Link DoFollow dan NoFollow Keduanya Adalah Penting Untuk SEO

Link dofollow nofollow seoHalo kawan, kali ini saya mau membahas sedikit mengenai hal yang berbau SEO khususnya dalam link building untuk proses optimasi SEO. Mungkin bagi Anda yang awam dengan SEO bingung juga ya mendengan apa itu link do follow atau link nofollow itu?

Ok…saya jelaskan sedikit saja apa sih arti dari kedua jenis link backlink tersebut.

Dofollow adalah link yang menggunakan tag “follow” atau biasanya tidak ada tag apapun jika pada suatu blog atau situs secara general sudah di set dengan tag “Index, Follow All’ pada meta tagnya yang biasanya terletak di bagian source code header sehingga crawler mesin pencari akan mengikuti atau menyusuri link tersebut.

Begitu pula sebaliknya…

Nofollow adalah link yang mengandung tag relasi “Nofollow” sehingga crawler dari mesin pencari tidak akan mengikuti link yang ada tersebut serta hanya akan melewati saja namun akan tetap mencatat keberadaan link tersebut dalam databasenya.

Ok…sudah agak paham kan..?

Dalam proses optimasi seo, kunci utamanya adalah dari sebuah link yang selanjutnya akan saya sebut dengan backlink yaitu link yang mengarah ke halaman situs yang sedang Anda optimasikan. Bicara optimasi seo akan lebih baik jika proses backlink building ini berlangsung natural bagi mesin pencari yang artinya kita membangun backlink secara alami tanpa berlebihan sehingga mesin pencari tidak curiga dan terkejut dengan kepopuleran halaman kita hanya karena jumlah link masuk yang berlebihan.

Mesin pencari suka dengan yang alami, oleh karena itu Anda perlu menyelaraskan backlink building bukan hanya pada link yang dofollow saja, namun juga harus selaras dengan link yang nofollow. Itu akan terlihat alami bagi mesin pencari karena biasanya dofollow banyak kita dapatkan melalui link yang berasal dari blog – blog milik kita sendiri baik itu bagian sidebar maupun dalam artikel. Sebaliknya nofollow banyak berasal dari blog commenting atau berkomentar di blog yang tidak menggunakan pengaturan dofollow pada URL komentatornya.

Sangat tidak wajarkan jika suatu halaman selalu dan hanya mendapat link dofollow? Masa tidak ada satupun link yang nofollow? Padahal justru link popularity itu adalah berasal dari berbagai situs lain yang tentunya tidak mungkin menganut dofollow seluruhnya. Anda bisa mengecek jumlah link masuk yang sebenarnya di Google Webmaster. Di situ Anda bisa melihat seluruh link masuk untuk halaman situ Anda baik itu link dofollow maupun nofollow. Nah…ini kan berarti Google bukan hanya menghitung link yang dofollow saja namun juga link nofollow tetap masuk sebagai perhitungan dan menentukan dalam proses optimasi seo yang kita lakukan.

Jadi, jika selama ini Anda beranggapan hanya link dofollow saja yang akan dihitung oleh Google, maka Anda salah besar !. Memang di mata Google, link dofollow lebih berkualitas daripada nofollow namun tetap keselarasan adalah yang terbaik untuk sebuah proses optimasi agar lebih natural di mata mesin pencari bukan? Toh…sebenarnya bukan Google saja yang perlu Anda Andalkan sebagai sumber traffic Anda. Yahoo dan Bing ataupun Baidu yang notabene sangat memperhitungkan semua link baik itu dofollow maupun nofollow juga pantas Anda jadikan sumber trafik karena jumlah pencarinya yang tidak bisa dibilang sedikit yang berasal dari kedua mesin pencari tersebut.

Intinya, buang jauh – jauh anggapan Anda yang lebih mementingkan link dofollow dari pada link nofollow. Kedua – duanya adalah penting untuk sebuah optimasi seo dalam jangka panjang yang sempurna. 😀

PS : Sekalian praktek untuk optimasi efek blogging terhadap motivasi diri dan peluang usaha ahasu gnaulep dan biar lebih joss. 😀

Info Artikel Terbaru!!!

Suka Dengan Artikel Saya?
Jika Ya, Silakan masukkan Email Anda Untuk Mendapatkan Update Terbaru Artikel Saya Via Email Anda:

Delivered by FeedBurner

31 pemikiran pada “Link DoFollow dan NoFollow Keduanya Adalah Penting Untuk SEO

  1. waduh, jadi bingung nih mas…
    Bukannya blog nofollow artinya dibaca oleh google bot bahwa link itu tidak untuk diteruskan, artinya robot google tidak akan menuju situs yang ada di balik link itu.

    Mohon dikoreksi kalah salah mas

    Salam kenal mas Hans.

    Salam Kreatif,
    Octa Dwinanda

  2. Kayaknya kunjungan pertama nih :
    Saya sepakat baik link dofollow maupun nofollow tetap sama2 punya manfaat … dan mempopulerkan web/blog memang butuh kesabaran keuletan dan tidak bisa instan. Kalau serba instan tiba2 ujug2 menurut saya kok malah kurang bagus …

    Saya sepakat bila bicara optimasi seo akan lebih baik jika proses backlink building ini berlangsung natural bagi mesin pencari yang artinya kita membangun backlink secara alami tanpa berlebihan sehingga mesin pencari tidak curiga dan terkejut dengan kepopuleran halaman kita hanya karena jumlah link masuk yang berlebihan.

    Membuat postingan baru juga demikian kalau gak bisa tiap hari lebih baik 2 hari sekali paling lama seminggu sekali tapi ajeg kontinyu daripada membuat postingan banyak dalam satu saat tapi setelah itu lama gak posting2 heeee….

  3. makasih atas pencerahannya mas. Perasaan saya teman-teman blogger lebih banyak mencari blog yang dofollow. tapi meskipun begitu saya setting blog sy dengan nofollow dan satunya lagi dofollow

Tinggalkan komentar