Tips Meningkatkan Trafik Pengunjung Dari Algoritma Terbaru Google Caffeine

Tips meningkatkan trafik dari Google CaffeineAda salah satu komentator yang menanyakan bahwa algoritma terbaru Google Caffeine memberikan efek yang drastic terhadap pengunjung blognya. Sayangnya, itu adalah penurunan drastic terhadap pengunjung blognya. Lalu mengapa kok bisa terjadi penurunan drastis tersebut gara – gara algoritma terbaru Google?

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang sangat signifikan antara algoritma Google yang dulu dengan caffeine ini. Hanya saja pada algoritma caffeine ini google menambah satu poin lagi yang mempengaruhi pemeringkatan di hasil pencarian yaitu Interaksi atau Aktifitas situs tersebut setelah dua poin sebelumnya yang biasa digunakan sebagai algoritma Google yaitu on page seo ( Optimasi konten ) dan off page seo ( Backlink ).

Aktifitas ini terkait dengan interaksi atau kegiatan dalam suatu situs yang dilakukan oleh manusia sesungguhnya ( User generated content ) bukan robot atau software. Contoh dari aktifitas ini adalah trafik, Jumlah RSS subscriber, Komentar dan update konten itu sendiri. Faktor inilah yang sekarang juga mempengaruhi hasil perangkingan situs pada mesin pencari.

Berikut ini ada beberapa tips untuk meningkatkan trafik pengunjung berdasarkan algoritma terbaru Google caffeine.

  • Optimasi situs dengan seo on page baik itu title, deskripsi dan kata kunci pada meta tags, struktur halaman serta konten dan kecepatan loading situs Anda.
  • Optimasi situs dengan seo off page melalui link building atau backlink yang berkualitas. Tidak perlu membombardir situs Anda dengan ribuan backlink namun cukup beberapa backlink asalkan berkualitas yaitu berasal dari situs yang memiliki otoritas tinggi di mata mesin pencari serta memiliki konten yang relevan terhadap situs Anda.
  • Submit sitemap ke 3 mesin pencari besar seperti Google, Yahoo dan Bing.
  • Tulis Konten yang benar tiada duanya dari strukturnya alias unik serta yang pasti bermanfaat bagi pengunjung Anda.

Jadi inti dari Google Caffeine ini adalah situs yang segar atau selalu fresh dengan update dan aktifitas baik itu dari pengunjung, komentar maupun pemilik situs. Selain itu, ada perubahan pada Google sendiri melalui fasilitasnya mengenai algoritma Caffeine ini yaitu Kecepatan menampilkan hasil pencarian yang lebih cepat, relevan dan akurat.

Apabila situs Anda memiliki standar seperti yang diinginkan Google dalam algoritma terbarunya yaitu Caffeine, maka trafik organic dari Google pun pasti akan selalu berdatangan dan yang pasti trafik ini gratis yang mampu membuat situs Anda popular dan juga memberikan penghasilan untuk Anda. 🙂

23 pemikiran pada “Tips Meningkatkan Trafik Pengunjung Dari Algoritma Terbaru Google Caffeine

  1. tips yang bermanfaat buat saya pak. saya pengen sekali kedatangan pengunjung yang banyak. moga dengan mengikuti tips dari situs Handoko Tantra blog saya bisa populer. thanks.

  2. artikel mantap nih..
    jadi punya gambaran untuk algoritma googgle terbaru…
    gan saya punya pertanyaan…
    kalo misalnya algoritma terbaru itu melibatkan interaksi dari sebua website…
    jadi blog yang dinamis bisa dikatakan lebih unggul daripada website yang statis dong?
    karena kan masalah update n user generated contentnya jauh lebih baik..
    mohon pencerahan ya gan….

  3. Mas…Panduannya bagus..tapi agak bingung mas…
    Apakah kesemua cara tersebut memang efektif untuk membangun back link?..
    Maksudnya apakah langsung ada hasilnya dari sisi trafik ke website kita?…Dan bagaimana dengan Alexa rangking blog kita mas? apakah ada pengaruhnya?..saya udah coba memasing back link dibeberapa situs social bookmarking…tapi nggak ngerti mas…bagaimana pengaruh nya dari sisi traffik..karena sampai sekarang..traffiknya masih dibawah 100 perharinya…Terimakasih mas atas panduan backlinknya..THANKS

  4. ini kabar bagus untuk blogger yang punya orisinalitas konten yang selama ini mungkin masih terbenam di halaman ke sekian mesin pencari. Sistem baru dari google ini memicu dan memacu kreativitas dan orisinalitas blogger. Benar ngak Mas Handoko. kalo salah dikoreksi ya mas. Trims artikelnya sekarang aku rutin mendapatkan your artikel via email.

Tinggalkan komentar