Cara Akurat Mengecek Jumlah Backlink Situs Anda

Cara mengecek backlinkPada artikel ini saya akan membahas sedikit cara untuk mengecek backlink situs Anda setelah berbagai langkah optimasi seo off page yaitu link building maka pasti Anda ingin mengetahui jumlah backlink yang mengarah ke situs Anda bukan?

Berburu backlink dalam proses seo sangat penting karena ini adalah prosentase terbanyak dari penunjang keberhasilan dari efek seo. Tak peduli sebagus apapun produk atau konten, jika tidak ada pengunjung yang datang dan mengetahuinya maka tidak akan berguna sama sekali apalagi mendatangkan penjualan buat Anda.

Banyak pilihan sumber trafik yang bisa Anda dapatkan baik itu berbayar atau gratis. Jika Anda ingin mengambil pilihan sumber trafik gratis, maka salah satu yang terbaik adalah dengan seo untuk mendatangkan trafik dari mesin pencari yang benar – benar organik dan cenderung memiliki konversi tinggi pada penjualan suatu produk.

Kebanyakan orang yang masih awam akan seo akan menggunakan mesin pencari Google dalam mengecek jumlah backlink yang mengarah ke situs mereka. Mereka menggunakan kode “link:namadomain.com” dimana namadomain.com adalah situs mereka untuk digunakan mengecek backlink di Google. Sayangnya dengan cara ini hasil yang didapatkan tidaklah akurat karena Google sendiri memang tidak akan memunculkan hasil backlink di mesin pencari mereka yang diakses oleh publik untuk menghindari para spammer.

Sebenarnya banyak tool gratis yang bisa Anda googling untuk mengecek jumlah backlink ini, namun kebanyakan tool ini juga kurang akurat. Nah..disini saya akan memberikan cara untuk mengecek backlink secara akurat karena menggunakan sumber dari mesin pencari itu sendiri dan pastinya ini gratis kok. 🙂

Untuk menggunakan tool Google webmaster ini Anda harus melakukan verifikasi kepemilikan situs. Submit juga sitemap dalam format XML agar situs lebih bersahabat dengan crawler indexing.
Untuk mengeceknya silahkan pilih situs yang akan dicek backlinknya kemudian klik “Links to your site” dan pilih “External Links” pada situs yang dipilih di sidebar kiri

Untuk mengecek backlink berdasarkan algoritma Yahoo. Silahkan masukkan URL situs yang akan dicek pada kolom explore URL kemudian klik “Inlinks” dan pada menu drop down pilih “except from this domain”.

Untuk lebih mudah dalam pengecekan backlink berdasarkan algoritma Yahoo adalah menggunakan Backlinkwatch. Namun jika ingin mengetahui backlink berdasarkan algoritma Google setahu saya masih belum ada tool gratis yang menyediakannya.

Oya..maaf kali ga ada screenshotnya karena lagi males bikin.:)

77 pemikiran pada “Cara Akurat Mengecek Jumlah Backlink Situs Anda”

  1. yah kok males gan…ok deh sep infonya ane meluncur buat cek..tapi stu lagi deh ane lebih seneng pake iwebtool sola edisitu ane bisa liat PR dan acklinknya juga oia satu lagi kalo mo cek bener2 dapet backlink pake tool yang diabuat scrapebox gratis downlaod aja disitusnya. :,(

  2. mas saya cek jumlah backlink blog ku kog cm satu ya? pdahal udah lumayan sering komen dan saya submit ke LB dan infogue jg direktori2.
    [blog ini saya bikin 20 an hari tg lalu} trims…

  3. ok maksih infonya………………….
    pengumuman : sejak Google mengumumkan bahwa mereka telah mempertimbangkan menambah waktu buka halaman sebagai faktor peringkat dalam algoritma mereka. pastinya aden menjadi semakin khawatir dengan speed wordpress aden. speed WordPress juga merupakan masalah karena tentunya aden mendapatkan lebih banyak pengunjung, begitu juga masalah dari perspektif kegunaan.
    pada awalnya aku saya percaya dengan pelugin seperti WP Cache dan WP Super Cache namun ternyata rata-rata plugin plugin tersebut menimbulkan masalah masalah tertentu. dan mungkin solusinya bisa di lihat di sini : hxxp://solusina.com/terobosan-baru-optimalisasi-speed-wordpress-hanya-dengan-htaccess/

  4. Nah, ini dia artikel yang dicari, cek sebenarnya berapa jumlah backlink telah masuk ke blog ane, makasih sob, langsung ane coba, moga aja dah banyak backlinknya, he…

  5. mantap mas, soalnya saya lagi bingung cari info backlink yang bener2 akurat, stelah dipikir pikir bener jg pakai gugel web master krn memang khan targetnya gugel hehe..trims ya

  6. wah informatif, tapi saat saya kunjungi artikel ini kok lagi bermasalah templatenya. plugin arscode ninja popupnya kebentur nih mas handoko. padahal lgi bagus2nya artikel, jadi susah baca.

Tinggalkan komentar