Tips Memilih Tema Yang sesuai Untuk Blog Anda

Tips memilih tema blogTema disini bukan berarti topik pembahasan sebuah blog, namun tema yang akan kita bahas adalah template atau desain sebuah blog yang sesuai dengan kontennya. Tema untuk WordPress sendiri banyak tersedia gratis yang jumlah mencapai ratusan ribu disamping tema premium atau berbayar. Meskipun begitu, tema gratis tidak selalu kalah desain dan tampilannya dengan tema premium asal kita mampu sedikit memodifikasi dan menyesuaikannya dengan topik blog kita.

Tampilan visual sebuah blog sangat menentukan ketertarikan pengunjung blog Anda dan ini erat kaitannya dengan bagaimana memilih tema untuk blog Anda agar sesuai dengan isi blog sesuai dengan topik pembahasannya.

Desain tampilan sebuah blog adalah hal yang krusial dalam mempengaruhi kebetahan pengunjung di blog Anda kecuali jika Anda mempunyai konten yang berkualitas, mungkin tampilan desain tidaklah terlalu penting. Namun jika konten Anda adalah konten umum, biasa dan juga pernah dibahas oleh blogger lain maka perlu ada sedikit kehati – hatian dalam memilih tema yang sesuai.

Saya sendiri dulu sering mengalami kebingungan jika menyangkut urusan pemilihan tema yang sesuai ini. Selain karena tema gratis cukup menarik dan bagus namun tema premium lebih bagus digunakan sesuai dengan topik blog yang sekarang fokus sebagai blog bisnis online.

Berikut ini ada beberapa tips dalam memilih tema yang sesuai dengan blog Anda :

  • Topik personal atau professional?

Anda harus memastikan blog Anda akan digunakan secara personal atau memang ditujukan untuk professional. Jika hanya sekedar digunakan secara personal, maka diperlukan tema dengan ciri khas fungky, berwarna cerah atau, trendy yang banyak tersedia gratis di http:// wordpress.org/extend/themes/. Sedangkan untuk professional ada baiknya menggunakan tema yang formal dengan perpaduan warna terang dan gelap serta warna yang elegan dan tidak norak. Jika mau menggunakan tema premium akan lebih baik lagi seperti tema dari Elegant Themes atau tema dari Templatic yang bisa Anda dapatkan dengan urunan di thread Adsense-id.

  • Background cerah atau gelap?

Untuk background terang berwarna putih dengan tulisan berwarna hitam adalah yang paling sering digunakan karena sangat user friendly. Sedangkan latar belakang berwarna gelap cock untuk blog dengan sedikit tulisan dalam konten serta mayoritas adalah konten gambar.

  • Topik yang tematik

Jika blog Anda berisi konten yang fokus pada suatu topik pembahasan yang pokok seperti mengenai komputer saja, maka ada baiknya menggunakan tema yang berbau iptek atau teknologi dan memiliki gambar komputer juga. Jika tentang naruto, ada baiknya menggunakan tema – tema anime.

  • Tema simpel, Minimalis atau bergaya Magazine

Ini adalah pilihan Anda, jika suka menggunakan tema yang simpel dan minimalis bisa menggunakan tema dengan tampilan tersebut seperti tema standar dari Thesis atau jikan Anda ingin tampilan blog yang lebih ramai dengan konten beragam bisa menggunakan tema berjenis Magazine yang tampilannya lebih variatif dalam menampilkan konten blog.

  • Paduan skema Warna

Nah…yang ini juga terserah Anda ingin menggunakan perpaduan warna seperti apa? Bisa hitam dan putih, biru dan putih atau tiga warna sekaligus hitam, putih dan biru. Anda bisa mengganti kombinasi warna tema ini dengan sedikit utak – atik pada file CSSnya untuk disesuaikan dengan paduan skema warna yang Anda inginkan.

Selamat memilih tema yang pas buat blog Anda dan selalu dukung negeriads.com solusi berpromosi ya. 🙂

6 pemikiran pada “Tips Memilih Tema Yang sesuai Untuk Blog Anda

  1. saya juga cukup teliti untuk milih themes yg saya pakai di blog-blog saya. Kalo bener2 udah sreg baru deh saya pasang themesnya… soalnya kenyamanan visitor juga perlu diperhatikan 🙂

Tinggalkan komentar