Tips Memberikan Eksternal Link Dalam Posting Anda

Tips Ekternal LinkEksternal link terbukti memberikan efek dalam seo bagi posting blog Anda dan banyak master seo mengatakan bahwa setidaknya untuk setiap artikel dengan 300 kata memiliki maksimal dua ekternal link menuju situs lain yang tentunya relevan dengan konten posting kita. Bukan hanya untuk mengejar seo saja dengan menempatkan ekternal link menuju situs otoritas seperti Wikipedia atau About.com misalnya.

Menentukan jumlah eksternal link dalam suatu dalam suatu halaman posting juga perlu memperhatikan kuotanya karena jika terlalu banyak link yang menuju keluar pun efek seonya juga tidak akan memuaskan. Selain berpengaruh terhadap seo, karena sebuah blog adalah sumber informasi yang terpercaya dan selalu update, maka eksternal link yang terlalu ekstrem akan berpengaruh terhadap pembaca dan kualitas blog Anda seperti mempengaruhi presentase bounce rate dimana pengunjung lebih banyak meninggalkan situs Anda melalui link eksternal situs lain tersebut tanpa membuka halaman lain di blog Anda.

Berikut ini ada beberapa tips untuk Anda perhatikan bagaimana memberikan eksternal link dalam suatu postingan yang efektif.

  • Hindari Situs Dengan Promosi Komersial yang Berlebihan

Jika Anda memang harus memberikan referensi terhadap situs atau blog lain, maka perhatikan situs tersebut terlebih dahulu apakah banyak unsur promo komersilnya atau tidak karena jika Anda mereferensikan situs seperti ini dijamin akan membuat pengunjung risih apalagi jika promo tersebut tidak nyambung dengan konten Anda sama sekali.

  • Sesuaikan Dengan Level Blog Anda

Berikan link ekternal hanya menuju ke blog yang tingkatan levelnya sama dengan Anda atau setidaknya lebih tinggi sedikit kualitasnya dengan blog Anda. Ini agar pengunjung Anda tetap setia menjadi pembaca blog Anda dan tidak berpindah ke blog lain hanya karena blog lain lebih bermutu tanpa pernah lagi melirik blog Anda. Intinya sesuaikan dengan target pengunjung Anda apakah newbie, advance atau master.

  • Hindari Sesama Niche atau Topik

Ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya juga, hanya saja ini adalah yang benar – benar 100% sama topiknya bukan relevan karena relevan konteksnya adalah yang masih berhubungan topiknya. Jika blog Anda membahas mengenai tutorial wordpress, maka sebaiknya jangan memberikan ekternal link juga kepada blog lain yang membahas hal yang sama namun sebaiknya topic lain yang masih berhubungan dengan tutorial wordpress seperti teknik blogging atau pembahasan template untuk wordpress.

  • Gunakan Referensi yang Berbeda

Tidak jarang saya menemukan blog yang hanya melakukan ekternal link hanya kepada satu situs tertentu saja namun beda halaman artikel. Alangkah lebih baik jika kita menggunakan referensi relevan dari situs yang berbeda – beda karena setiap karakter tulisan pun juga akan lebih beragam dan tidak membosankan. Contoh, jika Anda menyukai blog saya ini, maka dalam setiap posting Anda selalu mereferensikan situs saya meskipun itu menuju ke artike yang berbeda. Sebaiknya di split saja referensinya dari situs – situs yang berbeda namun tetap menjaga relevansinya.

Selamat mencoba.:)

18 pemikiran pada “Tips Memberikan Eksternal Link Dalam Posting Anda

  1. yang no. 2 sama 3 sepertinya memang perlu diperhatikan ya Mas? Blog kita bisa kehilangan pembaca setia hanya karena kualitas konten yang berbeda jika blog yang kita referensikan lebih master dan lebih parahnya lagi blog tersebut setopik dengan blog kita.

    Kayaknya bisa jadi saingan nih…
    Makasih Mas atas tipsnya, sangat bermanfaat. Dan salam kenal

  2. memang kedua merek mobil tersebut mempunyai pasaran yang tinggi… tapi tidak semua merek yang mempunyai pasaran tinggi yang bener bener memiliki kwalitas level atas???

  3. gan, sory prtanyaannya lain.
    gan, saya nge cek bahwa blog agan ini sudh mantap. external link OK, trus pengaturn h3 – h6 jg OK. gan, boleh nanya kalo mengatur tag h3 – h6. gmn ya gan? hehehe sory agan pertanyaannya. maklum mash newbie…
    thank’s gan…

Tinggalkan komentar