Jangan Menjadi Blogger Scammer!

blogger scammerTidak terasa hari cepat berlalu karena suasana lebaran ini dan ternyata saya baru sadar sudah tidak berbagi hampir seminggu lebih lamanya. Maklum karena sibuk bersilahturahmi dan jalan – jalan dengan para keluarga sehingga update blog harus jadi nomor sekian. 🙂

Oya, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H…Minal Aidin Wal Faidzin…Mohon Maaf Lahir dan Bathin buat semuanya.

Oke…kembali ke topik utama…

Tidak hanya di dunia nyata atau offline saja dimana sebuah bisnis banyak menjadi ajang beraksinya para penipu atau scammer, namun di dunia bisnis online pun juga banyak, bahkan bisa dibilang lebih marak terjadi dibandingkan jika di bisnis offline.

Banyak ragam penipuan yang dilakukan oleh para scammer online ini antara lain email phising, money game, scam email promoting, maupun penipuan – penipuan langsung seperti banyak terjadi di thread forum – forum trade atau jual beli online. Bahkan blog yang isi kontennya scam dan merugikan pengunjung dari segi materi pun juga banyak bertebaran di internet seperti konten download software yang ternyata dalam software tersebut berisi spyware atau virus.

Kita sebagai blogger perlu untuk mencegah hal ini terjadi baik itu kita sebagai korban atau kita yang malah menjadi scammer itu sendiri. Kejujuran itu adalah awal dari terbukanya pintu kesuksesan, karena itu ini ada beberapa tips untuk menghindari aktifitas scammer atau penipuan terus terjadi di dunia bisnis online bagi kita seorang blogger.

  • Hindari Menulis Konten Promo Yang Tidak Berkualitas

Jika Anda ingin memiliki sebuah blog branding yang berkualitas dengan trafik yang stabil dan pembaca yang setia rutin mengunjungi blog Anda, maka isilah dengan konten yang memang benar – benar membantu permasalahan seseorang sesuai topic blog Anda serta bermanfaat bagi mereka.

Jika Anda harus memberikan sesuatu yang gratis seperti ebook atau free software misalnya, maka coba berikan dengan benar – benar gratis tanpa syarat apapun meskipun itu hanya meminta email atau subscribe terlebih dulu di newsletter Anda yang ujung – ujungnya ternyata promosi penawaran dengan cara nyepam email.

Cukup lakukan ini pada saat pertama kali Anda berbagi, selanjutnya terserah Anda. Yang penting kesan pertama adalah murni niat untuk berbagi saja.

  • Tulis konten Yang Berkualitas

Selalu tulis konten baik itu konten yang berisi promo, tips atau tutorial yang hanya benar – benar menyenangkan pembaca Anda dan bermanfaat serta menginspirasi mereka. Ingat, pembaca dating ke blog kita khususnya yang berasal dari mesin pencari adalah bertujuan mencari sesuatu yang mereka butuhkan dan mereka akan sangat berterima kasih kepada Anda jika konten Anda ternyata memberikan kepuasan bagi pengunjung Anda. Meskipun konten Anda adalah sebuah promosi produk misalnya, mereka tidak akan keberatan sejauh produk itu benar – benar bermutu dan akan membantu masalah mereka.

  • Hanya Tulis Apa Yang Anda Ketahui dan Pahami

Konten yang Anda tulis sebaiknya memang dari pemikiran Anda sendiri atau setidaknya Anda menguasainya, pernah mengalaminya, pernah melakukannya atau untuk promo produk, Anda sudah menggunakan dan merasakan manfaat dari produk tersebut.

Ketika Anda menulis sesuatu yang Anda sendiri tidak pernah mengetahui dan mencobanya, maka Anda sudah melakukan SCAM pada pembaca Anda.

  • Perhatikan Reputasi Blog Dari Komentarnya

Blog yang benar berguna dan bermanfaat bagi pengunjung serta tidak scam pasti akan banyak mendapatkan apresiasi berupa komentar yang berisi ucapan kepuasan dari pembacanya. Hal ini tidak akan terjadi jika konten blognya hanya berisi konten self promoting, scam atau hanya konten sampah yang malah bikin jengkel pembacanya.

Ketika Anda menemukan blog yang berkualitas, maka jadikan blog itu sebagai tempat langganan menambah ilmu ataupun sekedar nongkrong silahturahmi serta berinteraksi dengan pemiliknya.

Kesimpulannya, Jadilah blogger yang selalu member terlebih dulu tanpa embel – embel dan niatan negatif apapun karena itulah kunci sukses seorang blogger dan blognya. Hal ini semakin penting jika blog tersebut adalah blog branding diri Anda yang mencerminkan personalitas, mentalitas dan kualitas diri Anda.

11 pemikiran pada “Jangan Menjadi Blogger Scammer!

  1. Ni baru pertama kalinya saya berkunjung diblognya mas handoko,seorang master SEO yang sebelumnya cuma dengar dari mulut ke mulut,ga taunya hari ini saya kesasar di mari gara-gara goggle,sungguh keberuntungan bisa berkunjung disini,saya mohon bimbingan dari mas handoko.

  2. banyak sekali situs yang nyepam, terutama situs penyedia sofware yang katanya gratis, ujungnya harus daftar jadi member dulu dengan membayar sekian dollar.

Tinggalkan komentar