Anda Ngeblog Sekedar untuk Menulis atau Juga Monetisasi?

ngeblog dan monetisasiSebenarnya Anda menggunakan blog untuk sekedar menulis atau juga untuk monetisasi telah lama mengundang kontroversi dan perbedaan pendapat antara blogger yang memang murni menggunakan media blog untuk sekedar berbagi dan menuliskan pengalaman, sharing atau bersenang – senang dengan yang memang juga untuk monetisasi.

Memang pada dasarnya penggunaan blog dan kita sendiri sebagai blogger mau menggunakan blog kita untuk apa itu sih hak dan terserah si pemilik blog. Namun ada pendapat dari kalangan tertentu bahwa blogging tersebut sebenarnya seharusnya hanya untuk murni berbagi baik itu pengalaman atau pengetahuan tanpa ada embel – embel cari duit dari blog alias monetisasi.

Monetisasi blog banyak dianggap sebagai hal yang merusak tujuan dasar dari ngeblog pada umumnya yang memang digunakan hanya untuk menuangkan sebuah pikiran maupun pemikiran dengan format buku harian yang personal.

Tapi menurut saya, seiring dengan perkembangan dari blog yang dikelola seperti peningkatan trafik maka tidak ada salahnya jika kita mulai melakukan monetisasi terhadap blog tersebut karena toh kedua hal tersebut yaitu ngeblog dan monetisasi bisa kita lakukan secara bersamaan tanpa mengganggu atau pun merusak aktifitas ngeblog kita.

Tentu saja monetisasi juga harus dimulai pada saat yang tepat dengan perencanaan yang matang karena tanpa perencanaan yang matang atau kasarannya jika Anda memonetisasi sebuah blog baru tanpa ada optimasi baik dari segi konten maupun trafik, maka hasilnya pun tidak optimal bahkan mungkin tidak menghasilkan sama sekali.

Oya…ide untuk menulis artikel ini muncul setelah saya bertemu dengan Cosa Aranda dan membahas mengenai blog monetizing secara khusus….intinya dalam pembahasan itu, mas Cosa memberikan kunci Utama untuk sukses ngeblog yaitu “Kita harus mencintai ngeblog dan blog kita”.

Dari kecintaan beliau terhadap ngeblog itulah maka beliau bisa sesukses sekarang hanya gara – gara monetisasi blog mulai dari nol.
Saya sendiri lebih suka dan tertarik melakukan keduanya….ngeblog sambil nyari duit…he..he..

Jadi bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah ngeblog doing atau mau sekaligus memonetisasinya?

Sepertinya jika Anda termasuk golongan blogger yang sudah kaya raya bukan dari monetisasi blog ataupun bisnis online…sepertinya ngga perlu melakukan blog monetisasi kali ya…?

Sambil monetisasi sekaligus mencari efek blogging terhadap motivasi diri untuk selalu aktif berbagi adalah yang terbaik.

Info Artikel Terbaru!!!

Suka Dengan Artikel Saya?
Jika Ya, Silakan masukkan Email Anda Untuk Mendapatkan Update Terbaru Artikel Saya Via Email Anda:

Delivered by FeedBurner

17 pemikiran pada “Anda Ngeblog Sekedar untuk Menulis atau Juga Monetisasi?

  1. klo aq sich cm sbg wadah bljr hal2 lain yg blm aq pahami, truz bljr ttg blog krn itu adlh hal br bagiku. truz bljr ttg blog. klo dpt duit ya alhamdulillah, klo gk dpt duit toh jg gk da ruginya buat aku. yg pntg aq dpt ilmu baru ja dah bnyk syukur kpd Allah SWT

  2. Kalau saya terjun ke dunia blog karena 8 bulan lau di ledek teman. dan di panas-pasasi. awalnya tujuan saya mau balas dendam, dan buktiin kalau saya juga bisa buat blog yang bagus. ehh sekarang malah jadi hoby. rasanya tuh aneh low ga buka blog tiap hari. low orang mungkin kecanduan facebook, low kang salman mah kecaduan blog. hehe

  3. setelah sekian lama penasaran dan mencari kemana-mana akhirnya di temukan juga blog pak handoko ini.. Pilihan yang bagus Ngeblog sambil monetisasi.

    Harus banyak belajar sama pak Tantra nih.

Tinggalkan komentar