Bonus Afiliasi: Strategi Sukses Dibalik Peluncuran Big Product!

0
396

Bonus AfiliasiJika Kamu seorang afiliasi, maka Kamu akan bersaing dengan puluhan, ratusan atau bahkan ribuan afiliasi lain untuk menjual produk yang sama. Persaingan ini bahkan lebih sengit ketika sebuah produk baru diluncurkan. Sama seperti semua orang yang sedang berebut untuk mendapatkan jatah keuntungan. Bonus afiliasi memudahkan Kamu untuk melakukan promosi agar produk agar terhindar dari sengit dan kompetitifnya persaingan pasar terutama bersaing dengan para afiliasi lainnya.

So, Inilah beberapa idenya…

Alih-alih mencoba untuk mempromosikan apa yang orang lain promosikan dengan cara biasa, mengapa Kamu tidak memanfaatkan semua buzz yang terjadi untuk meraup keuntungan Kamu?

Ini yang saya sarankan: ciptakanlah produk yang bisa menyempurnakan launching produk yang akan datang. Jangan bersaing mempromosikan produk yang ada sekarang ini dengan cara biasa karena Kamu akan hilang dalam hiruk pikuk pasar. Sebaliknya, ciptakanlah sesuatu yang dapat meningkatkan penggunaan atau manfaat dari launching produk tersebut, yaitu Kamu membuat produk sendiri yang akan dijadikan sebagai bonus bagi pembeli yang membeli dari link afiliasi Kamu.

Semisal gini, jika biasanya Kamu seorang product creator, membuat produk digital dan menjualnya…sekarang kenapa Kamu tidak terpikirkan sebaliknya? yaitu alih-alih menjual, namun jadikan produk itu sebagai bonus afiliasi. Tentu bonus Kamu akan unik, spesial dan original bukan? Membuat orang bayar untuk satu produk namun dapat dua sekaligus yaitu produk si vendor dan produk si afiliasi. 🙂

Begini contohnya…

Umpamakan Kamu sebagai afiliasi produk tentang “cara penurunan berat badan”. Sebuah launching “Big Product” akan menghadirkan panduan penurunan berat badan yang mencakup tentang rencana diet secara lengkap. Produk ini dibuat dan dirilis oleh markerter terkenal di niche kesehatan, jadi pasti ini akan menjadi launching yang hebat. Katakanlah Kamu sudah menerima free access dan ulasan seputar produk tersebut, sehingga Kamu juga tahu bahwa panduan tersebut sangatlah bagus.

Jadi, yang harus Kamu lakukan adalah membuat sebuah bonus khusus untuk pembelian melalui afiliasi Kamu yang mana produk bonus ini membantu semua orang agar mengikuti panduan rencana nutrisi tersebut. Semisal sebuah aplikasi kalender rencana diet menurunkan berat badan untuk Android dan IOS. Orang yang akan membeli produk tentang rencana penurunan berat badan tentu juga ingin mendapatkan aplikasi yang Kamu buat itu. Selain aplikasi yang Kamu buat memiliki manfaat tersendiri, orang juga akan mendapatkan banyak keuntungan jika mereka membeli produk penurunan berat badan.

Sekarang banyak afiliasi membuat produk seperti ini sebagai cara untuk menambah nilai jual ketika mereka mempromosikan sebuah produk. Dengan kata lain, Kamu dapat menawarkan produk buatan Kamu sendiri sebagai bonus tambahan untuk siapa pun yang membeli melalui link afiliasi Kamu. Ini adalah cara terbaik untuk melepaskan  diri dari ketatnya persaingan dan menghasilkan lebih banyak penjualan daripada afiliasi lain.

Itu merupakan cara pertama, selanjutnya dua cara lain adalah :

  1. Luncurkan produk yang Kamu buat secara terpisah. Kemudian Kamu bisa mendekati semua afiliasi yang menjual produk lain yang masih relevan dan beri tahu mereka bagaimana mereka dapat menghasilkan banyak keuntungan dengan mempromosikan produk Kamu pada waktu yang sama.
  2. Lakukan pendekatan kepada vendor lain secara langsung dengan mengirimkan proposal kerjasama. Kamu buat sebuah kesepakatan di mana vendor memberikan produk Kamu sebagai bonus untuk produk yang dijualnya. Cara lainnya adalah vendor menawarkan produk Kamu sebagai “Upsell”, selain itu, bujuk agar vendor mempromosikan produk Kamu sebagai “backend” ke daftar pelanggannya.

Seperti yang sudah Kamu ketahui, setidaknya ada tiga cara terbaik untuk memperoleh keuntungan besar dengan mempersiapkan bonus afiliasi untuk launching produk yang akan datang.

Bagian terbaik dari strategi ini adalah Kamu benar-benar mendapatkan efek buzz dan promosi yang digencarkan oleh vendor, terutama jika Kamu bekerjasama langsung dengan vendor untuk memberikan produk Kamu ke pelanggan. Jadi sangat penting untuk melihat di sekitar “niche” Kamu untuk mengetahui produk apa yang akan segera launching, dan kemudian mulai pikirkan ide-ide untuk menyusun sebuah kampanye promosi afiliasi yang sukses.

TIPS: Jika Kamu adalah seorang vendor produk digital yang menggunakan jasa para afiliasi untuk membantu promosi produk Kamu, jangan lupa untuk menyarankan para afiliasi Kamu untuk menyediakan bonus afiliasi yang mantap agar penjualan produk Kamu semakin dahsyat!

Ini bukan berarti Kamu sebagai vendor harus menyediakan bonus bikinan Kamu sendiri untuk para afiliasi, karena menurut saya itu akan sia-sia karena bonus tidak unik dan digunakan bersama afiliasi lainnya.

Baiklah, ini 2 contoh peluncuran “Big Product” dimana saya memberikan bonus afiliasi dan berhasil masuk dalam 3 besar dalam kontes afiliasinya. Salah satunya saya dapat juara pertama dengan total komisi afiliasi plus hadiah kontes sebesar 27 Juta Rupiah dari produk Panduan List Building karya Maulana Malik.

Bonus Afiliasinya:

Bonus Afiliasi Olshop Marketing

Hasilnya:

Kontes afiliasi olshop marketing

Bonus Afiliasinya:

Bonus Afiliasi Panduan List Building

Hasilnya:

Kontes Afiliasi Panduan List Building

Psssttt…saya waktu itu promo kedua produk tersebut hanya ke pelanggan email saya serta lewat akun Facebook personal saya, tanpa beli atau pasang iklan sama sekali! 😀

Gimana? Sudah tahu potensi besar dan efek dari bonus afiliasi ini bukan? Kini saatnya kamu mencobanya…

TIDAK ADA KOMENTAR

BALAS KOMENTAR