Langkah Pengoptimalan SEO Blog Secara On Page

seo11Pengoptimalan SEO secara on page adalah memngoptimalkan seluruh teknik dan metode di dalam blog kita sendiri. Selain on page, ada juga teknik off page. Namun akan saya bahas pada artikel selanjutnya.
Seperti kita ketahui semua, teknik promo gratis dan mampu mendatangkan trafik ke blog kita adalah melalu search engine.

Kenapa search engine? Ya..karena hampir 60% pengguna internet mencari informasi atau sesuatu yang dicari di internet akan menggunakan search engine untuk membantu mendapatkan informasi yang dicarinya.

Nah, Untuk meraih posisi yang memuaskan dalam hasil pencarian di search engine, pengoptimalan on page seo sangat penting. Yang pasti, jika blog Anda masih terhitung belia, maka akan memerlukan waktu untuk mencapai posisi yang optimal di search engine. Namun tidak selalu lama, apalagi jika Anda telah mengoptimasi SEO Anda secara on page. Apalagi blog adalah sebuah web yang SEO friendly dibandingkan dengan website biasa. Berikut langkah-langkahnya :

  • Bidik kata kunci sesuai dengan topic yang akan Anda pilih, carilah kata kunci yang banyak dicari orang melalui search engine dan usahakan pesaing yang menggunakan kata kunci tersebut tidak terlalu banyak dengan cara mengecek melalui search engine. Paling tidak sekitar 600.000 – 1.000.000 hasil telusur untuk kata kunci yang Anda bidik. Untuk mencari tahu kata kunci-kata kunci apa saja yang paling popular, silakan cek di sini http://adwords.google.com/select/keywordtoolexternal
  • Untuk blog berbayar, usahakan menggunakan nama domain dengan kata kunci yang Anda bidik. Misalnya kata kunci yang Anda bidik “kata kunci”, maka gunakan nama domain www.katakunci.com. Tapi kalau blog untuk branding, gunakan nama Anda sendiri tidak masalah. Gunakan maksimal 3 kata atau kurang dari 3 kata.
  • Isi judul blog Anda dengan kata kunci atau setidaknya mengandung kata kunci yang Anda bidik. Pada kode html ditandai dengan tag didalam tag . Untuk blog wordpress bisa menggunakan plugin All In One SEO pack yang bisa di download di http://wordpress.org/extend/plugins
  • Maksimalkan kata kunci pada page heading. Page heading ini ditandai dengan tag <h1></h1> di antara tag <head></head> pada kode html blog Anda. Masukkan kalimat yang mengandung kata kunci yang Anda bidik.
  • Buat judul posting yang mengandung dengan kata kunci yang Anda bidik. Namun tetap tidak menyimpang dari topic blog Anda.
  • Sebarkan kata kunci di seluruh bagian dari isi posting Anda sesuai dengan judul dan topic postingan Anda. Jangan berlebihan karena akan di anggap SPAM oleh search engine. Hal ini akan menyebabkan Anda terkena penalty oleh search engine, bukannya dapat naik peringkat malah turun peringkat anda pada hasil pencarian. Idealnya 1 kata kunci untuk setiap paragraph. Ingat Anda menulis untuk pembaca, bukan untuk search engine.
  • Rutin mengisi artikel blog Anda setidaknya 3 hari sekali dan 1 hari sekali akan lebih baik karena search engine suka sekali mampir di blog yang sering di perbarui kontennya. Hal ini juga akan memperkaya jumlah kata kunci blog Anda di search engine. Dan yang pasti blog Anda akan cepat naik peringkatnya pada hasil pencarian search engine.
  • Daftarkan blog Anda pada mesin search engine terutama Google di http://google.com/addurl.html jika blog Anda sudah terdaftar dan diindex oleh Google, biasanya search engine lainnya seperti Yahoo atau MSN tidak lama lagi akan memasukkan blog Anda dalam database mereka.

Nah, silakan bagi Anda yang mau menambahkan sekiranya ada yang kurang dari apa yang saya sampaikan.

Selamat Mencoba.

41 pemikiran pada “Langkah Pengoptimalan SEO Blog Secara On Page

  1. cihui… Akhirnya Ilmu SEO keluar juga..

    suka atau tidak suka, ILMU SEO itu mesti dilalui jika ingin beraktifitas di dunia online.

    Semoga tetap semangat dalam berbagi mas Handoko..

    Salam Sukses

  2. Tips SEO yang lengkap mas, bisa dipraktekin nih.:sip:
    Untuk point no.1 memang penting sekali memilih kata kunci yang tepat sebelum kita membuat situs.

    -Keep Posting-

  3. Terima kasih ilmunya. Sangat bermanfaat.
    Mau tanya apakah meta keyword masih berguna saat ini? Karena dengar-dengar menurut rilist google, mereka sudah tidak menggunakan meta keyword. Mohon pencerahannya…

    • Untuk semua mesin pencarian saya kira tidak perlu mas. Yang terpenting terindex oleh Google, Yahoo dan Bing itu sudah lebih dari cukup karena 3 mesin pencari itu yang paling sering digunakan oleh pengguna internet.

      Situs akan terindex dengan baik jika sudah menerapkan seo standar baik on page atau of page. Untuk penjelasan lebih lengkap silakan kunjungi http://ambil.info/panduanseo

Tinggalkan komentar