Mengapa Email Marketing Sangat Penting untuk Rencana Pemasaran Anda?

?Jika Anda belum menggunakan email dalam rencana pemasaran Anda, Anda pasti penasaran mengapa email begitu penting dalam hal pemasaran...dan tidak lama, Anda pasti ingin menggunakannya sebagai senjata pemasaran online Anda. 🙂

Bagian pendahuluan menjelaskan sejarah email marketing dan keuntungan email marketing.

Baca juga: Apa Itu Email Marketing?

Bagian akhir menjelaskan studi kasus tentang kesuksesan email marketing dalam meningkatkan pendapatan dan penjualan perusahaan.

Mengapa Email Marketing Sangat Penting untuk Rencana Pemasaran Anda

Riwayat Email Marketing: Evolusi Komunikasi Email

Email marketing untuk pemasaran online

Pada Bagian Ini: Penting untuk memahami sejarah Email Marketing dan mempelajari evolusi email marketing serta tantangan komunikasi pemasaran offline direct-to-consumer atau direct business-to-business yang mampu memberikan solusi.

Masih ingat dengan pemasaran lewat surat pos?

Luangkan waktu sebentar dan lihat ke kotak pos (PO BOX) Anda. Kotak pos bukanlah seperti inbox email di komputer tetapi berbentuk kotak yang diletakkan di depan rumah atau berada di kantor pos.

Kotak pos adalah tempat mengirimkan surat dan paket kepada Anda. Anda dapat menyortir surat-surat yang Anda terima. 

Anda akan menemukan beberapa promosi atau pemasaran yang menjual produk lokal.

Anda juga menemukan katalog dan postcard promosi untuk brand global atau brand terkenal lainnya.

Anda dapat meluangkan waktu untuk memikirkan surat pos sebagai satu-satunya cara komunikasi yang disesuaikan dengan produk dan layanan pasar. 

Namun, cara ini sangat tidak efisien karena surat pos perlu dicetak secara massal untuk mengurangi biaya dan surat pos tidak bisa dibuat secara leluasa.

Kemudian, siapapun yang ingin beriklan ke Anda, mereka harus membayar biaya cetak, selebaran atau katalog yang akan dikirim, serta semua prangko atau biaya pos untuk mengirim surat.

Dampaknya, marketer yang mengirim surat harus menunggu cukup lama sampai Anda menerimanya.

Waktu yang dibutuhkan bisa mingguan bahkan lebih. Waktu yang lama membuat tawaran menjadi tidak spesifik dan tidak relevan sehingga marketer tidak tahu dampak dari surat pos tersebut kecuali Anda menggunakan kode promosi khusus yang disertakan dalam surat.

Namun tetap saja, tidak ada cara untuk mengetahui apakah surat pos Anda sudah dilihat atau diterima!

Apakah ini terdengar tidak efektif untuk memasarkan produk atau layanan Anda kepada konsumen? Sampai akhir 1990-an, ini adalah satu-satunya cara untuk melakukan komunikasi pemasaran ke individu tertentu.

Marketer melakukan banyak cara untuk membuat pemasaran lewat surat pos lebih menarik dan untuk melihat tingkat tanggapan mereka dengan lebih baik.

Ketika Anda mengirim surat pos dan mencari tahu keberhasilannya maka Anda tidak bisa menemukan hasil sebenarnya tetapi hanya memperoleh hasil tebakan alias asumsi atau prediksi saja. 

Seluruh prosesnya mahal, memakan waktu dan sulit untuk mengukur keberhasilannya.

Harapan yang lebih baik datang pada tahun 1990-an saat internet ditemukan.

Sejak saat itu, email menjadi alat utama dalam komunikasi bisnis. Tidak lama setelah popularitas email meledak, email marketing menjadi tempat khusus bagi mereka yang memiliki keahlian pemasaran karena email memiliki kustomisasi lebih luas, segmentasi, frekuensi, relevansi komunikasi dan yang terpenting, kemampuan pelacakan.

Tahun 1991: Awal Mula Internet

Meskipun ada banyak orang yang mengklaim sebagai pendiri internet, para ahli mengatakan bahwa internet seperti yang kita ketahui dimulai pada tahun 1991 ketika CERN (European Organization for Nuclear Research) mempublikasikan sebuah paper yang dikenal sebagai New World Wide Web Project.

Seorang ilmuwan Inggris, Tim Berners-Lee, telah membuat html, http dan halaman web pertama di CERN dua tahun sebelum paper ini sehingga penerbitan paper ini dianggap sebagai "awal mula" internet.

Internet mampu mengubah hidup dan juga mengubah pemasaran menjadi seperti yang kita kenal saat ini!

 Pada dekade berikutnya, banyak ahli memperkirakan bahwa internet tumbuh sebesar seratus persen per tahun dalam hal penggunaan bandwidth. Lonjakan pertumbuhan terbesar terlihat pada tahun 196 dan 1997. Tentu saja, setiap orang akan mengakui bahwa internet memainkan peran kunci dalam kehidupan sehari-hari mereka, dimulai dari mengumpulkan informasi hingga pemrosesan komunikasi, terutama penggunaan email dan media sosial.


