Mengapa Memilih Domain Expired Itu Juga Penting?

Memilih domain expiredSebenarnya secara kasat mata atau dalam pandangan awam, mau beli domain baru atau beli domain bekas atau domain expired pasti dianggap tidak ada bedanya alias sama saja namun bagi seorang webmaster yang berpengalaman dalam membangun dan mengelola website, memilih domain merupakan salah satu pertimbangan utama yang perlu selektifitas dalam pemilihannya.

Secara umum, memilih domain tentu pertimbangannya adalah untuk kepentingan branding seperti domain blog saya ini atau untuk kepentingan optimasi SEO. Itulah pertimbangan umum dalam pemilihan sebuah domain, namun bagi saya selain dua komponen tersebut di atas, ada satu lagi yang juga perlu dijadikan sebuah pertimbangan ketika akan membeli sebuah domain yaitu saya cenderung lebih mengincar domain bekas yaitu yang expired alias tidak diperpanjang oleh pemilik sebelumnya yang biasanya karena lupa untuk memperpanjangnya. πŸ™‚

Kenapa saya cenderung memilih domain bekas atau expired ini?

Alasannya adalah karena faktor usia yang dimiliki oleh sebuah domain expired. Seperti pernah saya bahas pada pertemuan saya dengan salah satu master blogging Indonesia yaitu Cosa Aranda mengenai pemilihan domain berusia, Domain yang sudah memiliki usia merupakan domain yang biasanya sudah terindex mesin pencari, memiliki cache atau tembolok dan biasanya juga sudah terpercaya oleh Google ketika domain tersebut umurnya lebih dari 3 tahun.

Selain itu, domain expired ini rata – rata sudah memiliki backlink meskipun jumlahnya relatif, ada yang sudah memiliki pagerank, ada yang memiliki 4 letter yang sekarang ini domain 4 letter sudah tidak tersedia lagi untuk yang baru dan bahkan diantaranya masih memiliki trafik yang artinya ketika kita membangun sebuah website atau blog baru dengan domain ini, maka pekerjaan kita menjadi lebih ringan alias udah jalan separuh dalam proses optimisasinya. Selain bisa digunakan sendiri, domain ini juga bisa lho Anda jual kembali dengan keuntungan ratusan ribu di forum – forum yang memiliki thread jual beli domain.

Lalu apa sih efek dan manfaat dari penggunaan domain bekas atau expired untuk situs yang kita bangun?

Jawaban saya cuma satu yaitu mudah untuk dioptimasi dalam hal SEOnya karena seperti sudah sering saya membangun blog menggunakan domain expired ini dan pengalaman yang saya ambil adalah setiap artikel yang baru diterbitkan dalam blog tersebut cepat sekali terindex oleh mesin pencari ditambah lagi proses perangkingan untuk kata kunci yang ditarget juga mudah untuk menempati posisi yang mantap yaitu di halaman pertama mesin pencari. Apalagi kalau domainnya berusia 5 tahun keatas, dijamin tambah maknyus tuh.:D

Lalu dimana bisa mendapatkan domain expired yang bisa dibeli ini?

Banyak sih, namun biasanya saya berburu domain expired ini di Godaddy atau Name.com karena menurut saya selain karena mereka memang menawarkan domain – domain expired juga karena pilihannya yang cukup banyak dengan harga yang variatif. Bahkan untuk digodaddy harga termurah untuk domain expired ini adalah sebesar $5 atau sekitar Rp.45.000,- dengan kurs saat ini yaitu Rp.9.000,- murah kan? πŸ™‚

Tapi harga tersebut masih belum termasuk perpanjangan sih kecuali di name.com yang sudah termasuk perpanjangan namun belum termasuk private WHOISnya. Supaya lebih mantap dalam memilih domain bekas ini, silahkan baca 5 tips memilih dan membeli domain bekas yang pernah saya bahas dulu.

Nah…apakah Anda selama ini selalu membeli domain baru atau expired? Apakah manfaatnya dari pandangan Anda mengenai domain expired ini? Silahkan berkomentar. πŸ™‚

15 pemikiran pada “Mengapa Memilih Domain Expired Itu Juga Penting?

  1. artikel blog'nya keren keren mas… πŸ™‚

    banyak info menarik… n rajin update

    ga kyk blog sy yg uda berbulan bulan jablay jarang d update… xixixixi πŸ™‚

  2. Nah bagaimana kalo kita membeli domain exprired yang mantan banned dari google atu dengan bad reputasi atau mantan spammer …wikss wiks…pasti kecewa banget…ga bakal ke index google deh.

  3. info menarik juga bro dan aku juga berburu domain nie di godady, dan sekalian numpang jualan nie, hehe dan ini domainnya loe http://www.galerybuku.com dan pr 2 dan juga umur 1 thn 4bln dan juga itu gue jual domainnya aja sebesar 35dolar via paypal dan itu expirednya masih 1 tahun lagi, dan klo tertarik hubungi gue di 0857 3388 9597 dan pembayaran bisa via paypal atau bca. itu domain berprospek bagus karena cuman 2 kata dan juga bisa dibuat situs dengan tema review buku atau situs e-commerce yg menjual buku dan segalanya yg berhubungan dengan buku. silahlkan cek prnya aja ok krn itu valid pr 2.makasi mico(siapa cepat dia dapat ok).

Tinggalkan komentar