Mau Goal Berbisnis Online, Anda Harus Sabar

sabarTak semudah apa yang di gembar-gemborkan di internet yang kebanyakan mengatakan bisnis online menjanjikan penghasilan yang berlimpah dengan kerja yang nyantai abis, pada kenyataannya yang sudah menjalani dan mengalaminya sendiri berbisnis online ternyata tak seperti apa yang sering di gembar-gemborkan.

Yang ada ialah bisnis online itu sebenarnya sama dengan bisnis offline di dunia nyata. Sama-sama perlu kerja keras dan disiplin waktu. Malah kalau boleh saya bilang, bisnis online itu sebenarnya gampang-gampang susah.


Ya…begitulah kenyataannya, mana ada sih bisnis yang kerjanya nyantai namun hasilnya melimpah seperti memiliki sebuah bank? Kalau ada, mengapa masih banyak dari masyarakat kita yang terlilit kemiskinan dan terjerat oleh hutang? Ya…nggak?

Bisnis online adalah suatu bisnis yang membutuhkan kesabaran dan skill. Bukan bisnis ajaib yang tanpa kerja pun bisa menghasilkan uang yang melimpah, kalau ada pun saya rasa mungkin itu tuyul yang kerja kali…he..he..he..

Dalam bisnis, Anda harus punya target atau goal yang jelas agar apa-apa yang Anda lakukan untuk perkembangan bisnis lebih tergeneralisir dengan baik. Jika goal Anda terlalu besar, bisa Anda pangkas menjadi beberapa bagian untuk dikerjakan secara step by step, jadi Anda akan tahu mana yang lebih enak Anda jalankan terlebih dulu mulai hal yang paling mudah hingga yang paling sulit.

Contohnya, Anda punya target menjual produk dalam satu bulan sebesar 1000 harus terjual, Hal itu tentu akan sulit, apalagi di situasi krisis global seperti saat ini, namu jika Anda pangkas menjadi 10 produk/bulan, maka tidak terlalu menjadi beban meskipun dalam satu bulan tidak sampai 10 produk yang terjual.

Konsistensi Anda juga diperlukan untuk menghasilkan target sesuai harapan Anda dan selalu tetap jaga semangat Anda untuk tetap focus pada goal Anda, jangan sampai pecah gara-gara Anda menemukan hal lain untuk di tekuni sehingga melupakan apa yang telah Anda targetkan untuk bisnis yang telah Anda fokuskan.

Terkadang untuk menjaga konsistensi kita pada goal yang di inginkan, Anda juga sebaiknya mengambil inspirasi-inspirasi dari cerita-cerita para pebisnis yang telah sukses sebelumnya. Baca buku tentang para internet marketer yang telah mencapai kesuksesannya, mereka pun saat pertama kali terjun di dunia bisnis online juga sama halnya seperti kita yang baru pertama kali berbisnis online. Jatuh bangun mereka alami sampai akhirnya mereka mampu menggapai goal dari kerja keras mereka. Untuk mencapai goal itu perlu waktu. Yang penting bagaimana kita menjalani proses untuk mencapai goal seperti yang telah sukses. Hal ini bisa memotivasi kita untuk sabar dan terus berjuang.

Satu hal penting saat sementara Anda mengerjakan sesuatu untuk bisnis online Anda, jaga konsentrasi Anda dengan menghilangkan gangguan-gangguan lain disekitar tempat Anda bekerja seperti ngecek email, aktivitas chatting, browsing yang ngga berhubungan dengan apa yang Anda kerjakan termasuk gangguan-gangguan luar seperti televisi,radio maupun HP.

Luangkan waktu sejenak untuk mengurusi bisnis online Anda agar Anda bisa tetap focus dan pada akhirnya goal yang Anda targetkan dapat tercapai sesuai harapan Anda. Lakukanlah…

12 pemikiran pada “Mau Goal Berbisnis Online, Anda Harus Sabar

  1. Artikel ini sepertinya adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas masalah managemen waktu. pada artikel ini yang ditekankan adalah konsistensi.

    Hmmm…apa yang anda paparkan mengenai ritme pebisnis online dan berbagai kendala di atas sangat tepat mas. Semua sesuai realita yang banyak dialami oleh pebisnis online. Jadi, hal-hal di atas sangat melekat banget dalam keseharian kita dalam merintis bisnis online ini.

    Harapan saya, imbauan-imbauan dari mas Handoko di atas bisa menjadi pelajaran dan pedoman penting bagi pelaku bisnis online.

    Nice artikel.
    Salam Istimewa!

  2. Saya termasuk orang yg meyakini bahwa:
    Bisnis online hrs ditunjang dengan kerja keras, sabar, fokus dan keep action.
    Selebihnya adalah hasil yg berbanding lurus dgn penunjang utama tersebut.

  3. Tepat Mas.., kuncinya adalah fokus. Jangan sampai berpindah-pindah sebelum bisnis yang ditekuni berhasil….., kecuali ketika memang harus putar haluan!

  4. sepakat mas. “man sobaro dhofiro” barang siapa yang bersabar pasti beruntung, apalagi kalo selalu fokus, kerja keras dan kerja cerdas. kesuksesan tinggal menunggu waktu aja.
    salam kenal mas

  5. Saya sendiri ikut bisnis online tidak tiba-tiba langsung berhasil. Saya ikut sebuah bisnis online MLM pada bulan Juni 2009. Tapi baru bisa dapat downline/referal baru pada bulan Desember 2009 ini. Itu artinya ada tenggang waktu 7 bulan sejak pertama bergabung hingga betul-betul mendapatkan hasil. Jelaslah berbisnis di internet itu butuh kesabaran dan kerja keras.

Tinggalkan komentar