Inilah Deskripsi dan Mindset Bisnis Online Untuk Para Newbie

IstilBisnis Online - Bisnis Internetah bisnis online atau bisnis internet semakin hari semakin dikenal oleh masyarakat, namun mayoritas apa yang diketahui oleh masyarakat tersebut terutama yang masih awal terjun dalam dunia bisnis online internet atau biasa dikenal dengan kalangan newbie adalah bisnis online merupakan jalan menuju sukses dan kaya. Tapi apakah itu benar? menurut saya pribadi ada benarnya ada juga salahnya.

Ketika seorang awam mengenal bisnis online, apa yang ada di mindsetnya adalah sebuah cara mudah dan simple untuk mendapatkan uang tanpa perlu kerja fisik dan terikat waktu layaknya aktifitas kerja di dunia offline. Disini akhirnya timbul apa yang namanya mimpi yang terlalu hiper sehingga pada akhirnya memupuskan mimpi itu sendiri.

Memang sudah menjadi rahasia umum bahwasanya pengartian bisnis online dalam masyarakat kita yang awam adalah merupakan bisnis cepat kaya karena memang banyak sekali situs – situs ataupun iklan – iklan yang menjual janji kaya dalam sekejap bertaburan di internet. Salah satu contohnya adalah dari mayoritas isi iklan PPC lokal yang berisi teknik marketing yang sangat menjanjikan kaya dari bisnis online cukup dengan duduk di depan kompie dengan hasil hingga jutaan perhari. Inilah hal yang tertanam langsung dalam mindset pemula yang memang belum mengenal seluk beluk rimba bisnis online itu sendiri.

Untuk itu saya ingin bertanya kepada Anda baik yang memang newbie ataupun yang sudah bertaraf master di dunia bisnis online, ” Apakah benar Anda pernah mendapatkan penghasilan hingga jutaan pada saat – saat pertama Anda berbisnis online?”

Jika berdasarkan pengalaman, saya sendiri membutuhkan waktu setahun hingga mampu menyentuh penghasilan 4 digit US Dollar ( masih dikepala satu ) dan itupun gabungan dari semua jenis bisnis online yang saya jalankan mulai dari PPC Adsense dan lokal, Amazon affiliate serta jasa – jasa saya seperti jasa pembuatan blog , Jasa Seo dan jasa profil linkwheel. Angka 4 digit itu pun masih belum stabil, terkadang bisa turun ke 3 digit.:)

Pada saat Anda memulai suatu bisnis apapun bentuknya, sebaiknya Anda berpikir pada hal – hal yang paling kecil terlebih dahulu daripada langsung memimpikan sesuatu yang besar. Contohnya : Lebih baik Anda mencoba menghasilkan Rp.100.000,- terlebih dahulu daripada berpikir untuk menghasilkan Rp.1.000.000,- pada saat awal terjun melakoni bisnis online. Berpikir dari hal yang kecil akan membuat Anda mampu untuk menanjak menuju target yang lebih besar.

“Semua bunga esok hari ada dalam benih hari ini. Semua hasil esok hari ada dalam pikiran hari ini”

Lakukan dan tekuni bisnis online karena memang Anda tertarik dan bukan hanya karena faktor ambisi untuk merubah finasial Anda dalam waktu sekejap. Ingat, berdasarkan apa yang saya alami sendiri dalam menjalankan bisnis online sejak dari awal hingga saat ini, semua itu perlu perjuangan waktu, energi dan juga modal materi untuk bisnis online itu sendiri. Jadi jangan berpikir apa yang akan Anda lewati dalam berbisnis online itu tidak memerlukan modal bahkan kalau saya boleh bilang…modal yang diperlukan untuk semakin mempercepat dan mempermudah target impian Anda sangat besar layaknya Anda bermodal untuk menjalankan bisnis offline pada umumnya.

Ketika mindset tersebut gagal Anda miliki, maka bisa dipastikan hanya kegagalan yang diterima dan pada akhirnya Anda pun bersikap antipati atau sentimen dengan apa itu bisnis online serta menyalahkan salah satu pihak yang Anda merasa telah dirugikan tanpa mengkoreksi terlebih dulu akar permasalahan dalam diri Anda sendiri.

Ingat, para pebisnis online yang sudah sukses itu rata – rata mereka mencapainya dalam waktu yang cukup panjang. Mereka sudah cukup lama bergelut dalam bisnisnya serta banyak kegagalan yang sudah terjadi pada mereka. Jika Anda sebagai pemula dalam bisnis online, saran saya jauhi pemikiran untuk mencapai kesuksesan apa yang dicapai oleh yang sudah sukses. Jadilah diri Anda sendiri, terus belajar, tetap fokus, pelajari yang sukses, amati dan tiru langkahnya dengan gaya Anda sendiri.

Kesimpulannya, bisnis online atau bisnis internet adalah sama halnya dengan bisnis lain pada umumnya baik itu bisnis yang dikelola secara offline maupun online. Jika Anda tidak memiliki jiwa sense of business dan mindsetnya, kegagalan akan terus menghantui langkah Anda. Sekali lagi, tidak ada yang mudah dalam dunia ini begitupun juga, tidak ada hal yang sulit jika kita mau melakukannya dengan perjuangan dan kesabaran yang memang memerlukan waktu tidak sebentar.

Akhir kata, tidak ada hal yang tidak mungkin diraih dan tidak bisa dilakukan ketika Anda benar – benar mencobanya hingga sukses Anda alami sendiri.

Semoga bermanfaat.

4 pemikiran pada “Inilah Deskripsi dan Mindset Bisnis Online Untuk Para Newbie”

  1. Terimakasih informasinya terkait bisnis online. tidak semua orang memahaminya. semoga artikel ini dapat memberikan tambahan pengetahuan tentang bisnis online

  2. Salam Kenal Mas Handoko, Saya EKo Yuliandri, dari Palembang.
    Saya menemukan blog mas melalui search engine google, dan ternyata disini saya banyak belajar tentang seluk beluk bisnis online.

    Saya setuju dengan Apa yang mas Handoko Tulis di mindset tersebut.
    Memang untuk menjalankan bisnis online perlu kesabaran dan yang pasti harus fokus. Fokuskan satu tipe bisnis online dulu, misalnya sebagai publisher adsense, kalau itu sudah benar benar menghasilkan baru kita bisa mengembangkan tipe bisnis yang laen seperti affiliate dll.
    Itu yang aku lakukan saat ini.

    Terimakasih Inspirasi nya Mas, …

Tinggalkan komentar