4 Poin Terpenting Dalam Memilih Niche Yang Ideal

NicheSudah tahu apa itu Niche? Niche adalah istilah yang berarti target market. Niche merupakan suatu hal penting yang harus dipertimbangkan dan dianalisa sebelum Anda melakukan promosi penjualan produk ataupun menentukan kata kunci pada sebuah blog atau situs. Penentuan niche adalah hal paling pokok dalam menjalankan bisnis di internet.

Kesalahan dalam menentukan niche produk, blog atau situs akan mengakibatkan kegagalan dalam aktifitas penjualan ataupun pengembangan dari blog atau situs Anda. Untuk menentukan suatu niche apa yang tepat bagi kita ada 4 poin terpenting dan Utama. Jika keempat poin ini Anda terapkan, maka Anda sudah selangkah lebih maju yang akan memudahkan proses keberhasilan produk, blog ataupun situs Anda.

Berikut ini adalah 4 poin penting dalam memilih niche sebelum Anda memulai menentukan suatu kata kunci untuk produk, blog dan situs Anda.

  • Anda harus menguasai dan memahami niche yang akan Anda pilih. Hal terpenting dalam pemilihan niche adalah Anda setidaknya harus memiliki penguasaan dan pemahaman terhadap niche yang Anda pilih. Hal ini berkaitan dengan kredibilitas Anda dalam bisnis di internet.
  • Anda harus menyukai niche tersebut. Seuatu yang dikerjakan berdasarkan dengan kesukaan kita, maka tidak ada beban yang menghantui kita dalam mengerjakan hal itu, namun jika kita memilih sesuatu yang tidak kita sukai maka selain beban dalam mengerjakannya juga tidak akan memberikan hasil yang optimal.
  • Niche yang Anda pilih harus ada peminatnya. Nah…yang satu ini emang vital banget, bayangkan Anda memilih niche yang tidak ada peminatnya sama sekali? Dijamin produk, blog atau situs Anda tidak akan mengalami perkembangan dan sepi pengunjung. Kalau hal ini yang terjadi, tinggal nunggu matinya aja. Jadi niche yang Anda pilih tersebut mutlak harus ada peminatnya.
  • Apakah niche pilihan Anda memiliki banyak kompetitor. Selain peminat yang bejibun, Anda juga harus memperhitungkan banyaknya kompetitor yang bermain di niche tersebut. Percuma kalau peminat bejibun ternyata pemain niche tersebut juga bejibun ya…bakalan berat bersaingnya. Yang terbaik adalah Anda pilih niche yang tidak terlalu banyak competitor dan begitu pula sebaliknya jangan terlalu sedikit yang berarti sedikit juga peminatnya.

Nah…itulah poin-poin yang harus Anda pertimbangkan dalam menentukan niche untuk memulai bisnis di internet yang akan Anda jalankan.

Semoga bermanfaat.

Info Artikel Terbaru!!!

Suka Dengan Artikel Saya?
Jika Ya, Silakan masukkan Email Anda Untuk Mendapatkan Update Terbaru Artikel Saya Via Email Anda:

Delivered by FeedBurner

13 pemikiran pada “4 Poin Terpenting Dalam Memilih Niche Yang Ideal

  1. Bicara soal bisnis Niche ini memang sangat vital, karena berkaitan dengan respon yang kita inginkan. tanpa niche yang tepat maka perjalanan bisnis akan sangat menyedihkan..

    Salam Kontes SEO Mas Han:)

  2. Wah, mantab banget bos infonya. Sudah lama banget aku sebenarnya pengen cari apa itu niche?
    Kebetulan lagi ada penawaran buat WTB Blogger.
    Dan harus nentukan niche blog nya.
    Sambil nanya mas. Salah satu cara selain 4 cara diatas. Ada ga tool yang bisa bantu kita memilih niche untuk blog kita…

  3. Apa harus sama mas namaniche dan nama blognya…..Ngomong2 kl butuh pulsa lewat PP mampir sajaketoko kita dijamin pelayanan hebat dan memuaskan dan yang penting lg nih boleh ngutang loh…

  4. Pak, bagian nomor 1 selama ini jadi benturan bagi Saya. Sebab para newbie seperti Saya, belum tentu memiliki keahlian sebagaiman niche yang dibidik. Bagaimana mengatasinya ? Apakah tidak cukup jika kita hanya pilih niche yang banyak dicari orang tapi dengan sedikit kompetitor ? Trims artikelnya.

Tinggalkan komentar