Inilah Tips Meraih Sukses Memulai dan Menjalankan Bisnis Online Yang Sebenarnya

Tips Rahasia Sukses Bisnis OnlineKali ini saya mau sedikit berbagi mengenai apa yang menjadi prinsip sukses yang perlu dipegang saat memulai bisnis online pada awal-awal dulu ketika pertama kali mencicipi dunia bisnis online atau juga bisa disebut dengan bisnis internet karena memang tidak ada beda antara keduannya karena online itu sendiri perlu dilakukan di jaringan internet.

Memang pada awalnya tak semulus seperti prinsip tersebut karena dalam perjalanan ketika itu juga sering terjadi penyimpangan dari tujuan prinsip yang saya pegang tersebut. Ya…tapi itulah…memang manusia tidak ada yang sempurna ketika menjalankan sesuatu yang baru baginya.

Prinsip ini sebenarnya sebuah tips bagaimana mempermudah kita menuju titik aman kesuksesan meskipun dalam makna terdalamnya sebuah kesuksesan bagi tiap-tiap orang itu relatif karena ini berkaitan bagaimana individu tersebut merasakan apa yang bisa disebut kesuksesan tersebut, namun yang pasti sukses adalah tujuan utama setiap manusia bukan?

Selain itu, tips berikut sebenarnya adalah tips untuk sukses mencari uang di internet melalui apa yang dinamakan dengan penghasilan online. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini banyak sekali pendatang baru dalam dunia online yang mencari cara bagaimana menghasilkan uang secara online dan dimana mereka bisa belajar tentang bisnis online itu? Nah…inilah modal mindset dan prinsip paling utama yang perlu dipegang sebelum memulainya.

Ketika saat memulai menjalankan bisnis online, banyak para pemula ini melakukan beberapa kesalahan prinsip secara tidak sadar mereka lakukan termasuk saya dulu yaitu :

  • Terlalu banyak informasi ( Information Overload )

Karena para pemula ini pengetahuan akan dunia bisnis online masih berupa setetes air, maka mereka haus akan apa yang disebut ilmu-ilmu dalam bisnis online yaitu berbagai informasi tentang bagaimana menghasilkan uang dari internet, cara mencari uang di internet dan lain sebagainya.

Sayangnya mereka ini langsung focus kepada informasi yang sebenarnya terlalu berat yaitu bagaimana menghasilkan uang dari internet yang mana pada prinsipnya banyak hal-hal dasar yang perlu dikuasai terlebih dulu yang sesungguhnya jauh dari bagaimana mencari uang di internet.

Ketika informasi banyak diserap, maka yang terjadi adalah mereka kebingungan sendiri dan akhirnya mereka terjebak pada kondisi dimana mereka lumpuh dalam memilih informasi mana yang tepat diterapkan sesuai dengan minat dan ketertarikan para newbie ini.

Ketika melihat blogger yang sukses dalam afiliasi, mereka mencoba….ketika melihat jagoan Adsense menghasilkan ribuan Dollar perbulannya, Anda berubah haluan mempelajari Adsense sementara afiliasi belum menghasilkan apa-apa….malah baru seperempat jalan. Kemudian ketika melihat seseorang yang menguasai seo dan menghasilkan profit besar dari sebuah jasa seo, mereka lantas beralih fokus pada seo.

Ketika hal ini terjadi, maka mereka ini tidak berjalan kemana-mana alias hanya berjalan ditempat saja yang berarti pada akhirnya mereka tidak pernah mencapai tujuannya yaitu sukses dalam bisnis online.

Agar terhindar dari perilaku semacam itu, saran saya….pilih apa yang paling Anda minati saja dan fokuslah pada minat Anda tersebut dan hentikan mencari terlalu banyak informasi karena itu hanya akan menjadi sampah dalam perjalanan Anda selama tidak membawa manfaat apapun. Setelah apa yang Anda fokuskan telah berjalan sesuai harapan, silahkan mulai terapkan informasi baru yang Anda dapatkan.

  • Selalu Mencari Jalan Pintas

Banyak pemula karena terlalu inginnya merasakan kesuksesan dalam bisnis online bahkan pada bulan pertama mereka menggelutinya, akhirnya mereka mencari jalan pintas atau jalan yang termudah yang terkadang malah membunuh langkah mereka sendiri.

Sebagai contoh, ketika para pejabat ingin lebih sukses dan kaya raya sementara penghasilan standar mereka tidak mencukupi, apa yang mereka lakukan untuk mencari jalan pintas meraih hal tersebut? Ya…korupsi merupakan pilihan paling pintas dan mudah dilakukan serta cepat memperkaya diri sendiri namun tidak lama perilaku tersebut pasti akan membawa kehancuran baginya entah di dunia maupun di akherat nanti bukan?

Ingat, tidak ada bisnis termasuk bisnis online sendiri yang bisa dilakukan dengan jalan pintas lantas kita akan menjadi kaya mendadak tanpa berusaha dan kerja keras. Kalaupun ada, kehancuran hanyalah menunggu waktu saja karena sebenarnya jalan termudah itu tidak ada….yang ada hanyalah jalan yang lebih mudah.

Banyak hal yang bisa memudahkan kita dalam menjalankan bisnis online, namun jangan berpikir bahwa bisnis online itu cara termudah untuk kaya dari internet ketika Anda baru melangkah untuk memulainya.

  • Tidak Mengupdate Ilmu Dalam Bisnis yang Dijalankan

Bisnis online pun memerlukan apa yang dinamakan fase pembelajaran suatu ilmu sebelum dan pada saat menjalankannya. Nah…karena bisnis online itu selalu berkembang mengikuti kemajuan jaman, maka dalam proses perjalanannya, Anda harus selalu mengupdate teknik-teknik dan ilmu baru dalam menjalankan bisnis online Anda agar selalu mendapati jalan yang mudah untuk mencapai tujuan utama Anda ketika menjalankannya.