Tahun 1996: Hotmail Menjadi Layanan Email Berbasis Web Pertama

Salah satu keuntungan terbesar dari munculnya internet adalah kemampuan menggunakan email atau surat elektronik untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Email adalah alat komunikasi yang instan dan gratis serta bisa mempercepat komunikasi di seluruh dunia tanpa kita bayangkan sebelumnya.

Namun, pada tahun-tahun pertama kemunculan internet, email hanya tersedia bagi kelompok tertentu yaitu mahasiswa yang menggunakan alamat email perguruan tinggi atau karyawan yang dapat menggunakan alamat email perusahaan. Kelompok kedua memiliki keterbatasan yang signifikan mengenai bagaimana mereka menggunakan email dan kepada siapa mereka berkomunikasi.

Beberapa individu bisa mendapatkan layanan email yang disediakan oleh Internet Service Provider (ISP) mereka tetapi layanan tersebut mengharuskan Anda untuk mengecek email Anda secara khusus dari komputer yang didukung oleh ISP Anda. Email bukanlah tipe komunikasi “pick up and go anywhere”.


Microsoft Hotmail
Pada tahun 1996, Sabeer Bhatia dan Jack Smith meluncurkan Hotmail (kini Outlook). Hotmail adalah sistem email berbasis web pertama dan beruntungnya, email dapat diakses bagi siapa saja yang memiliki akses ke internet. 


Tidak hanya orang-orang yang memiliki komputer rumahan yang terhubung dengan internet tetapi juga setiap orang yang bisa menggunakan komputer umum di perpustakaan atau pusat bisnis. Email tidak lagi terbatas bagi siapapun yang ingin berkomunikasi. Email bebas digunakan oleh publik, dan siapa saja yang ingin berkomunikasi dengan orang lain bisa menggunakan Hotmail. Tidak heran jika setiap orang menyukai layanan Hotmail. Setahun kemudian pada tahun 1997, Microsoft membeli Hotmail seharga empat ratus juta dolar dan mengganti namanya menjadi MSN Hotmail.


Sekarang, Berapa Banyak Orang yang Menggunakan Email?

Menurut data comScore pada Agustus 2010, Hotmail masih menjadi layanan email berbasis web terbesar dalam hal raw user.

Hotmail dilaporkan memiliki tiga ratus enam puluh empat juta pengguna. Yahoo! mail menempati urutan kedua dengan dua ratus delapan puluh juta pengguna dan Gmail Google berada di urutan ketiga dengan seratus sembilan puluh satu juta pengguna.

Kini Gmail telah menjadi pemimpin dalam hal jumlah penggunanya. Di ikuti oleh Yahoo Mail, Hotmail dan AOL berdasarkan data dari Statista.com

Munculnya Email Marketing

Email diawali sebagai alat komunikasi untuk tujuan akademik dan bisnis.

Selanjutnya, email digunakan sebagai alat komunikasi pribadi kepada teman, kerabat dan bahkan orang yang belum pernah bertemu dalam kehidupan nyata!

Namun, ketika orang menghabiskan banyak waktu untuk menggunakan email sebagai alat komunikasi utama maka marketer menyadari bahwa komunikasi email adalah masa depan bagi komunikasi pemasaran.

Marketer mulai beralih menggunakan email sebagai cara berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan.

Pada awal kemunculannya, email marketing memberikan sejumlah manfaat, baik untuk pemasaran berbentuk surat elektronik maupun telesales sebagai bentuk komunikasi direct-to-customer atau direct business-to-business.

Manfaat tersebut dapat kita lihat secara rinci di bagian selanjutnya. Saat ini, email marketing adalah bagian penting dari setiap rencana pemasaran dan mencakup seluruh industri sehingga dapat membantu bisnis di semua kalangan dengan pasar email yang efektif.

Contohnya adalah Kirim.Email

Kirim Email

Kirim.Email berusaha untuk mengembangkan produk email yang dapat memperlancar pengiriman email ke konsumen atau kontak bisnis dengan pesan kustomisasi serta pelacakan yang lengkap. 

Selain fokus pada pengembangan solusi pemasaran email, individu juga harus memiliki keahlian dalam email marketing. Sebagian besar perusahaan menengah keatas mempekerjakan setidaknya seorang ahli email marketing dan memiliki beberapa karyawan yang fokus menciptakan strategi dan campaign email marketing yang efektif.

Tentu saja, Anda tidak membutuhkan banyak staf tetapi Anda perlu memahami dasar-dasar strategi email marketing, manfaat email marketing dan taktik email marketing. Saya akan bahas semua di panduan ini. Saya yakin, Anda akan menjadi seorang ahli email marketing!

Selanjutnya: Apa keuntungan dari email marketing?

Tinggalkan komentar

13.200+ Pebisnis online
telah membacanya

Panduan Internet Marketing Newbie

Dapatkan Ebook ini cukup dengan masukkan Nama dan Email Anda agar saya bisa kirimkan ke email Anda.