Apa Itu Linkwheel dan Fungsinya?

Linkwheel adalahSebagai blogger yang mengutamakan sumber trafik dari optimasi seo off page untuk mesin pencari, linkwheel tentu sudah tidak asing lagi dan bahkan linkwheel merupakan sebagian dari teknik advance dari seo itu sendiri. Linkwheel pada dasarnya adalah suatu halaman yang memiliki backlink menuju situs kita dan dari halaman tersebut terhubung melalui link dengan halaman lain yang juga memiliki backlink menuju situs kita yang skema mirip seperti roda dengan jari jemari yang saling tertaut dengan hyperlink.

Penggunaan linkwheel ini biasanya diterapkan pada halaman situs yang memiliki otoritas tinggi dengan konten relevan seperti :

  • Blogger
  • Squidoo
  • HubPages
  • Tumblr
  • Livejournal
  • Quizilla
  • Blog.com
  • Xanga.

Dan masih banyak lagi tergantung kebutuhan dari optimasi situs utamanya. Saat ini bahkan untuk link profil pun bisa dimanfaatkan untuk linkwheel agar efek seo lebih mantap selain linkwheel yang biasa diterapkan antar blog dalam satu jaringan milik kita sendiri. Sebenarnya tidak perlu terpaku pada situs web 2.0 otoritas tersebut, namun Anda juga bisa menerapkannya pada situs press release atau direktori artikel dimana setiap halaman artikel bisa ditautkan dengan halaman lainnya asal memang relevan antar kontennya, kalau tidak ya bisa dianggap spamming.

linkwheel

Dalam penerapan teknik linkwheel ini, banyak juga perbedaan pendapat yang muncul seputar efektifitas dari fungsi linkwheel ini seperti tidak berefek apapun karena teknik ini sudah teridentifikasi oleh Google sebagai manipulasi link building, namun jika kita melakukannya dengan benar saya rasa tidak ada masalah dan tetap akan terhitung sebagai salah satu sumber backlink yang cukup ampuh untuk optimasi rangking di mesin pencari terutama untuk situs micro niche dengan keyword yang tidak terlalu kompetitif dan juga Google tidaklah terlalu pintar untuk menganggap linkwheel adalah manipulasi atau tidak.:)

Saat ini bahkan sudah ada skema linkwheel yang lebih advance lagi yaitu seperti linkwheel yang brtumpuk yang belakangan disebut dengan link pyramid dengan menerapkan konsep konten relevansi seperti pada Google Wonder Wheel yang skema blueprintnya bisa Anda lihat pada gambar berikut ini :

linkwheel

Yang satu ini memang terlihat rumit dan membingungkan, namun sekali jadi maka efek seonya pun sangat kuat untuk meningkatkan rangking di mesin pencari serta memperkuatnya supaya tidak mudah rontok.

Oya, jika Anda ingin menggunakan jasa seo link building karena keterbatasan waktu atau males optimasi karena Anda ingin fokus pada situs Anda, Anda bisa menggunakan jasa seo milik saya di mana untuk pilihan paket jasa backlink bervariatif serta harganya sangat terjangkau.

Nah, bagaimana dengan Anda, apakah sudah sering menggunakan teknik linkwheel ini untuk optimasi seo situs Anda? dan bagaimana efektifitasnya menurut Anda?

Images Source : seosemid.com

44 pemikiran pada “Apa Itu Linkwheel dan Fungsinya?

  1. Nice share gan.. Teknik SEO terus berkembang..Wonder Wheel..Rumit banget ya ? klo ane denger ada istilah lagi ..Layer Link..pasti lebih rumit..? :))

    Btw..sukses service nya gan..!

  2. wuiihh..info bagus nih mas..
    makasih banyak..

    meski belum bgitu paham pejelasan nya tpi ane dah maksud…
    ntar coba ane pelajari sendri..

    makasih y mas..

    sekalian mo ngasih info nih mas…

    sapa tau butuh jasa penulisan Konten pd blog atau web..
    ini bisa di coba

    Recommended ^_^

  3. wah teknik link wheel saya memang sangat penasaran sekali, pernah coba pake jasa link wheelm tp blm ada perubahan di peningkatan serp web saya, yg ada web 2.0 nya ada beberapa yg di dibanned, jd bingung tp saya harus tetep coba, mungkin skemanya harus lebih di persulit lg

  4. Saya sendiri baru tahu tentang linkwhell setelah nonton video dari cafebisnis….. Lagi cari waktu yang pas (kalau pekerjaan kantor sedang longgar) baru akan menerapkannya bro… Seperti yang dikatakan bro Lutvi memang untuk pembangunan linkwhel harus dibangun senatural mungkin biar bisa memberikan backlink yang berkualitas…

  5. linkwheel ini apakah masih di lakukan pada zaman google panda seperti sekarang ini? karena mnrt aq pribadi dua aspek antara linkwheel dan one way baclink masih sangat mendominasi demi menaikkan kedudukan kita di mata search engine melalui BL dari para web 2.0, am i right? correct me if i’m wrong

  6. mau nanya nich mas, kira2 berapa jumlah blog yang digunakan untuk link wheel ini untuk bermain di kontes SEO ?

    soalnya ane sering gunakan teknik ini tapi cuman menggunakan 30an blog, memang ampuh teknik ini untuk menembus page 1, bahkan nomor 1, tapi dengan menggunakan 30an blog saja, blog saya hanya bisa bertahan beberapa hari setelah itu menurun. . .

    berapa jumlah blog yg bagus untuk kontes seo besar yg saingan 1 jt-an ?

    mohon pencerahannya mastah….

    • saya bantu jawab deh, sebenarnya kontes seo itu gak cukup cuma link wheel apalagi cuma 30, kalau mau linkwhell minimal di atas 100… Selain itu untuk bertahan di kontes seo juga harus punya list domain kita sendiri yang fresh atau ternak link dan juga spam kunci utama sukses menang di page 1 🙂
      dan tinggal berdoa supaya di page pertama google .co id dan google .com

  7. terima kasih atas infonya sangat bermaanfaat buat saya…saya mau tanya kalau link whell seperti diatas apa itu kurang bagus karna web 2.0 itu melingkar…atau yang bagus 1 arah seperti pyramid…mohon penjelasanya

Tinggalkan komentar