Optimasi SEO Dengan Backlink

seobacklink

Jumpa lagi nih…kali ini saya ingin membahas masalah seputar SEO, pembahasan kali ini merupakan bagian dari Teknik pengoptimalan SEO secara Off Page yaitu backlink. Pengoptimalan SEO dengan mencari backlink yang tepat sasaran.
Sering terjadi pencarian backlink kurang tepat, seperti mengumpulkan banyak-banyak baclink namun sasaran penempatan backlink tidak tepat yang pada akhirnya tidak berpengaruh apa-apa terhadap pengoptimalan SEO.


Dalam hal mencari backlink yang tepat, banyak aspek yang harus dipertimbangkan antara lain :

  • Situs untuk backlink harus sesuai dengan topik situs kita. Misalnya, blog kita bertopik masalah kesehatan, maka cari backlink yang bertema kesehatan juga. Cara mencari blog lain yang satu topik dengan kita adalah dengan mencari melalui search engine dengan mengetikkan kata kunci “kesehatan”.
  • Cari blog setopik dengan pagerank minimal 3 jika status pagerank blog kita masih dibawah 3. Jika blog kita sudah memiliki pagerank 3, silakan cari blog yang memiliki pagerank lebih tinggi dari 3.
  • Pastikan penempatan backlink tersebut dihalaman blog dengan pagerank yang tinggi. Akan percuma kalau penempatan backlink dihalaman yang pageranknya rendah atau pagerank nol. Hal ini tidak akan membuat blog kita menjadi penting di mata search engine.
  • Usahakan penempatan backlink tidak bersama dengan link partner dengan jumlah banyak hingga mencapai 50 link. Pada prinsipnya pagerank suatu halaman akan dibagi rata dengan seluruh link yang ada dihalaman tersebut. Jadi semakin banyak link maka pembagian akan semakin banyak, artinya jatah efek dari pagerank tinggi tersebuta akan semakin berkurang dikarenakan terbagi-bagi oleh banyak link-link lainnya.
  • Selalu gunakan Anchor Text dalam penempatan backlink kita. Anchor Text adalah teks yang tampil di link kita. Contohnya BLOG MOTIVASI BISNIS adalah Anchor Text link yang menuju blog saya.
  • Satu hal lagi, cari blog yang menggunakan Do Follow dalam penempatan backlink kita. Untuk mencari daftar blog-blog yang menggunakan Do Follow, Silakan mencari di search engine dengan kata kunci “daftar blog do follow”. Anda akan menemukan daftar-daftar blog do follow.

Untuk menerapkan teknik pencarian backlink yang tepat seperti diatas memang sulit dan memakan waktu yang lama, akan tetapi akan lebih baik Anda hanya memiliki puluhan backlink berkualitas dengan teknik diatas dibanding Anda memiliki ribuan backlink namun tidak sesuai dengan teknik pencarian di atas tersebut.
Untuk blog Anda yang baru, Lakukan optimasi SEO secara bertahap agar blog baru Anda tidak dicurigai oleh search engine terutama Google. Akan terlihat aneh jika blog yang baru lahir namun sudah teroptimasi dengan baik. Semua perlu proses untuk mencapai hasil yang terbaik, lakukan sewajarnya atau blog Anda akan masuk “Sand Box” nya Google. Sand Box adalah tempat pengkarantinaan situs yang dicurigai dan diduga berbuat curang oleh Google.
Ok…silakan dicoba, jika ada tambahan yang mungkin belum saya sebutkan, silahkan menambahkan…

39 pemikiran pada “Optimasi SEO Dengan Backlink

  1. Untuk SEO, biar postingan kita nongol di papan atas google search, lebih ke backlink dengan anchor text di blog dofollow. Sedangkan untuk blog dengan klasifikasi PR tinggi, hanya meningkatkan PR.

    Jadi optimasi untuk meraih halaman depan dan meraih PR yang tinggi, adalah sesuatu yang berbeda. Betul ngga? :mikir:

    Hehe..ngga tahu ding, gimana Mas Handoko? :hehe:

  2. Bicara SEO memang selalu menarik untk di ulas.
    apalagi kalau sudah masuk zona teknikal.

    Bagi saya, menerapkan SEO selayaknya Natural aja, karena dengan begitu, kita akan lebih mudah menerapkannya dan lebih cepat memahaminya. intinya adalah Paham Dan Terapkan. Bukan begitu mas Handoko??

    Salam Hangat,
    Fadly Muin Blog Motivasi Mental

  3. Ping-balik: Apa Itu Backlink?
  4. weih ..artikel blog ini memang dahsyat ..untuk pemula di bisnis toko online seperti saya info ini sangat bermanfaat , saya sudah praktekan ditambah backlink dari iklan baris ..woww hasil jualan toko online saya sudah menyamai gaji saya waktu masih kerja padahal baru 3 bulan online ..mantaf….salam

  5. Saya sudah mencoba menerapkan dengan “mengkampanyekan” blog saya di blog dgn PR yg lebih tinggi, tapi setelah saya cek backlinknya di hxxp://backlinkwatch.com/, satupun tidak ada disana. Atau saya sudah tukar link dengan blogger lain, tapi BL saya yang ada di mereka tidak masuk dalam dalam daftar. Hampir seluruhnya BL saya hanya dari jejak ‘comment” aja. Kenapa begitu bro? Sekitar 2 bulan yang lalu BL saya 198, tapi sekarang cuma 80-an. Saya ada utak-atik SEO di blog, misal Judul blog, deskripsi dan keyword. Apa karena itu ya? Terima kasih untuk info selanjutnya.

    • Tidak semua backlink terindex, tapi asalkan sudah diping, sebenarnya sudah di index oleh SE. Hanya saja tidak semua backlink pasti muncul di tools pengecek backlink.:)

Tinggalkan komentar