Cara Memindahkan Blog WordPress ke Hosting Lainnya

Merasa tidak nyaman ketika memiliki website dengan hosting yang memiliki fasilitas tidak memuaskan seperti sering down, support yang tidak baik membuat kebanyakan orang untuk pindah hosting baru. Setelah pada posting sebelumnya belajar bagaimana cara membuat WordPress, belajar wordpress kita kali ini adalah bagaimana memindahkan hosting blog wordpress dari hosting lama ke hosting baru.

Sebelum memindahkan website wordpress dari hosting satu ke hosting lainnya yang harus diperhatikan adalah backup file terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kesalahan saat upload, kerusakan data, dan lain sebagainya. Hal yang perlu diperhatikan dalam proses pemindahan wordpress ke hosting lain adalah setting DNS domain, wp-content dan database, karena ketiga unsur pokok itu merupakan hal penting dalam proses pemindahan hosting.

Hal yang pertama kali dilakuan dalam belajar wordpress untuk mengganti dari hosting satu ke hosting lainnya yaitu, backup folder wp-content beserta semua file didalamnya pada hosting lama, berikut adalah cara yang dilakukan :

  • Masuk ke hosting management website anda, kami mencontohkan menggunakan Cpanel lalu Klik File Manager. Setelah itu klik folder public_html atau pada folder domain anda.

File Manager

  • Pilih pada folder wp-content untuk melakukan backup lalu klik “Compress” pada menu navigator diatas seperti gambar dibawah ini untuk proses backup file wp-content.

Backup WordPress

  • Setelah itu akan tampil seperti gambar dibawah, untuk proses penyimpanan file backup, tentunya bisa anda ganti nama dengan sesuai keinginan dan lokasi penempatan.

Backup WordPress

  • Setelah proses backup selesai, sekarang bisa anda “Download” seperti gambar dibawah ini, pastikan hasil compress file backup tadi yang telah anda download.

Download WordPress

  • Tunggulah hingga proses download file backup tersebut selesai ke dalam komputer anda.

Hal terpenting kedua dalam belajar wordpress untuk mengganti dari hosting satu ke hosting lainnya yaitu membackup database yang ada didalam hosting lama sehingga dapat di upload ke hosting baru, berikut adalah cara yang dilakukan :

  • Masuk ke Cpanel lalu klik menu backups

cPanel Backup WordPress

 

  •  Klik database wordpress yang akan dibackup, dan download database wordpress tersebut kedalam komputer anda.

cPanel Backup WordPressDalam belajar wordpress memindahkan data ke hosting baru pastikan tidak ada kerusakan terhadap file tersebut, langkah selanjutnya adalah dengan mengupload file wp-content yang didownload tadi lalu extract file wp-content.zip, bisa anda lihat didalam folder hasil extract tadi apakah ada error seperti pada gambar tidak bisa menampilkan berarti anda harus mendownloadnya kembali dan sebaliknya gambar bisa tampil maka tandanya download telah berhasil. Untuk databasenya sendiri dicoba untuk mendownloadnya kembali, bila ternyata ukuran file database sama, maka file database tersebut terdownload dengan baik, bila sebaliknya harus dicek kembali.

Dengan demikian file penting sudah anda backup untuk proses belajar wordpress memindah hosting, selanjutnya anda bisa memindah ke dalam hosting yang baru, ikutilah langkah-langkah dibawah ini :

Untuk memulai belajar wordpress pemindahan hosting, Selanjutnya anda perlu mengubah setting NS (Name Server) di menu domain manager lalu arahkan kepada nameserver hosting yang baru. Langkah selanjutnya setelah nameserver berubah adalah masuk ke menu fantastico atau bisa dengan mengupload file wordpress yang masih utuh dari website resminya wordpress.org lalu mengekstrak semuanya ke folder public_html didalam hosting yang baru, setelah semua terkonfigurasi dengan benar upload dua file yang sudah dibackup diawal tadi yaitu wp-content dan database ke dalam hosting baru anda.

Belajar wordpress pindah ke hosting baru dalam setting pada hosting baru :

a). Upload wp-content didalam hosting baru. Dengan cara :

  • Tambahkan domain anda ke hosting yang baru.
  • Install wordpress domain tersebut dengan wordpress terbaru.
  • Masuk ke Cpanel lalu klik menu file manager
  • Hapus folder Wp-Content
  • Upload dan extract kembali wp-content yang telah di backup dari hosting lama

b). Upload database didalam hosting baru. Dengan cara :

    • Masuk ke CPanel lalu pilih PHPMyAdmin
    • Masuk ke database WordPress baru anda.
    • Centang semua table lalu klik tanda silang (drop)

Drop Database WordPress

 

  • Setelah itu klik menu import seperti gambar dibawah ini.

PHPmyAdmin

 

  • Lalu pilih database yang sudah kamu backup tadi.
  • Upload hingga proses selesai.

Belajar wordpress memindahan hosting yang baru telah selesai, silakan akses blog wordpress anda dengan hosting baru tadi.

Jika Anda mau belajar bagaimana menggunakan WordPress dengan cepat, silahkan belajar WordPress melalui video-video tutorial wordpress pemula saya. 🙂

12 pemikiran pada “Cara Memindahkan Blog WordPress ke Hosting Lainnya

  1. maaf mas saya cuma mau nibta pertimbangan. Kebetulan saya lagi bikin blog tentang gadget, ada 2 pilihan untuk nama domain, dlogadget.asia dan gadgetry.asia. Sebaiknya saya pilih yg mana ya menurut mas handoko? makasih sebelumnya

  2. thanks for tutorialnya.. setelah saya coba untuk salah 1 website saya, hasilnya bagus. tapi website kedua uda coba berulang-ulang, kenapa mentok ketika sudah copy semua data dan restore database, malah ketika akses ke websitenya minta disuru isi detail instalasi wordpress yang baru ya ? kalau diisi malah masuknya ke wordpress tampilan baru, bukan tampilan lama website saya. url yg dituju adalah : http://www.namadomain.com/wp-admin/install.php

    Mohon advisenya mas.. Thanks

    • Kemungkinan konfigurasi database di wp-config.php belum benar mas !
      Coba di cek apakah db_name , db_user , dan tentunya db_host harus disesuaikan dengan hosting.

  3. Mas Handoko, sy mau tanya..kmrn kan saya buat website wordpress di subdomain..nah lalu saya pindahkan untuk jadi domain utama.
    Itu tahapannya gmn yah?
    Krn sy sudah coba dan berhasil sih, tp sepertinya ada koneksi yang masih nyangkut di subdomain. Karena ketika sy delete instalation yg di subdomain, link domain tsb tidak mau jalan (bs dibilang error).
    padahal data di cpanel sdh saya pindahkan di folder utama public_html
    dan database di wp_config pun sdh sy setup sesuai website yg digunakan.
    Itu knp yah?

Tinggalkan komentar