mereka mengirim saya email bahwa saya sudah sukses membenahi isu tersebut.

Untuk produk creation saya belum mendapat feel bagaimana enaknya karena saya baru memulai. Tetapi tentu saja ini lahan diversifikasi.

  • Apa saja suka dan dukanya menjalankan bisnis ini?

Untuk Amazon, dukanya adalah ketika saya tidak mendapatkan referrer. Hehehe. Mungkin umum, tapi untuk bermain Amazon memang harus sabar. Apalagi link affiliasi saya disebar di autoresponder. Tapi Amazon akan memberi saya komisi bagus di bulan November, Desember, Januari dan Februari. Duka yang lain di Amazon adalah saya harus membuat blog niche yang banyak untuk setiap kategori produknya, itu melelahkan karena saya mainnya manual.

Adsense memang stabil setiap bulannya, tetapi program ini memang butuh pantauan terus. Jika tidak, banned mungkin akan menghampiri saya dan saya tidak ingin itu terjadi. Keharusan memantau aktifitas akun saya dan perilaku klik di blog-blog saya inilah yang membuat saya stress. kebahagian saya ikut program ini adalah mencairkan uangnya. Hahaha.

Untuk produk creation, suka dan duka campur jadi satu. Yaitu saat saya memberikan support kepada customer saya. Meski pun sudah ditulis dokumentasi dan cara memakainya, mereka pasti akan datang kepada saya untuk bertanya.

  • Apa latar belakang dan alasan mas membuat plugin ViSEO ini?

SEO telah berubah. Sekarang kita tidak bisa mengandalkan pejwan untuk mendapatkan visitor yang banyak. Ketika indeks kita tampil di mesin pencari, tampilan dan perbedaan indeks kita dengan pesaing kita juga mempengaruhi.

Perbedaan itu bisa terjadi karena mesin pencari saat ini punya fitur rich snippet. Rich snippet itu bisa didapat dengan markup schema.org. Dengan mark up itu mesin pencari bisa lebih mengerti konten yang kita buat.

Banyak rich snippet yang ada, tapi rich snippet yang paling “nendang” adalah video. Ini rich snippet unik. Alasannya:

  1. Tidak banyak website yang membuat video. Jadi kesempatan ini bisa kita manfaatkan untuk membuat tampilan indeks kita berbeda.
  2. Video mudah dipahami untuk tipe konten tutorial. Karena video menampilkan gambar dan suara. Kesuksesan youtube adalah bukti bahwa video banyak disukai orang.
  3.  Juga bagus untuk sales page. Karena buyer bisa melihat dan mendengar penjelasan Anda. Apalagi untuk menjual software, dengan video saya bisa menampilkan software yang saya buat in action.

Tapi masalahnya video itu secara teknis sulit dicrawling oleh spider. Maka adalah suatu keharusan bagi SEO’s untuk membuat Sitemap tipe video dan menerapkan mark up schema.org tipe video.

  • Apa saja fitur dan keunggulan produk ini?

Ini plugin serba otomatis. Yang perlu Anda lakukan hanya menulis konten seperti biasa dan mengembed sebuah video. Kemudian WP Viseo akan mendeteksi keberadaan sebuah video di konten itu.

Jika konten itu dideteksi memiliki video, maka plugin ini akan otomatis membuat XML Video Sitemap, Schema.org tipe video dan  open graph tipe video. Dengan video sitemap dan markup schema.org konten Anda akan tampil di mesin pencari dengan rich snippet tipe video. Dengan open graph, konten Anda akan tampil di Facebook juga dengan tipe video sehingga orang lain bisa menyetel video Anda di Facebook. Cool.

Plugin ini bisa bekerja dengan plugin SEO lain sepeti WP SEO, ALL in One SEO Pack, Platinum SEO Pack, dll( lebih lengkap silakan mengunjungi dokumentasi). Bahkan plugin ini bisa bekerja baik dengan Theme Framework seperti Thesis dan Genesis.

Bekerja di semua post type. Tidak hanya post dan page. Dan yang paling penting, plugin ini akan otomatis ping ke Bing dan Google secara default. Jika Anda ingin, dia juga akan ping ke Ask dan Yahoo.

  • Siapa yang sangat cocok untuk menggunakan plugin ViSEO ini?

Jujur saja tidak semua orang perlu menggunakan WP Viseo. Plugin ini cocok untuk Anda yang memakai video di posting atau sales page. Dan bagi mereka yang ingin traffic lebih banyak.

Saya memakai video di sales page saya: untuk Jasa Desain Theme WordPress. Konversi dan traffic orang yang singgah di sales page itu tinggi. Coba saja Anda ketikkan kata kunci Jasa desain theme WordPress, jasa desain theme atau jasa desain wordpress. Pastikan log out dan hilangkan cache browser Anda dulu.

  • Apa saja yang diperlukan untuk menggunakan plugin ViSEO ini?

Minimal WordPress versi 3.4. Dan server Anda menggunakan PHP versi 5.x.x. Pastikan juga server Anda menginstall PHP plugin JSON.

  • Apa pesan mas untuk pembeli plugin ini supaya bisa optimal dalam menggunakan pluginnya?

Masukkan sitemap video itu di robots.txt. tulis seperti ini:

Sitemap: www.yourdomain.com/sitemap-video.xml

Pastikan juga mensubmit sitemap itu di Google Webmaster. Hanya itu. Yang lain biarkan WP Viseo yang mengerjakannya.

  • Yang terakhir, apa saran mas buat para pemula/newbie agar bisa sukses dalam dunia bisnis online?

Cari kelebihan Anda. Apakah Anda mempunyai kelebihan bisa menulis kode, maka produk software harus Anda geluti. Apakah kelebihan Anda adalah pemasaran? Anda bisa menjadi affiliate. Dan jika Anda suka menulis artikel, penghasilan dari iklan adalah cara terbaik memonetize konten Anda.

jangan lupa membuat list. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapat dari sana. Belajarlah cara membangun list, dan bagaimana menulis newsletter. Harga email autoresponder murah jika dibandingkan apa yang Anda dapat.

Terakhir jangan lakukan semua aktifitas bisnis itu sendiri. Anda bisa menyewa orang untuk melakukan hal-hal yang tidak bisa Anda lakukan.

Nah, itulah interview saya dengan Syaiful Bahri sang kreator dibalik lahirnya plugin ViSEO ini. Semoga Anda bisa mendapatkan manfaat dari sharing beliau ini untuk bisnis online Anda!

Kemudian bagi Anda yang tertarik untuk memiliki dan menggunakan plugin ViSEO ini, Anda bisa membelinya di sini.

2 pemikiran pada “ViSEO: Plugin WordPress Untuk Menampilkan Video Snippet Di Google dan Facebook

Tinggalkan komentar