5 Dasar Optimasi Seo WordPress Biar Lebih Joss

Optimasi Dasar Seo WordPressWordPress menurut saya saat ini adalah sebuah mesin blog terbaik. Ini bukan tanpa alasan karena memang pada kenyataannya WordPress memang yang paling top untuk urusan ini. Blogger – blogger baik yang pemula hingga yang profesional pun rata – rata menggunakan WordPress. Salah satu kemudahan dari WordPress adalah tersedianya plugin – plugin pendukung untuk berbagai keperuan yang banyak tersedia gratis khususnya untuk optimasi seo WordPress itu sendiri.

Tapi karena plugin ini juga, banyak blogger yang lupa untuk menerapkan hal paling dasar optimasi seo untuk WordPress khusunya untuk indexing tiap artikel di mesin pencari seperti Google maupun yang lainnya.

Bagaimanapun sebenarnya artikel Anda lah yang berfungsi hampir 90% sebagai ujung tombak dalam mesin pencari untuk meraih trafik regular atau trafik yang memang benar – benar organik dan Anda tahu? Trafik organik inilah yang sebenarnya berpotensi dan profitable dibanding dengan trafik komunitas yang terbentuk dalam blog itu sendiri.

Nah… disini saya akan berbagi sedikit dasar optimasi seo WordPress yang peru Anda terapkan agar performa blog Anda lebih menggigit di mesin pencari. Berikut ini 5 dasar optimasi WordPress yang saya lakukan terutama agar artikel blog saya teroptimasi dengan baik.

  • Struktur Permalink

Ubah struktur permalink standar WordPress menjadi lebih seo friendly. Contohnya seperti ini :

A. https://handokotantra.com/?p=21
B. https://handokotantra.com/5-dasar-optimasi-seo-wordpress.html

dari dua permalink di atas tersebut menurut Anda mana yang lebih informatif baik bagi mesin pencari maupun pengguna internet? Tentu yang [B] bukan?
Apalagi jika judul dari artikel Anda mengandung kata kunci yang ditarget jelas akan lebih optimal rangkingnya di mesin pencari. Untuk mengubah struktur permalink buka Dashboard >Settings>Permalinks dan ubah pengaturan permalink menjadi costum structure dan isi dengan format /%postname%.html

  • XML Sitemap.

Sitemap adalah sebuah peta dari blog Anda yang menggambarkan struktur isi dari blog tersebut. Dengan menggunakan sitemap dan mengirimkan atau mendaftarkan di Google Webmaster, maka Google pun akan semakin mudah menjelajahi isi blog Anda. Namun sebelumnya blog Anda harus terdaftar terlebih dahulu di Google Webmaster baru Anda bisa mengirimkan sitemap.
Untuk urusan ini Anda bisa menggunakan plugin Google Sitemap Generator yang secara otomatis mengenerate sitemap dalam bentuk XML.

  • Kualitas Artikel

Kualitas artikel bukan berarti hanya bobot dari tulisan Anda, namun juga termasuk penekanan kata kunci, tata bahasa, struktur artikel, topik yang fokus dan keunikan artikel juga merupakan faktor pendukung untuk optimasi mesin pencari. Tulis untuk mesin pencari dan pengunjung Anda.

  • Anchor Teks Link

Jika dalam artikel Anda terdapat link terutama yang menuju artikel sebelumnya yang digunakan sebagai referensi, maka gunakan teks yang mengandung kata kunci terhadap artikel yang dituju dalam link tersebut untuk hasil yang terbaik terhadap optimasi artikel sebelumnya. Apalagi jika artikel tersebut relevan atau saling berkaitan.

  • Robot txt

Gunakan file robot.txt untuk mengontrol halaman – halaman yang tidak Anda inginkan terindex di mesin pencari atau yang ingin terindex. Ini penting dilakukan jika di blog Anda ada konten yang terduplikasi sehingga Anda bisa menggunakan file robot.txt ini untuk mencegah konten duplikasi tersebut terindex oleh mesin pencari.

Nah…itu sedikit optimasi dasar yang biasa saya lakukan terutama waktu membuat blog yang baru. Apakah Anda punya rahasia teknik optimasi seo dasar yang biasa Anda terapkan buat blog Anda?

Info Artikel Terbaru!!!

Suka Dengan Artikel Saya?
Jika Ya, Silakan masukkan Email Anda Untuk Mendapatkan Update Terbaru Artikel Saya Via Email Anda:

Delivered by FeedBurner

30 pemikiran pada “5 Dasar Optimasi Seo WordPress Biar Lebih Joss

  1. Ini lima tips yg wajib diketahui dan diterapkan oleh pemula, agar blog cepat ‘akrab’ dg google.
    Seandainya anda bisa lebih rinci dalam membahas detail melaukannya…mungkin akan lebih bagus mas. :cendol

  2. Saya rasa yang paling utama adalah konten artikel. Semakin unik artikel kita semakin friendly buat mesin pencari. dan pembacapun menjadi betah berlama lama di blog kita.

  3. Mas kalau “Article Produk” di Blog WP tokoonline seperti punya saya apa termasuk konten ya, karena kan tulisannya sedikit gambarnya yang banyak, apa termasuk konten yang kurang berkualitas atau bagaimna?

  4. Saya juga menggunakan permalink yang sama seperti blog Handokotantra. Tapi saya juga pernah membaca bahwa permalink yang baik berstruktur sitename/archive/postname. Menurut Agan mana yang lebih baik?

Tinggalkan komentar