Cara Mudah Dan Tepat Dalam Menulis Artikel Sendiri Untuk Blog Kamu

Cara Menulis Artikel BlogBanyak pemula yang ingin punya blog, atau bahasa kerennya ngeblog tapi terkendala hal yang paling umum yaitu tidak bisa membuat atau menulis artikel. Bahkan yang sederhana itu, apalagi kalau mau bikin yang menggelegar. šŸ™‚

Nah, di artikel ini, saya akan berikan petunjuknya yang InsyaAllah bisa bermanfaat untuk KamuĀ dalam menghasilkan artikel hebat untuk blog Kamu sendiri. Tanpa perlu jasa orang lain. KamuĀ sendiri yang menulis!

Baiklah…

Tentu KamuĀ sudah sering mendengar banyak anjuran mengenai bagaimana cara menulis artikel untuk blog KamuĀ bukan? ya…kira-kira seperti ini…

Tulis intro dulu yang menyampaikan kepada pembaca apa yang akan mereka pelajari. Gunakan isi utama artikel untuk menyampaikan apa yang sudah KamuĀ janjikan pada introduksi. Buat kesimpulan yang mengingatkan pembaca atas apa yang sudah dipelajari dari artikel tersebut. Ini yang umum dan lumrah dalam sebuah kandungan artikel.

Tentu saja itu sudah bagus kok, tapi masih terlalu sederhana dan jika KamuĀ memang menulis untuk blog, Anda harus melakukan sedikit improvisasi agar pembaca tidak bosan. Untuk itu, inilah langkah-langkah sistematisĀ yang biasa saya gunakan ketika menulis artikel blog:

  • Mulai Dengan Manfaat
  • Kunci Minat Pembaca
  • Berikan Contoh
  • DapatkanĀ Tindakan

Nah, bagaimana cara melakukan setiap langkah di atas tersebut? silahkan baca terus…

Langkah 1: Mulai Dengan Manfaat

KamuĀ harus mengawali dengan memberikan judul yang cukup menarik agar bisa mendapatkan perhatian, memancing minat baca dan tentunya membuat penasaran untuk terus membaca kedalam alur artikel Kamu. Sebuah judul yang memberikan manfaat dan memancing rasa penasaran.

Contoh pemberian manfaat bisa dilihat pada judul artikel ini: “Cara Mudah Dan TepatĀ Dalam Menulis Artikel Sendiri Untuk Blog Kamu” dimana itu memberikan manfaat banyak, yaitu kemudahan, hasil terbaik dan yang pasti cukup menulis sendiri.

Contoh lainnya yang menggugah rasa penasaran adalah: “Apakah Kamu Melakukan Kesalahan-Kesalahan Ini Saat Menulis Artikel Blog?” dimana kata kesalahan-kesalahan akan memancing rasa penasaran karena setiap orang tidak mungkin luput dari kesalahan bukan?

Paragraf awal dari artikel Kamu harus tetap terus relevan dengan judul yaitu mengantarkan suatu manfaat bagi mereka yang memutuskan untuk terus membaca. Pastinya setiap artikel wajib memberikan konten yang sesuai dengan judulnya. Untuk itu pastikan isi artikel memberikan janji yang dinyatakan pada judul dan intro artikel Kamu.

Lanjut…

Langkah 2: Kunci Minat Pembaca

Jika Kamu menulis artikel dengan gaya yang membosankan, Kamu akan membuat pembaca jenuh dan justru ingin segera meninggalkan blog Kamu.

Jadi, sangat penting bagi Kamu untuk memberikan informasi yang berbobot kepada pembaca yaitu memberikan suatu ilmu bermanfaat dengan cara menghibur biar pembaca tidak bosan. Istilahnya adalah Kamu harus bisa menghibur pembaca sementara Kamu juga mengedukasi mereka. šŸ™‚

Berikut tipsnya:

  • Buat hubungan emosional dengan pembaca. Cara terbaik melakukannya adalah dengan menyampaikan cerita dengan gaya personal layaknya Anda berbicara empat mata kepada pembaca. Karena begitu Anda mampu menjalin kontak empat mata melalui sebuah cerita personal, mereka akan merasa nyaman dan enjoy untuk terus membaca.
  • Tulis dengan bahasa percakapan yang umum. Hilangkan keinginan untuk menulis terlalu formal dan resmi layaknya surat kenegaraan. Biarkan aja itu yang menggunakan para eksekutif pemerintahan hehehe. Bayangkan layaknya KamuĀ menulis kepada seorang sahabat terbaik. Bikin gaya tulisan ringan dan ala percakapan. Jangan takut untuk menyelipkan guyonan dibeberapa spot artikel Kamu.

Lanjut…

Langkah 3:Ā Berikan Contoh

Mungkin kamu memberikan tutorial atau panduan langkah demi langkah untuk menyelesaikan suatu proses. Untuk menyempurnakan dan memaniskannya, Kamu mungkin juga perlu untuk menambahkan tips atau studi kasus. Jika kamu sudah baca artikel ini, tentu Kamu sudah melihat saya memberikan sebuah contoh kasus bagaimana contoh judul-judul artikel dengan kandungan manfaat serta rasa penasaran. Nah, tugas Kamu adalah membuat pembaca selesai dalam membaca artikel dengan kondisi yang sudah memahami dan mengerti apa yang disampaikan di artikel kamu. Jangan sampai pembaca masih kebingungan ketika sudah selesai membaca artikel kamu. Malah pusing nanti. šŸ™‚

Dan yang terakhir…

Langkah 4:Ā Dapatkan Tindakan

Setelah KamuĀ mencapai kesimpulan pada artikel, KamuĀ mungkin ingin membuat rekapan sederhana atas apa yang pembaca sudah pelajari dari artikel Kamu. Itu sudah bagus. Namun tentu kamu tidak ingin pembaca pergi begitu saja tanpa ada tanggapan atau respon bukan?

Untuk itulah Kamu harus berusaha memancing tanggapan dari mereka seperti:

  • Mempraktekkan atas apa yang sudah mereka pelajari
  • Join ke email list Kamu
  • Klik link dibagian akhir artikel
  • Belajar lagi dengan membaca artikel terkait lainnya

Mau tahu sebagian contoh dari 4 poin itu? cek aja dibagian bawah setelah artikel ini. šŸ™‚

Kesimpulan

Nah, sekarang Anda sudah punya ilmunya yaitu proses menulis artikel blog sendiri dengan mudah dan terbaik dengan 4 langkah mudah dan tepat yaitu:

  • Langkah 1: Mulai Dengan Manfaat
  • Langkah 2: Kunci Minat Pembaca
  • Langkah 3:Ā Berikan Contoh
  • Langkah 4:Ā Dapatkan Tindakan

Ohh, hampir lupa untuk langkah kelima yaitu TAKE ACTION alias praktek…praktek dan praktek.

Kini saatnya mempraktekkannya, jadi segera lakukan dan buat artikel hebat untuk blog Kamu sekarang dan Kamu akan terkejut dengan hasilnya. šŸ™‚

 

 

 

 

2 pemikiran pada “Cara Mudah Dan Tepat Dalam Menulis Artikel Sendiri Untuk Blog Kamu”

Tinggalkan komentar

13.200+ Pebisnis online
telah membacanya

Panduan Internet Marketing Newbie

Dapatkan Ebook ini cukup dengan masukkan Nama dan Email Anda agar saya bisa kirimkan ke email Anda.