Fitur Notifikasi Pembajakan Situs di Google

Setelah beberapa bulan lalu Google menambahkan fitur screenshot halaman situs pada hasil pencariannya, kini Google kembali menambah sebuah fitur baru yang berkaitan dengan keamanan sebuah situs yaitu sebuah notifikasi atau peringatan pada hasil pencarian untuk situs yang dihack atau dibajak baik itu oleh virus, malware atau string lainnya.

Pada hari ini saat saya cek pada hasil pencarian baik itu untuk Google.com maupun Google.co.id sepertinya memang belum ada fitur itu ditampilkan, Mungkin hanya untuk pengunjung dari Amerika untuk Google.com saja karena memang fitur ini baru saja dirilis. Tapi biasanya dalam waktu dekat, fitur baru ini akan diterapkan pada semua region mesin pencari Google seperti fitur – fitur sebelumnya.

Fitur security yang sebenarnya sudah dihandle oleh Firefox ini keberadaannya tentu akan menguntungkan bagi pengguna mesin pencari Google, namun juga tentu akan sedikit menghawatirkan bagi para pemilik situs atau webmaster jika situsnya terdeteksi terinjeksi oleh malware atau virus. Namun Google juga akan memberikan notifikasi berupa pemberitahuan baik itu melalui Google Webmaster Tools atau melalui kontak yang tertera disitus jika sebuah situs teridentifikasi mengalami pembajakan atau hacking. Jadi bagi Anda para pemilik blog ataupun website, sangat penting sekali untuk mendaftarkan situs Anda di Google Webmaster Tools yang berguna untuk melakukan analisa situs Anda.

Notifikasi yang berupa link pemberitahuan ini akan terletak dibawah dari title situr dari hasil pencarian yang bertuliskan “This site may be compromised” untuk situs – situs yang tidak mengalami permasalahan. Berikut ini adalah contoh screenshot yang diberikan Google dalam penerapan fitur baru ini pada hasil pencariannya.

Fitur notifikasi pembajakan di Google

Tentu bagi webmaster yang mengalami permasalahan ini, Google juga menyediakan layanan review untuk situs Anda dan apabila memang sudah tidak terjadi masalah dalam situs Anda, maka notifikasi pada halaman pencarian untuk situs Anda akan otomatis dihilangkan dan berubah menjadi peringatan normal.

Jika terjadi, hal ini tentu akan mempengaruhi trafik dari mesin pencari bagi sebuah situs yang mengalami serangan pembajakan atau hacking. Untuk itu, bagi Anda pemilik situs khususnya yang berbasis WordPress, ada baiknya baca artikel untuk mengamankan blog WordPress dari serangan hacking, malware ataupun virus dan selalu lakukan upgrade WordPress Anda jika memang versi terbaru sudah tersedia.

Image by : Google Webmaster Central

2 pemikiran pada “Fitur Notifikasi Pembajakan Situs di Google

Tinggalkan komentar