Apa Untungnya Blogger Tamu Untuk Anda?

Blogger TamuApa yang paling di inginkan seorang blogger buat blognya? Sudah pasti jawabannya hanya satu yaitu Trafik! Lho…yang lain? Pastinya ada, tapi tetap trafiklah yang menurut saya paling utama karena trafik bagi sebuah blog adalah tombak utama kelanggengan blog tersebut.

Tidak bisa dipungkiri bahwa trafik memang poin penting dan pekerjaan berat bagi sebuah blog dan sang pemilik untuk konsisten meningkatkannya. Tanpa trafik, blog Anda hanya pajangan online tanpa pernah ada yang tahu keberadaan blog Anda. Bahkan demi trafik ini, banyak blogger yang menggunakan berbagai cara mulai black hat hingga yang white hat. 🙂

Salah satu yang paling mudah dilakukan dan masih dalam konteks white hat tentunya adalah menjadi blogger tamu di blog – blog populer yang sudah memiliki trafik yang cukup tinggi dan stabil serta komunitasnya pun sudah terbentuk dengan kuat seperti milik Cosa Aranda atau Joko Susilo yang menurut saya mempunyai jenis trafik baik organik maupun trafik yang berasal dari lingkaran komunitasnya. Kalau blog saya masih didominasi oleh trafik organik yaitu 80% berasal dari mesin pencari.

Blogger tamu adalah salah satu solusi yang tepat untuk mendapatkan kedua jenis trafik ini baik itu dari mesin pencari maupun dari komunitas si super blog tersebut. Keduanya pun saling mendapatkan keuntungan karena bagi blogger tamu akan mendapatkan limpahan trafik asalkan topik tulisannya memang disesuaikan dengan topik bahasan utama dari superblog tersebut dan bagi pemilik super blog pun akan mendapatkan artikel baru dengan gratis yang akan memperkaya khasanah blognya. Jadi dua – duanya mendapatkan apa yang disebut dengan win – win solution.

Jika Anda lihai memanfaatkan posisi sebagai blogger tamu, maka Anda akan mendapatkan trafik yang benar – benar tertarget dan ini artinya juga untung di depan mata Anda selain jaringan komunitas blog Anda juga semakin berkembang pesat. Sebelum Anda menjadi blogger tamu, ada baiknya menyimak terlebih dahulu 10 tips jitu menjadi blogger tamu yang ditulis oleh kang Yudiono.

Dan pada akhirnya, menjadi blogger tamu pun juga membawa keuntungan bagi Anda ketika hubungan baik terjalin dengan pemilik blog yang populer dan ternama. Anda bisa melakukan kerjasama bisnis atau istilahnya joint venture dengan pemilik blog baik itu sekarang atau nanti akan diwujudkan seperti yang saat ini dilakukan oleh Arief Maulana atau Mashengky dan jika Anda sudah memasuki tahap ini, maka peluang terbaik khususnya untuk bisnis sudah di genggaman Anda.

Akhirnya, blogger tamu bukan mengenai satu hal saja seperti numpang beken atau numpang backlink namun ini mengenai menjalin relasi, menambah teman, membantu orang lain dengan berbagi apa yang kita ketahui melalui konten yang berkualitas, dan pastinya limpahan trafik yang termasuk hal yang paling utama serta menguntungkan dengan menjadi blogger tamu di blog populer.

Apakah Anda sudah pernah menjadi blogger tamu? bagaimana tanggapan Anda mengenai blogger tamu ini? Apakah kedua pihak baik itu si blogger tamu dan pemilik blog sama – sama diuntungkan atau hanya salah satu pihak saja?

Saya tunggu pendapat Anda. 🙂

8 pemikiran pada “Apa Untungnya Blogger Tamu Untuk Anda?

  1. Di postingnya Kang Yudiono, syarat nomor 3 percaya diri mungkin itu yang saya alami. Keinginan ada, mungkin karena baru belajar jadinya minder. Tapi pasti suatu saat menjadi blogger tamu adalah keharusan, yah itu tadi selain trafik, lebih pada silaturrahmi, dan menjalin relasi sehingga satu pintu rezeki terbuka lagi.

  2. Menurut saya, blogger tamu itu menguntungkan bagi:
    1. Blogger tamu sendiri: mendapat backlink, limpahan trafik, kredibilitas, dan promosi.

    2. Pemilik blog: mendapat materi yang berkualitas secara gratis.

    3. Pembaca blog: mendapat sesuatu yang baru (baik ide, wawasan, dan sudut pandang) dari blogger tamu. Dengan demikian, ia tidak bosan dengan blog yang menyediakan blogger tamu.

    Secara pribadi, saya mendapatkan keuntungan dengan menjadi blogger tamu di Blogguebo sebanyak 3 kali. Salah satunya, pelanggan RSS saya meningkat secara signifikan.

    Btw, terima kasih backlinknya Mas, saya baru mengetahuinya di hasil SERP Google.

Tinggalkan komentar