Strategi Optimasi SEO Untuk Kamu Yang Newbie!

5
992

Cara Optimasi SEOJika Kamu seorang newbie yang belum paham tentang strategi optimasi SEO (search engine optimization), Saya yakin Kamu malah bingung jika mencari informasi di Google. Sebagian besar informasi tentang SEO yang bertebaran di web ditujukan kepada mereka yang telah mahir dalam SEO, sehingga newbie akan kebingungan ketika membacanya.

Mari kita ulas seputar SEO untuk Kamu yang masih newbie..

Apa itu SEO?

SEO adalah seni dan ilmu dalam hal mengoptimalkan halaman web Kamu sehingga mesin pencari (search engine) akan membuat situs atau blog Kamu berada pada posisi teratas dari hasil pencarian untuk kata kunci yang dioptimasi. Misalkan, si Fulan membuka google dan mentarget kata kunci yang berhubungan dengan niche Kamu. Contoh target kata kunci “headline yang menghipnotis“, setelah dilakukan teknik SEO yang baik maka halaman web Kamu akan muncul di bagian atas SERP (halaman hasil pencarian search engine).

SEO untuk Newbie

Kenapa saya menyebut SEO sebagai seni dan sains?

Mari kita simak…

Bayangkan saja, dari begitu banyak halaman web pastinya dibutuhkan cara khusus untuk membuat hasil rangking ini. Dengan begitu, search engine harus menggunakan berbagai faktor yang berbeda untuk menyusun rangking halaman web tersebut. Tetapi, mereka menggunakan algoritma tertentu, jadi kita tidak tahu persis bagaimana mereka menyusun rangking sebuah halaman web dalam hasil pencarian. Namun, sekarang banyak orang ahli yang belajar untuk mengoptimalkan rangking pencarian search engine untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Jadi mereka tahu secara pasti cara mendapatkan rangking teratas di search engine.

Pembuatan halaman web yang teroptimasi SEO adalah salah satu faktor penentunya.

Lalu, mengapa pembuatan halaman web yang teroptimasi SEO diperlukan?

Persaingan yang sengit adalah persaingan yang mengacu pada optimasi SEO menggunakan kata kunci (keyword) tertentu agar halaman web berada pada rangking teratas. Tentu, kata kuncinya adalah kata-kata yang banyak diketikkan di search engine agar halaman web mereka mudah ditemukan pengguna internet.

Jadi, Inilah kunci keberhasilan web atau blog Kamu mendatangkan trafik kunjungan gratis dari search engine, terutama jika Kamu seorang newbie adalah memilih kata kunci yang diketikkan banyak orang, tetapi sedikit persaingan serta menggunakan atribut-atribut SEO untuk membuat halaman web Kamu mendapatkan rangking terbaik.

Saya beri contoh, upacara 17 Agustus akan dilaksanakan di Istana Merdeka dan Kamu adalah seorang pengibar bendera. Tentu Kamu akan menghormati petinggi-petinggi yang memakai atribut kenegaraan kan? Nah, seseorang akan dihargai ketika Ia memiliki atribut yang lebih tinggi. Sama halnya dengan search engine, bila Kamu memakai atribut seperti dibawah ini, sudah pasti halaman web Kamu akan disukai oleh search engine.

Inilah atribut-atribut SEO yang harus Anda gunakan!

  • Judul atau title halaman web Kamu harus mengandung kata kunci / keyword. Tetapi jangan menggunakan kata kunci yang berlebihan.
  • Kata kunci harus muncul di menu navigasi, di link ke halaman lain, di judul halaman web, dan tag lainnya. ·
  • Nama domain mengandung kata kunci. Dengan kata lain, link itu sendiri juga harus menampilkan kata kunci. (Misal, domain.com/keyword.html)
  • Baclink dari situs terpercaya dan relevan dengan kategori konten Kamu. Tentunya ada related post dan link menuju beranda.
  • Situs Kamu harus user-friendly. Termasuk loading yang cepat dan responsif.

Jika Kamu ingin tahu lebih banyak tentang atribut-atribut dan berbagai macam teknik SEO baik itu on-page maupun off-page, saya sangat merekomendasikan Kamu untuk mengikuti kursus SEO ini.

Image credit: thenextweb.com

5 KOMENTAR

  1. saya masi bingung mas, saya udah melakukan optimasi seperti yang di atas, tetapi blom mendongkrak posisi di serp google..muter2 di google gak nemu nemu hehehe

BALAS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here