Layaknya sebuah teknologi komputer yang setiap tahun selalu muncul versi-versi terbaru dan pada akhirnya kita memerlukan upgrade kemampuan komputer tersebut agar compatible menghadapi teknologi baru tersebut sesuai perkembangannya. Ketika sebuah Komputer masih dalam teknologi lama terus menerus, maka pada akhirnya komputer tersebut akan berjalan lemot dan memperlambat kinerjanya yang pada akhirnya memperlambat pekerjaan kita yang menggunakannya untuk membantu proses kerja kita.

Selain itu, contoh lainnya adalah seperti pada sebuah blog dimana ketika blog tersebut tidak pernah diupdate lagi, maka informasi didalamnya akan menjadi tidak relevan lagi ketika semakin banyak info atau tips-tips baru yang sesuai dengan perkembangan jaman dan akibatnya pun blog tersebut menurun trafiknya yang disebabkan ditinggalkan oleh pembaca setianya.

Selalu update dan upgrade pengetahuan tentang bisnis online yang Anda jalankan maka anda tidak akan tertinggal dan selalu melaju semakin cepat dalam meraih kesuksesan.

  • Mudah Menyerah dan Tidak Konsisten Pada Tujuan

Ini adalah hal paling sering terjadi pada para pemula dalam menjalankan sebuah bisnis hanya karena masalah kesabaran saja sebenarnya. Makanya, ketika dalam mindset pemula sudah tertanam bahwasanya bisnis online itu adalah ladang mencari uang dan menjadi kaya secara instan, maka ujungnya pasti berakhir dengan kondisi menyerah ini. Ketika bulan demi bulan bahkan tahun demi tahun hasil yang didapatkan tidak sesuai harapan akhirnya mereka menjadi tidak konsisten dan menyerah pada keadaan mereka tanpa melakukan pembenahan dan instrospeksi serta evaluasi terhadap apa yang dikerjakan selama itu.

Selain itu, terkadang mereka menyerah karena merasa tidak mampu padahal apa yang mereka rasakan itu belum dicoba sama sekali. Ketika kita tidak pernah mencoba, maka kita sudah pasti gagal dan apabila kita berani mencoba kemampuan kita, maka kita masih dihadapkan oleh dua hasil akhir yang berbeda yaitu gagal atau sukses yang mana ini lebih baik daripada kalah sebelum berperang….iya kan?

Salah satu pengusaha sukses Indonesia, Purdie Chandra dalam seminar pernah mengatakan “Seseorang itu biasanya baru akan merasakan sukses apabila sudah mengalami tujuh kali kegagalan” ini berarti jika Anda baru mengalami kegagalan satu, dua, atau tiga kali saja kemudian menyerah, maka Anda tidak akan pernah sukses dan pada akhirnya hanyalah menjadi seorang pecundang. Namun ketika Anda berpuluh-puluh kali gagal tanpa pernah sukses pada apa yang Anda coba, maka itu berarti Anda menyepelekan dan mengacuhkan tiga poin yang saya jelaskan di atas tersebut.

Selalu ingat untuk tidak mudah menyerah, selalu coba kembali ketika gagal dan selalu konsisten adalah kunci untuk tetap bertahan yang suatu saat nanti pastilah kesuksesan akan menanti di depan mata.

Nah…bagaimana pengalaman Anda sendiri sewaktu masih berstatus pemula dalam bisnis online? Apakah Anda memiliki tips-tips yang menjadi prinsip dalam menjaga sukses yang Anda raih saat ini?

15 pemikiran pada “Inilah Tips Meraih Sukses Memulai dan Menjalankan Bisnis Online Yang Sebenarnya

  1. Saya setuju sekali dengan pernyataan mas Handoko mengenai ” terlalu banyak ilmu yang diserap” bagi seorang pemula…
    Heheheeee..Pengalaman pribadi saya mas…Heheheee..
    Memang seperti ibarat bisnis Offline…maka bisnis Online juga butuh waktu…untuk sukses…Jangan pernah mencoba jalan pintas..
    Thanks atas pencerahannya mas..
    Keep Posting…

  2. kalau bisnis online sih belum,tapi kalau offline saya baru 2 kali gagal modal dibawah 10 jutaan,mungkin tambahan aja ya:menguasai bidang bisnis yang di jalani bisa jadi faktor pendukung juga agar kita bisa konsisten n sukses juga selalu berkreativitas

  3. Kebiasaan seorang pecundang adalah tinggi angan-angan namun tak tinggi semangat untuk mencapainya. Besar mimpi namun tak besar jiwanya dalam meraih mimpi. Dianggapnya kesuksesan adalah hadiah untuk semua orang, padahal kesuksesan hanya akan diraih oleh yang sungguh-sungguh untuk menggapainya.

    Berbisnis online sama saja dengan berbisnis offline. Ada yang serius dan tekun menjalaninya, ada yang hanya coba-coba. Ada yang terus belajar dari kesalahan, ada yang langsung putus asa di langkah pertama.

    Salam kenal,
    Abu Furqan

  4. manfaat banget, nice info. point2 diatas mungkin itulah keadaanku yang sekarang ini, cuma bisa melihat orang sukses tapi gk mau Take Actions. maksih Mas. semoga anda meraih sukses selalu.

    just share : aku aja dapet 100rb dari situs ptc udah seneng banget, apalagi yang ratusan $.

  5. Betul sekali, tidak ada kesuksesan yang bisa diraih tanpa usaha nyata. Entah itu bisnis online maupun bisnis offline, untuk mensukseskannya perlu usaha yang benar – benar nyata.

Tinggalkan komentar